Skip to main content

Featured

IMPLORA Cleansing Face & Body Bar, Jagonya Melembapkan Kulit Keringmu

Implora Cleansing Face and Body Bar Sea Butter | Foto: Efa Butar butar Mengenal kulit kering dan dampaknya Kulit kering merupakan kondisi yang ditandai oleh sensasi kulit tertarik di seluruh wajah dan badan akibat kurang terbentuknya pelindung alami kulit. Bila diperhatikan secara detail, kulit kering menunjukkan ciri tampak kusam, bertekstur kasar, bersisik, memberikan kesan tua, kurang lembap dan berminyak. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, bisa karena udara yang terlampau dingin sehingga mengurangi kelembapan kulit atau karena gaya hidup yang tidak memperhatikan kelembapan kulit, bisa juga terjadi saat seseorang mengalami dehidrasi.   Baca juga:  CEK KESEHATAN DENGAN KONSEP HOSPITALITY TERBAIK ALA ZAP HEALTH Sebetulnya, kondisi ini bukanlah sebuah kondisi kesehatan yang berbahaya, namun bila tak segera ditangani, kulit yang kering berpotensi menjadi eksim sampai mudah terinfeksi (Sumber: Halodoc) Dampak lainnya adalah kurangnya rasa percaya diri terutama bila kulit kering

Pentingnya Rutin Scalling untuk Estetika Hingga Kesehatan Gigi

 

Nyaman nya ruang tunggu Klinik The Smile | Foto: Dokpri

Rawat gigi jangan tunggu sakit dulu

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa orang takut ke dokter gigi, diantaranya takut dengan sakit yang akan dirasa selama proses perawatan, tidak nyaman saat mendengar suara alat-alat medis yang digunakan, hingga biaya perawatan yang tergolong mahal.

Padahal, kalau saja gigi dirawat dengan rutin, rasa sakit dan biaya yang mahal itu, sangat bisa ditekan. Bisa dibilang, biaya perawatan masalah gigi yang mahal dan sakit yang diderita, sebetulnya karena ulah manusia itu sendiri, kok.

Sebisa mungkin, cek kondisi kesehatan gigi secara rutin dan jangan tunggu sakit dulu, ya! 

Ada banyak masalah gigi dan mulut yang perlu diperhatikan, dilansir dari Halodoc, setidaknya ada 5 masalah utama yang paling kerap muncul, yaitu gigi berlubang, periodontitis atau penyakit gusi, gingivitis atau radang gusi, erosi gigi serta plak gigi. 

Berhubung beberapa waktu lalu aku baru saja melaksanakan scaling, dalam artikel ini, secara khusus aku akan membahas seputar scaling yang erat kaitannya dengan plak gigi. 

Mengenal plak gigi dan dampaknya pada estetika dan kesehatan

Plak gigi adalah kondisi yang terjadi saat bakteri atau kotoran sisa makanan menempel dan hidup di rongga mulut. 

Mulanya, plak pada gigi akan berwarna kuning. Lama kelamaan, plak akan mulai mengeras dan berubah jadi hitam dengan tampilan seperti batu karang yang menempel pada gigi. Kadang, ada pula yang berwarna hijau mirip lumut. Hiii, gelinyaa!

Kondisi ini terjadi akibat jarang menyikat gigi, sering mengonsumsi makanan manis, jarang makan buah dan sayur serta malas melakukan pemeriksaan gigi secara rutin. 

Jika dibiarkan terus menerus, karang gigi akan semakin banyak dan melebar menutupi area gusi bahkan muncul di area gigi. 

Dari sisi estetika, kondisi gigi yang dipenuhi plak akan membuat bau nafas jadi tidak sedap dan tentu akan mengurangi rasa percaya diri kamu saat berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi kalau plaknya sampai dilihat lawan bicara? Aduh, malunya!

