Seperti Anak Panah, Tarik Mundur untuk Melesat, Di Cibinong City Mall Agar Lebih Cepat

 

CCM siang dan Malam Hari | Foto: Efa Butar butar 

An arrow can only be shot by pulling it backwards. So when life is dragging you back with difficulties, it means that its doing to launch you into somenthing great. So just focus, and keep aiming.

Jakarta masuk dalam 10 besar kota tingkat stress tertinggi

Ilustrasi Jakarta dan Polusi | Foto: Rawpixel.com via Freepik

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, ada setidaknya 10 kota dengan tingkat stress tertinggi di dunia dengan urutan peringkat dari yang tertinggi seperti di bawah ini:M

  1. umbai (India)
  2. Lagos (Nigeria)
  3. Manila (Filipina)
  4. New Delhi (India)
  5. Baghdad (Irak)
  6. Kabul (Afghanistan)
  7. Moskow (Rusia)
  8. Karachi (Pakistan)
  9. Jakarta (Indonesia)
  10. Kiev (Ukraina)

Tentang stress dan dampak buruknya

Menurut Halodoc.com, stress adalah suatu bentuk tekanan fisik dan psikologis yang muncul saat menghadapi kondisi yang terasa berbahaya. Mudahnya, stress adalah cara tubuh memberikan tanggapan atas ancaman, tekanan dan tuntutan yang muncul. Ada dua jenis stress, yakni stress akut dan stress kronis. 

CNN melalu portalnya cnnindonesia.com menyebutkan stress bisa datang dari faktor internal dan eksternal yang juga muncul dari kehidupan sehari-hari seperti pekerjaan, perkuliahan, hubungan personal dengan keluarga atau pertemanan, masalah keuangan hingga masalah kesehatan. 

IPSOS, sebuah perusahaan riset pasar dan konsultasi multinasional menyebutkan bahwa siapa saja bisa terkena stress, mulai dari anak-anak muda seperti Generasi Z, Generasi X, Generasi Milenial dan orang tua yang masuk dalam kategori Generasi Baby Boomer. 

Sementara dampak stress ini sangat beragam, mulai dari mengurangi produktivitas dalam bekerja, kurangnya kepekaan dalam bersosialisasi, salah paham dalam komunikasi, insomnia, sakit kepala, gangguan kepribadian, gangguan kecemasan, depresi, gangguan irama jantung, diare, tukak lambung dan masih banyak dampak buruk lainnya.

Selain itu, bagi Generasi Millenial yang sudah memiliki anak, kondisi stress yang dialami berpotensi menular dan berdampak pada sang buah hati. 

Menurut Halodoc, orangtua dengan suasana hati negatif lebih cenderung fokus pada perilaku negatif anaknya sehingga membuatnya kurang sabar dalam meladeni anak. 

Belum lagi, ScienceDirect menyebutkan bahwa stress pada orangtua dapat mengurangi partisipasi, perhatian, kesabaran dan toleransi orangtua terhadap anak sehingga meningkatkan kekerasan kepada anak yang dilakukan oleh orangtuanya sendiri. 

Sayangnya, seseorang ngga melulu sadar bahwa mereka mengalami stress, atau kadang sudah menyadari, namun mencoba denial dengan kondisi tersebut dan membiarkannya terpendam sampai suatu saat meledak dengan tingkat keparahan yang sudah sulit untuk diselamatkan. Yang pada akhirnya merugikan diri sendiri dan banyak orang di sekelilingnya. 

Sebelum berada di puncak kondisi stress, sebaiknya ketahui General Adaptation Syndrome atau disingkat dengan istilah GAS (Rice, 2011). Menurut GAS, ada tiga tahapan stress respon yaitu:

  1. Alarm (Tanda bahaya)
  2. Resistance (Perlawanan) dan
  3. Exhaustion (Kelelahan)

Dalam portal p2ptm.kemkes.go.id disebutkan, ada berbagai macam gejala stress:

  • Gelisah, muka pucat, jantung berdebar-debar
  • Sulit tidur atau tidur tidak nyenyak
  • Nafsu makan berkurang atau makan berlebih 
  • Mudah tersinggung atau marah
  • Sulit konsentrasi
  • Ada keluhan seperti sakit kepala, sakit perut, maag kambuh dan keringat berlebih.

