lndibiz Energi, Ekosistem Solusi Digital Baru Bagi Pelaku UKM Di Sektor Energi

Ilustrasi inovasi Indibiz Energi | Foto: Freepik

Energi terbarukan dan tentang kebutuhan

Belakangan, istilah Energi Baru Terbarukan (EBT) sering sekali terdengar. Istilah ini dikenal juga dengan renewable energy yang mengacu pada sumber daya energi yang dapat diperbaharui secara alami dan tidak akan habis. 

Sifatnya yang dapat diperbaharui secara alami dan tidak akan habis membuat energi ini merupakan opsi yang lebih ramah lingkungan. 

Beberapa contoh EBT adalah energi surya, energi angin, energi biomassa, energi panas bumi dan energi air. 

Tujuannya yang dapat menekan perubahan suhu Bumi memang membuat kelima komoditas ini sangat diperlukan, namun perlu dicatat pula bahwa komoditas ini masih menjadi bagian kebutuhan sehari-hari masyarakat yang tidak bisa dipisahkan sehingga memang akan sangat mudah ditemukan sebagai komoditas perdagangan yang diperjualbelikan. 

PT Tirta Asasta (Perseroda), lonjakan pelanggan yang menggiurkan 

PT Tirta Asasta adalah sebuah perusahaan daerah air minum di Depok yang mengusung visi menjadi perusahaan air minum dengan kinerja terbaik melalui pelayanan prima dan berwawasan lingkungan. 

Dulunya, jumlah pelanggan perusahaan ini hanya 1.000 pelanggan saja di beberapa kecamatan di daerah Depok. 

Sebagai salah satu komoditas yang pasti dibutuhkan oleh semua masyarakat, tentu saja angka ini tergolong kecil. Namun hebatnya, lewat penggunaan sebuah inovasi baru oleh PT Tirta Asasta, angka tersebut berangsur-angsur naik yang tadinya hanya 1.000 kini menjadi 7.000. Sebuah lonjakan pelanggan yang menggiurkan untuk perusahaan yang masih tergolong belia. 

Bukan hanya itu, inovasi baru ini juga rupanya mengantarkan PT Tirta Asasta berhasil meraih penghargaan TOP BUMD Awards 2024 Perumda Air Minum Bintang 5 dan Kategori Khusus TOP BUMD 2024 Bidang Layanan Pelanggan untuk Program Gratis Pasang PDAM. 

Prestasi ini tak luput dari keputusan PT Tirta Asasta untuk memanfaatkan solusi digital SMW dari Indibiz Energi. 

"Awalnya kami hanya piloting 1.000 pelanggan di Depok, kemudian akan bertambah lagi sebanyak 7.000 pelanggan, jadi ada 8.000 titik pelanggan yang akan dikelola oleh kami dengan solusi digital Smart Water dari Indibiz Energi ini." Ucap Sudirman selaku Direktur Operasional PT Tirta Asasta. 

Berkat solusi digital Smart Water Meter dari Indibiz Energi

Solusi digital Smart Water Meter dari Indibiz Energi ini merupakan sebuah layanan yang menggabungkan teknologi Internet of Things (IoT) dan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia yang memungkinkan melakukan pengawasan meter air secara real time dengan nilai akurasi yang lebih tinggi daripada teknologi konvensional. 

Dalam perusahaan yang dipimpinnya, Sudirman mengatakan ada 4K yang menjadi prinsip kerjanya yaitu Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan. Solusi digital SWM dari Indibiz Energi inilah yang kemudian berperan membantu perusahaan untuk mengimplementasikan keempatnya. 

Reni Yustiani selaku OVP Enterprise Regional Management Telkom menyebutkan bahwa kehadiran Indibiz Energi ini semakin memperkuat posisi Indibiz sebagai ekosistem solusi digital di pasar business to business (B2B) Telkom khususnya pelaku UKM di daerah Indonesia. 

"PT Tirta Asasta (Perseroda) menjadi salah satu contoh manfaat solusi digital yang Indibiz Energi hadirkan. Harapan kami, bersama dengan para mitra khususnya para pelaku usaha di daerah untuk memanfaatkan digital yang kami hadirkan untuk efisiensi, efektifitas dan keberlanjutan usaha." Jelas Reni. 