Sedangkan dari sisi kesehatan, plak gigi akan menyebabkan terjadinya gingivitis atau radang gusi. Jangka panjangnya, kehadiran plak gigi akan membuat gigi menjadi rapuh dan mudah rusak bahkan membuat gigi mudah tanggal atau mengalami penipisan tulang dimana gigi tertanam. 

Dampak buruk lain dari tidak memberikan perawatan optimal pada gigi adalah timbulnya abses gigi yang muncul saat bakteri memasuki lubang pada gigi atau gusi, lalu memicu munculnya benjolan dengan nanah pada bagian akar gigi. 

Kalau tak segera ditangani, bukan tidak mungkin infeksi akan sangat mudah menyebar ke jaringan lunak pada wajah, leher dan area lainnya. Bahkan untuk kondisi yang lebih parah, infeksi bsia menyerang bagian selaput otak dan mengakibatkan peradangan. 

Lalu, apa yang harus dilakukan? 

Tips merawat gigi

Mulut dan gigi merupakan "pintu masuk" makanan yang akan menjadi cikal bakal nutrisi bagi tubuh manusia. Sudah sewajarnya jika bagian ini harus diberi perhatian optimal. 

Berdasarkan pemaparan Drg. Destri Shofura, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk merawat gigi, diantaranya:

  • Sikat gigi minimal 2 kali sehari
  • Gunakan floss setelah sikat gigi agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di celah-celah gigi
  • Sikat gigi tidak perlu terlalu kencang atau tidak terlalu kuat
  • Mengganti sikat gigi minimal sekali tiga bulan atau jika kondisi sikat sudah "mekar"
  • Konsumsi buah dan sayur 
  • Rutin melakukan scaling gigi 2 kali dalam setahun. 

Mengenal scaling dan biaya yang diperlukan

Scaling gigi adalah prosedur yang dilakukan untuk membersihkan gigi dari karang atau tartar dengan menggunakan alat yang disebut scaler. 

Biaya scaling gigi cukup bervariasi tergantung kondisi karang gigi dan tempat dilakukannya scaling entah itu puskesmas, klinik, dokter gigi atau rumah sakit. 

Seturut pengalamanku yang rutin scaling di beberapa klinik gigi berbeda, harga scaling gigi dimulai dari Rp 400.000 an. Bisa lebih mahal kalau kondisi karang gigi sudah cukup parah. Kalau mau lebih murah, mungkin bisa ke puskesmas dengan tarif berkisar Rp 80.000 - 100.000 an.

Untuk itu, aku mau ingetin sekali lagi, semakin rutin melakukan perawatan gigi semakin terjangkau pula biaya yang akan dikeluarkan. Sebaliknya, semakin gigi jarang dirawat dan ngga pernah dicek, ya, semakin sakit dan semakin banyak pula biaya yang diperlukan. 

Rekomendasi klinik gigi BSD untuk scaling dan perawatan gigi lainnya

Penanganan oleh dokter yang bertugas dan tim | Foto: Dokpri

Untuk teman-teman yang berada di seputar BSD, sekarang ada klinik gigi BSD baru untuk membantu kamu menangani segala permasalahan kesehatan gigi, lho! Namanya The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD. 

Klinik yang biasa dikenal dengan nama "The Smile BSD" ini, berfokus pada bidang ortodontik dan estetik. Selain memperhatikan kesehatan pada fungsi gigi dan mulut, The Smile BSD juga memperhatikan estetika senyum dan wajahmu sehingga kepercayaan diri bisa lebih meningkat. 

Kenapa harus di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD?

Pasien wajib menggunakan APD sebelum memasuki ruang perawatan | Foto: Dokpri 

Belakangan, klinik gigi memang kian menjamur. Untuk itu, perlu selektif juga saat memilih tempat perawatan gigi. Jangan sampai keinginanmu untuk memberikan perawatan terbaik untuk gigi malah berujung trauma karena hal-hal yang kurang menyenangkan saat perawatan berjalan. 