Kondisi inilah yang harus kita kenali dan sadari apakah ada dalam diri sendiri atau orang terdekat kita. Untuk itu, memang dibutuhkan keberanian berkata jujur agar bisa segera mendapatkan pertolongan. 

Ngga apa-apa kok lelah, ngga apa-apa juga stress, semua kita juga akan tiba di titik paling cape di fase tertentu dalam kehidupan kita. 

Kadang, di fase ini, kita cuma butuh jujur pada diri sendiri kalau kita lagi capek, jujur pada diri sendiri bahwa kita perlu istirahat. 

Seperti busur panah, perlu mundur dulu sedikit biar bisa melesat. Saat kamu tiba di puncak lelah, mungkin kamu selangkah lagi menuju targetmu. Tapi menuju ke sana, istirahat sebentar ngga apa-apa kok, kalau udah lega melesatnya pasti lebih cepat. 

Nah kabar baiknya, dengan berani jujur pada diri sendiri dan orang terdekat, potensi stress segera hilang sangat bisa dilakukan. 

Upaya pencegahan stress

Orang bijak bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Nah, bagi kamu yang rasanya sudah mulai kewalahan dengan tanggungjawab dan sadar penuh dengan kondisi diri yang mulai memasuki fase tidak baik-baik saja, masih oleh Halodoc, ada sejumlah upaya pencegahan stress yang bisa kamu lakukan:

  • Istirahat yang cukup setiap hari
  • Meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang kamu sukai, seperti membaca buku, mendengarkan musik, menonton, pergi berbelanja, bermain ke wahana permainan atau mungkin mendapatkan treatment di salon
  • Pastikan juga kamu mendapatkan asupan gizi yang seimbang setiap hari
  • Habiskan waktu dengan orang terkasih
  • Olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari
  • Melakukan sosialisasi yang bisa memberikan efek positif bagi diri
  • Menerapkan teknik relaksasi atau meditasi

Sebetulnya kamu bisa mencoba 1 dari ketujuh pilihan tersebut. Tergantung yang kamu suka saj. Tapi kalau ternyata kamu butuh semuanya untuk seluruh anggota keluarga, repot juga ya kalau harus cari tempat-tempat berbeda untuk menuntaskan semua kebutuhan tersebut.

Belum lagi kalau ternyata anak minta diajak main biar siap kembali ke sekolah. Wah, makin nambah lagi destinasinya. 

Tapiii, gimana kalau ternyata semua kebutuhan upaya pencegahan stress tersebut, ada di satu tempat? Rasanya akan sangat membantu bukan? 

Jiwa kembali hangat, tubuh kembali segar, keluarga kembali rukun, destinasinya hanya satu dan tentu, kantong ngga bocor-bocor banget di biaya transportasi. 

Kabar baiknya, Cibinong City Mall menjawab semua kebutuhan pencegah stress bagi seluruh penghuni Jabodetabek lewat bangunan, program dan tenant-tenantnya yang beragam. 

Cibinong City Mall, tempatnya cegah stress agar hati lebih luwes

Mewah dan megah nya salah satu sudut bangunan CCM | Foto: Efa Butar butar

Menjawab kebutuhan akan pentingnya hiburan di tengah tekanan hidup yang tak ada habisnya, PT Puri Wahid Pratama kemudian menghadirkan pusat perbelanjaan terbesar dan dan terlengkap di Kabupaten Bogor, yaitu Cibinong City Mall (CCM). 

Berlokasi di Jl. Tegar Beriman No 1, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16915, pusat perbelanjaan ini dibangun di atas tanah seluas 2,7 Ha dengan luas bangunan 90.000 meter persegi. 

Dengan luas ini, CCM, baik CCM 1 dan CCM 2 yang diresmikan tahun lalu, bisa menampung 200 tenant lebih, dari berbagai kebutuhan. 

Banyaknya pilihan tenant yang tersedia membuat kamu lebih mudah menyesuaikan diri akan kebutuhan.

Apakah cukup jalan-jalan cuci mata sampai kaki lelah? Menonton puluhan film baru yang siap kamu nikmati di bioskop? Menikmati lembaran-lembaran buku yang wanginya bikin candu? Mau kulineran dari yang enak sampai enak banget? Nikmatin menicure, pedicure atau creambath? Ngajak anak main di wahana permainan? Atau mau hedon belanja outfit terbaru, beli mobil atau sekedar dengerin musik juga bisa di sini! 

