Mengejar Peluang Cuan Bagi Blogger Lewat Penguasaan Bahasa Inggris Bersama TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata

BloggerHangout ke-81 | Foto: Ire Rosana 

Menjadi seorang Blogger dan kreator konten, sepintas terlihat sangat menyenangkan. Tugas-tugas bisa dikerjakan kapan saja dan darimana saja selama terhubung dengan jaringan internet. Belum lagi, jika brandingnya sudah kuat, biasanya bayaran per ulasannya cukup tinggi. 

Keseruan inilah yang kemudian membuat pilihan menjadi seorang Blogger dan kreator konten semakin digandrungi khususnya oleh para anak muda. 

Sayangnya, untuk terlihat mudah, banyak lika liku yang lebih dahulu dilewati sampai akhirnya pecah telur dan berhasil bekerjasama dengan salah satu brand yang relevan dengan konten yang selama ini disuarakan. 

Itupun masih akan tetap goyang bila konsistensi ngonten tidak dijaga, yang akhirnya membuat client pelan-pelan menghilang atau membuat calon client berpikir ulang bila ingin memulai kerjasama. 

Baca juga: TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata, Sediakan Berbagai Program dengan Metode Ajar yang Menyenangkan

Ya, selain kreativitas, dibutuhkan pula konsistensi agar platform terus dilirik oleh brand. 

Peluang banyak, saingan membludak, saatnya jemputnya bola

Optinmoster.com menyebutkan ada sekitar 600jt blog di dunia pada tahun 2023. Maka sebanyak itu pula peluang dan saingan untuk mendapatkan project tulisan dari sebuah brand. 

Kita harus mengakui jumlah ini sebagai bukti bahwa dunia masih membutuhkan blogger. 

Data ini juga diperkuat dengan fakta yang juga dikeluarkan oleh sumber yang sama, bahwa bisnis yang memiliki blog mengalami lalu lintas email dua kali lebih banyak dibandingkan bisnis yang tidak memiliki blog. 

Namun blogger harus legowo pula untuk menerima bahwa angka ini juga berarti jumlah persaingan yang harus dihadapi agar bisa mendapatkan sebuah projek.

Fenomena tingginya jumlah blogger harus membuat seorang pekerja digital ini putar otak agar tak melulu berakhir dengan penolakan atau seleksi dari pihak client. 

Salah satunya adalah dengan menjemput bola.

Alih-alih mendaftarkan diri sebagai calon KOL atau Blogger, akan lebih baik bila Blogger tersebut menawarkan diri untuk membantu branding sebuah brand, tentu dengan kemampuan content writing, copywriting, editing disertai dengan ide-ide yang segar. 

Cara yang dilakukan untuk bisa bekerjasama dengan sebuah brand cukup banyak, namun apapun pendekatan yang diambil, umumnya akan dimulai dengan mengirimkan pengenalan diri, atau proposal penawaran kerjasama melalui email.

Penawaran kerjasama bahasa Inggris, buka peluang lebih 

Mengirimkan proposal penawaran memang menyenangkan. Terutama bila poin yang dijual begitu kuat dan menawarkan ide ide yang bisa mengangkat awarness brand dan membuka potensi penjualan yang lebih tinggi.

Namun peluang ini tentu akan lebih luas lagi ketika seorang Blogger memiliki kemampuan bahasa di luar bahasa ibu yang dimiliki. Salah satunya adalah bahasa Inggris. 

Membaca kebutuhan ini, Bloggercrony bekerjasama dengan TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata memberikan fasilitas pada sejumlah blogger lewat program BloggerHangout ke 81 yang mengangkat tema "Blogger Pitching Letter Writing Class". 

Melalui kelas singkat ini, diharapkan para Blogger memiliki pemahaman bagaimana kiat jitu dalam menuliskan proposal penawaran kerjasama yang menarik dalam Bahasa Inggris sehingga membuka peluang lebih luas dengan brand baik dalam maupun luar negeri. 

Dua sisi benefit kolaborasi

Sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa menawarkan kerjasama hanya untung di satu pihak saja, padahal tidak demikian, sebab lewat kerjasama ini, kita bisa menemukan dua sisi benefit kolaborasi:

Untuk Blogger misalnya, kolaborasi dengan sebuah brand terkenal pada akhirnya dapat menarik audiens yang lebih besar ke konten blogger, meningkatkan kualitas dan kredibilitas blogger di nichenya, meningkatkan potensi peluang berbayar seperti sponsorship,  kemitraan afiliasi hingga dapat memperkenalkan ide konten baru dan mendiversifikasikan penawaran blogger. 