Banyak faktor yang perlu diperhatikan, seperti keramahtamahan seluruh staff dan dokter gigi yang terlibat dalam perawatan pasien, jangkauan lokasi klinik gigi, peralatan yang digunakan, konsistensi harga yang ditawarkan di website atau sosial media dengan invoice yang diterima pasien, hingga kenyamanan saat perawatan berlangsung. 

Beruntungnya, di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD, semua aspek di atas jadi prioritas. Kita bahas satu per satu, yuk:

Lokasi strategis

Bertempat di Ruko Golden Madrid 2 tepatnya di Jl. Letnan Sutopo Rw. Mekar Jaya, Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan, Banten, klinik ini mudah sekali ditemukan. Persis di pinggir jalan besar dengan nama yang mentereng membantu pasien lebih jeli saat mencari.

Klinik yang nyaman

Setibanya di klinik, suasana nyaman menyambut kami. Belum lagi musik tenang sengaja diputar mengalun dengan lembut tanpa suara yang berlebihan. 

Aku suka bagian ini karena disadari atau tidak, musik yang diputar nyatanya membantu pasien lebih relaks dan mengalihkan rasa takut pasien dari sakitnya perawatan gigi. 

Dokter ahli terspesialisasi dan berpengalaman 

Kesehatan gigi pasien adalah prioritas. The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD menghadirkan dokter gigi umum dan spesialis yang berpengalaman dan profesional. Kamu juga akan ditangani langsung oleh dokter ortodenti BSD. 

Yang kusuka, Dokter gigi yang bertugas saat itu, yakni Drg Destri, dengan lugas memberikan edukasi sebelum dan sesudah perawatan. Tak lupa pula, dokter Destri mengingatkan untuk melakukan kiat-kiat yang sudah disebutkan di awal sebagai upaya untuk menjaga kesehatan gigi. 

Kekhawatiran akan rasa sakit saat perawatan nyatanya bisa diminimalisir, terganti dengan luwesnya dokter yang bertugas mengalihkan rasa takut itu dengan komunikasi-komunikasi kecil yang ringan.

Peralatan yang canggih dan berstandard nasional

Klinik gigi The Smile juga terus memperbaharui pengetahuan dan teknologi untuk mengikuti kedokteran gigi modern. 

Di sini, pasien akan ditangani tak hanya oleh dokter gigi umum dan spesialis yang berpengalaman, namun dibantu pula dengan peralatan canggih yang berstandard nasional. 

Layanan customer service yang ramah dan cepat tanggap

Ini juga salah satu bagian favoriteku. Staff yang bertugas cekatan membantu begitu kami tiba. 

Mengarahkan untuk mengganti sepatu dengan sendal yang sudah disediakan klinik, membantu penggunaan APD sebelum memasuki ruang perawatan, turut pula memberikan edukasi seputar treatment gigi yang dipesan sampai mengingatkan agar tidak ada barang yang tertinggal saat kami akan meninggalkan klinik. 

Sambutan dengan suara bersahabat dan ramah tanpa dibuat-buat jadi salah satu poin menyenangkan menjalani scaling di klinik ini. 

Bekerja sama dengan berbagai asuransi

Urusan perawatan gigi memang erat kaitannya dengan biaya yang tinggi. Kabar baiknya, The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD bekerja sama dengan sejumlah asuransi yang bisa kamu manfaatkan, seperti Owlexa Healthcare, BNI Life Insurance, Medika Plaza, Halodoc, Admedika, serta Fullerton

Booking sebelum treatment

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, ngga heran kalau The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD jadi langganan banyak orang. Untuk itu, buat kamu yang berencana datang dan melakukan perawatan di klinik ini, pastikan booking terlebih dahulu ya. 

Kamu bisa DM langsung ke Instagram mereka di thesmile.dental atau hubungi langsung ke 0877-1200-0300


Referensi tulisan:

https://www.halodoc.com/artikel/jarang-melakukan-perawatan-gigi-ini-bahaya-yang-bisa-terjadi

Comments