Bisa dibilang, Cibinong City Mall adalah jawaban cegah stress agar hati lebih luwes. 

Tentu saja ini tidak dikhususkan hanya untuk warga Jabodetabek saja ya, di luar Jabodetabek yang kebetulan lagi berkunjung ke kota ini juga bisa main dan menghabiskan banyak waktu di sini. 

Warga Jadetabek kebetulan saja beruntung tinggal bertetangga dengan Bogor yang membuat kita lebih mudah mencari hiburan di mall ini. 

Semua ada di Cibinong City Mall

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa mall ini jadi salah satu rekomendasi dariku untuk melepas stress sebelum benar-benar mengurat. 

Izinkan aku kerucutkan satu per satu, ya.

Momentum berbicara dari hati ke hati

Perjalanan ke mall ini terbilang cukup mudah dan banyak aksesnya. 

Mau naik transportasi umum? Bisa!

Kamu bisa naik Metromini atau angkot 41 misalnya dari Terminal Kampung Rambutan dan berhenti di depan mall. Kamu juga bisa ke mall ini dengan menaiki KRL lalu turun di Stasiun Cibinong kemudian naik kendaraan online dengan jarak hanya 4 Km. 

Naik kendaraan pribadi bisa juga dengan melewati Jalan Raya Bogor atau lewat tol denagn keluar di Pintu Tol Citeureup 1 yang berjarak sekitar 7 Km. 

Entah kamu naik transportasi umum atau kendaraan pribadi, perjalanan menuju ke Cibinong City Mall bisa jadi salah satu momentum yang tepat bagi kamu untuk berbicara dari hati ke hati dengan orang terdekat. 

Biasanya suasana hati menuju tujuan wisata akan lebih baik. Momen ini sangat tepat digunakan untuk membicarakan berbagai hal yang selama ini mungkin terpendam dengan kepala dingin. 

Kamu mungkin akan sedikit berdebat, wanitamu mungkin akan sedikit ngambek, laki-lakimu mungkin akan sedikit bete, tapi ngga apa-apa, CCM siap menyambut seluruh suasana hati itu dan mengubahnya menjadi keceriaan yang bisa berlangsung seharian dan hari-hari berikutnya. 

Eksekusi hobi

Self reward boleh sesekali | Foto: Efa Butar butar

Kamu sukanya apa? Baca buku? Dengerin musik? Belanja? Treatment di salon?

Di CCM, ada semuanya. 

Kamu bisa memilih novel kesayanganmu di Gramedia, berbelanja aksesoris dan kebutuhan outfit di berbagai tenant fashion seperti Giordano, Alexis, Colorbox, Converse, Manzone, Matahari, MOC, Uniqlo, The Executive hingga Everbest juga ada. 

Tenant health dan beauty juga jadi salah satu tenant wajib dikunjungi. ZAP ada, Johnny Andrean ada, Century, Guardian hingga klinik gigi pun bisa kamu temukan di mall ini. Cewe cowo bisa. Tua muda apalagi. 

Kuliner? Jangan ditanya, bisa dibilang, CCM jadi salah satu mall surganya kuliner. Bayangkan saja, untuk kuliner sendiri, CCM menyediakan 91 tenant. Dari kuliner nusantara hingga makanan dari negara berbeda bisa kamu coba. 

Deretan tenant kuliner CCM tampak malam hari | Foto: Efa Butar butar

Mulai dari rasa yang cocok di lidah hingga beradaptasi dengan rasa baru pun ada. Tinggal sesuaikan dengan selera saja. 

Konon, makanan yang enak akan menghibur perut dan menenangkan otak yang panas. Heheh. 

Buat yang hobby travelling tenang aja, kamu juga akan sangat terbantu dengan hadirnya Money Changer dan kebutuhan travelling lainnya di dalam mall ini. 

Ceria bersama keluarga 

Area game untuk anak dan bowling untuk remaja serta dewasa | Foto: Efa Butar butar

CCM juga menyediakan arena rekreasi keluarga berupa Funworld, ada pula KiddyCuts, Kidz Station hingga Kidzlandia yang memberikan peluang bagi si kecil untuk bergembira 

Ruang tunggu dan rak sepatu mushola | Foto: Efa butar butar


Bagi kamu yang beragama Muslim, aku suka bagian bahwa CCM menyediakan Mushola lengkap dengan ruang tunggu, loker dan rak sepatu di beberapa titik sehingga memudahkan kamu dan anggota keluarga sholat di Mushola terdekat. 