Tentang Indibiz Energi 

Indibiz Energi adalah salah satu ekosistem solusi digital yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia bersama dengan dua lini bisnis lainnya yaitu Indibiz Health dan Indibiz Ekspedisi. Ketiga lini bisnis baru ini melengkapi empat sektor yang telah ada sebelumnya, yaitu Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel dan Indibiz Multifinance.  

Secara khusus, Indibiz Energi dihadirkan sebagai solusi digital yang mendukung produktivitas, nilai jual dan efisiensi bisnis dalam sektor energi. Sehingga bisa dikatakan bahwa bukan hanya di sektor air saja, lini bisnis ini juga dihadirkan untuk mendukung para pelaku usaha yang bergerak dalam sektor energi lainnya seperti surya, angin, panas bumi dan bio energi seperti yang saya sebutkan sebelumnya. 

Dengan infrastruktur yang tersebar ke seluruh negeri dan layanan customer service secara digital, ekosistem solusi digital ini siap membantu bisnis di sektor energi. Penggunaannya yang mudah dapat meningkatkan pengoptimalan penggunaan energi bagi pelanggan. Dengan begitu Indibiz Energi membuka peluang besar bagi para pelaku usaha untuk menambah titik pelanggan persis seperti yang sudah dirasakan PT Tirta Asasta. 

Tentu, catatan yang paling utama adalah, kemitraan yang dilakukan dengan Indibiz Energi membuka potensi yang sangat besar untuk mengembangkan solusi energi sebagai bagian dari strategi energi terbarukan nasional. Kehadiran solusi digital SWM diharapkan bisa menjadi jawaban dan jembatan bagi para pelaku usaha di sektor energi yang ingin meningkatkan performa perusahaan. 

Post a Comment

9 Comments

  1. Sekarang udah hampir semua ;ini bersentuhan dengan dunia digital. Apalagi dunia bisnis kayaknya termasuk yang penting juga bila dikaitkan dengan digital. Sudah dibuktikan oleh PT Tirta Asasta yang menggunakan Indibiz Energi

    ReplyDelete
  2. PT Tirta asasta keren banget ya kak. Yang awalnya hanya 1000 pelanggan jadi 7000 pelanggan itu sungguh tak mudah ya

    ReplyDelete
  3. Bersyukur semakin banyak yang aware sama EBT dan mengupayakan EBT untuk keberlangsungan jangka panjang. Keren banget sih Indibiz Energi, menjadi solusi yang sangat oke.

    Thank you sharing nya kak 🤩

    ReplyDelete
  4. Di masa kini, hampir semua lini memanfaatkan teknologui terkini. Baru nih aku mengenal Indibiz yang rupanya bernaung di bawah Telkom Indonesia. Bukan hanya Indibiz Energi pula, tapi sudah berjalan beberapa lini lainnya.

    ReplyDelete
  5. Pasti Indibiz ini memiliki sustainability yg baik dalam pengembangan bisnisnya. Selalu suka kalau banyak perusahaan yg punya prinsip peduli energi.

    ReplyDelete
  6. selama ini sektir usaha energi rasanya kurang terkespos ya, atau saya yang kurang ngeh. tapi kehadiran Indibiz Energi nampaknya sangat membantu banget usaha energi ya. seperti halnya software untuk sektor usaha lain, Indibiz Energi bisa jadi solusi permaslaahan produksi yang selama ini dialami sektor usaha energi

    ReplyDelete
  7. Semoga kehadirn Indibiz Energi bisa menjadi solusi dan peluang buat pelaku UKM sehingga roda perekonomian masyarakat terus berputar

    ReplyDelete
  8. Ow aku pernah baca Indibiz ini ada yang ekspedisi. Kalau yang ini di bidang energi ya, wah ternyata banyak produknya. Menggabungkan iot dengan kebutuhan di dunia bisnis berbagai sektor. Keren!

    ReplyDelete
  9. Indibiz membuka peluang usaha bagi masyarakat di Indonesia,sebuah gebrakan inovatif menurut saya. Terlebih di sekor energi mungkin belum banyak pelaku usaha yang melirik bidang ini

    ReplyDelete