Sedangkan untuk brand, bekerjasama dengan blogger yang memiliki fokus niche tertentu akan memiliki target pembaca sesuai pasarnya, selain itu konten yang diproduksi secara autentik dan relevan pada target pembaca akan meningkatkan kepercayaan pasar terhadap brand. Belum lagi massa yang dimiliki oleh Blogger memiliki potensi untuk menaikkan interaksi dengan calon pembeli yang tujuan akhirnya diharapkan dapat ditutup dengan pembelian. 

Catatan catatan penulisan proposal kerjasama

Mas Sugeng, sebagai pengajar dari TBI Depok dalam kelas singkat ini menyebutkan ada setidaknya 5 elemen penting yang harus diperhatikan dalam penulisan proposal penawaran kerjasama yaitu pengenalan, intisari blog, ide kolaborasi, keuntungan yang ditawarkan untuk brand hingga call to action yang ditawarkan. 

Untuk mendapatkan atensi dari brand, sebaiknya Blogger juga memiliki opini kuat sebagai alasan mengapa tertarik untuk bekerjasama.

Sebagai seorang Blogger, dalam penulisan proposal ini, penting juga untuk menuliskan penawaran sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Mulai dari meminimalisir typo, penggunaan italic dalam kalimat, penggunaan bold hingga penggunaan tanda baca. 

Sepintas tentang TBI 

TBI (The British Institute) merupakan lembaga Bahasa Inggris yang sudah 4 dekade berdiri sejak 1984 di Indonesia, menyediakan berbagai program Bahasa Inggris yang dapat merangkul berbagai kelompok usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Selain di pusat kota Jakarta, TBI juga hadir di Kota Depok, Cibubur dan Kota Wisata yang lokasinya mudah dijangkau dan berada di pusat kota. Keberadaan TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata ini dihadirkan untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. 

Lokasi persisnya bisa kamu cek di alamat di bawah ini:

TBI Depok: Jl. Raya Margonda No.56 Ruko ITC Depok No.7-8, Pancoran Mas Depok 16431. Ph: 021 77211000, 0857 1573 3386

TBI Cibubur: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.1 No. 9 B-C. Cimanggis, Kota Depok 16454. Ph: 021 84309595, 0813 8330 7474

TBI Kota Wisata: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.6 Ruko Boston Square Rk.1 No.7-9, Kota Wisata Cibubur, Kota Bogor 16968. Ph: 021 22962690, 0857 7213 8651

TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata memiliki berbagai program Bahasa Inggris di segala usia, yaitu:

  1. Very Young Learner (children age 4-6)
  2. Children Class (Primary school students Grade 1-4)
  3. Pre-Teenager Class (Primary school students Grade 5-6)
  4. Teenager Class (Junior High School students)
  5. Global English (High school students & adults)

Selain itu, ada pula program khusus seperti:

  1. Exam Preparation Class (TOEFL ITP, TOEFL iBT, dan IELTS) bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan untuk beasiswa. 
  2. Business Communication, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks bisnis.
  3. Conversation Class, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris khususnya speaking skills.

Ada pula program rutin setiap tahunnya seperti Holiday English Programme, English Competition, dan Halloween.

Perlu diketahui juga bahwa pembelajaran di TBI Depok kursus bahasa Inggris terbaik ini merujuk pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) yaitu standar internasional untuk menggambarkan kemampuan bahasa dalam membaca, menulis, menyimak dan berbicara. 

Jadi bagi kamu yang ingin meningkatkan skill Bahasa Inggris, boleh banget cobain belajar di tempat les bahasa Inggris di CIbubur dan Kota Wisata ini. 

BloggerHangout diselenggarakan secara hybrid

BloggerHangout adalah ajang temu atau kopdar santai berbobot ala Bloggercrony. BloggerHangout kali ini adalah BloggerHangout ke 81 yang diselenggarakan oleh komunitas Bloggercrony ini. 

Bertempat di Carro Square, Pondok Indah, Jakarta Selatan, BloggerHangout dilakukan secara hybrid. Pelaksanaan ini dilakukan untuk memberikan peluang yang sama bagi Blogger di berbagai wilayah Indonesia. Terbukti, pelaksanaannya sendiri diikuti Blogger dari berbagai daerah seperti Medan, Surabaya hingga Kalimantan. 

Post a Comment

0 Comments