Nursery Room di CCM | Foto: Efa Butar butar

Aku juga sangat mengapresiasi bagaimana CCM juga menyediakan Nursery Room untuk ibu dengan bayi untuk mengurus sang buah hati. 

Olahraga juga bisa

Program Pound Fit di sore hari persis di tengah Mall diikuti oleh ratusan orang | Foto: Efa Butar butar

Mall ini bukan hanya menyediakan gym bagi para penyukanya, di hari-hari tertentu, CCM juga menghadirkan program Pound Fitness persis di tengah-tengah mall.

Malu dong di tengah-tengah mall?!

Ih, kata siapa?

Justeru program olahraga Pound Fit yang digelar secara terbuka di tengah-tengah mall ini menurutku justeru memberikan edukasi bagi para pengunjung untuk tetap menjaga kesehatan di tengah-tengah banyaknya kegiatan. 

Dengan digelar secara terbuka seperti di atas dan diikuti ratusan peserta, pengunjung lain yang tertarikpun tak lagi perlu bingung atau malu-malu jika ingin bergabung di komunitas serupa untuk merasakan vibes olahraga yang sama.

Menarik kan?

Melamar kekasih hingga memberi hadiah pada yang terkasih

Deretan tenant gold & jewelry untuk melamar sang kekasih hati | Foto: Efa Butar butar

Melamar kekasih biasanya jadi satu momok menegangkan dalam fase kehidupan seseorang. CCM dengan sejumlah toko Gold and Diamond Jewelrynya pun siap memberikan dukungan penuh pada setiap laki-laki yang ingin membuat janji dengan perhiasan terbaik pada sang pujaan hati. 

Atau ingin memberikan hadiah pada orangtua berupa emas atau berlian? Kamu punya banyak pilihan. 

Rasanya kalau harus dilist satu per satu, bicara soal tenant yang ruame poll, program yang menarik dan betapa asiknya usir stress di Cibinong City Mall ini, ngga ada habisnya.  

Jika ingin benar-benar healing di Cibinong City Mall dan orang-orang ramai berpendapat ngga cukup satu hari, aku akan jadi orang pertama yang sepakat dengan itu. 

Bahkan pemikiran kita ini pun ditangkap baik oleh tim manajement CCM dengan menghadirkan Harris Hotel & Convention Cibinong City Mall berdampingan persis dengan Cibinong City Mall. 

Dengan begitu, kamu yang kelelahan menjelajah CCM 1 dan CCM 2, bisa serta merta istirahat di hotel tersebut dan lanjut berkelana kembali keesokan harinya. 

Pemikiran yang jitu memberikan hiburan secara maksimal di tengah-tengah banyaknya tekanan hidup yang membuat masyarakat berhadapan dengan stress. 

Lewat perjalanan sehari di Cibinong City Mall ini dan kebutuhan kita yang terpenuhi lintas usia dan lintas golongan, kita berharap penuh, setiap pundak yang berat dan pikiran yang penat bisa luluh di waktu yang sama. 

Aku ingin menggarisbawahi kalimat ini kembali, bahwa tidak masalah lelah. Tidak masalah bila hidup terasa berat. Kita hanya perlu jujur pada diri sendiri dan mengambil waktu istirahat. 

Seperti anak panah, ia juga perlu tarik mundur untuk kembali melesat cepat. Jika anak panah itu termasuk kamu, cobalah healing sehari ke Cibinong City Mall. Funnya dapat, stress mereda lebih cepat. 

Konsultasi dengan profesional bila stress masih terus mengganggu

Namun penting untuk diketahui pula, catatan panjang di atas hanya bagi mereka yang langsung sadar secara penuh dan utuh serta mau mengakui kondisi dirinya yang butuh istirahat. 

Jika kondisi stressmu ternyata sudah cukup berat, sebaiknya temui profesional terlebih dahulu agar bahagiamu hadir lagi baru kemudian bisa lebih tenang, nyaman dan leluasa menghabiskan waktu dengan bahagia di Cibinong City Mall

Post a Comment

0 Comments