Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2021

Hari Prematuritas Sedunia, Ketahui Faktor Risiko dan Intervensi yang Tepat Anak Kelahiran Prematur

(Ki-tgh-ka) Dr. dr. Rima, Mba Puri, Dr. dr Putri dalam webinar World Prematurity day   Setidaknya ada 4 jenis polling yang disampaikan: Apakah Anda mengetahui gejala kelahiran prematur Apakah Anda mengetahui cara meminimalisir risiko kelahiran prematur? Apakah Anda mengetahui perbedaan fisiologi pada anak prematur dengan anak kelahiran cukup bulan? Apakah Anda mengetahui metode bonding seperti apa saja yang dapat mendukung kesehatan anak kelahiran premature Dari keempat polling tersebut, diperoleh hasil bahwa 59% peserta webinar menjawab mengetahui gejala kelahiran prematur, 53% memilih mengetahui cara meminimalisir risiko kelahiran prematur, 59% menjawab mengetahui perbedaan fisiologi anak prematur dan anak cukup bulan. Namun hanya 34% yang mengaku mengetahui metode bonding seperti apa yang dapat mendukung kesehatan anak kelahiran prematur. Hasil polling ini didapat dari ratusan peserta baik yang berasal dari Zoom saat penyelenggaraan webinar dengan tema “Tantangan dan Penanga

Mewujudnyatakan Mimpi Lewat Tulisan dan Kreasi

  Pentingnya catatan kecil sebagai wadah untuk menulis syukur dan goalsmu | Foto: Efa Butar butar Kamu pernah denger istilah afirmasi, ngga? Afirmasi adalah pernyataan-pernyataan positif dan spesifik yang ditujukan kepada diri sendiri. Afirmasi ini banyak digunakan untuk melatih diri berpikir positif dan menjauhkan dominasi hal-hal negatif dari pikiran kita. Bagi kamu yang masih suka bicara negatif ke diri sendiri, berpikir negatif akan berbagai hal, cara ini bisa kamu coba untuk menenangkan diri sembari belajar terus untuk berpikir sebaliknya. Aku tau teknik afirmasi ini sejak 10 tahun lalu ketika membaca buku The Secret. Di sana, Rondha Byrne bercerita tentang kekuatan the law of attraction , afirmasi, the magic, visualisasi dan hal-hal sejenis yang bisa mengubah hidup. Namun, mungkin karena faktor umur yang saat itu masih terlalu muda untuk mencerna jauh isi tulisan tersebut, kala itu hal sederhana yang kucoba saat menerapkan teknik ini adalah afirmasi agar keterlambatanku t

Kenalan dengan Biofuel, Yuk!

Kenalan dengan biofuel, yuk  Nama biodiesel, biofuel belakangan sering kedengeran. Tapi kalau mau jujur-jujuran, sebenernya pada ngerti ngga sih makna dari kata tersebut? Hehhe. Apa sih biodiesel dan biofuel itu? Kenapa sih namanya kayak nama artis yang lagi naik daun sampai sering banget diperdengarkan? Apa juga kepentingannya untuk kelangsungan hidup kita? Dimana kita bisa mendapatkannya? Ada sederet pertanyaan panjang tentang nama ini yang harus dijawab. Apalagi kalau yang taunya hanya sepintas dan orangnya kepooo alias pingin tau banget, pasti nih pinginnnn banget dapet jawaban selengkap mungkin agar rasa penasaran dalam hati dan benaknya bisa terselesaikan. Nah, kalau-kalau kamu belum kenal atau bahkan belum pernah dengar nama ini, jangan khawatir. Yuk, kita kenalan dulu dengan Biofuel. Isi gelas lagi bareng EBS Ngga henti-henti berbangga hati karena terpilih menjadi salah satu peserta dalam komunitas EBS. Dan ngga bosan-bosannya juga mau ngenalin komunitas ini, siapa

Pentingnya Deteksi Dini Kehamilan dengan Tes Potensi Caesar untuk Kesehatan Ibu dan Anak

Peluncuran Tes Potensi Caesar 2.0 by Nutriclub  Meluruskan stigma negatif dokter kandungan dan saran untuk operasi bagi ibu hamil “HPL (Hari Perkiraan Lahir) nya sih sebenarnya tanggal 7, ini masih tanggal 5 tapi mama dan mertua udah pada khawatir dan ngasih saran untuk begini, begitu, karena belum ada tanda-tanda dede mau keluar. Jadi aku dan suami yang mau ngga mau mencoba tenang dan menenangkan yang lain.” Begitu curhatan sahabatku tanggal 5 sore lalu, ketika kutanya perihal perkembangan kondisinya yang sudah semakin mendekati HPL. Sejujurnya, bicara tentang lahiran ini, dulu aku ngga begitu paham-paham amat, hanya tau bahwa untuk melahirkan, seorang ibu dan keluarganya bisa memilih cara normal ataupun operasi caesar. Tapi belakangan banyak desas desus yang mengatakan bahwa operasi caesar hanya salah satu langkah "nakal" dokter untuk meraup pundi-pundi Rupiah dari keluarga dengan ibu hamil di dalamnya. Sayangnya, tanpa memiliki literatur pendukung yang membuktikan

Glow in the Dark Clock dari Faber-Castell, dari Melepas Stress hingga Ajang Mencari Ide

  Alat tempur series glow in the dark clock dari Faber-Castell | Foto: Efa Butar butar Memilih mengonsumsi makanan yang lebih sehat, bergerak di rumah serta mengasah kreatifitas merupakan tiga cara pilihan untuk mengisi hari-hari selama pandemi. Tentu didampingi juga dengan intens menjaga komunikasi dengan orang-orang tersayang di kejauhan. Berat sekali saat itu. Ketakutan, rasa cemas akan kesehatan pribadi, cemas akan kehilangan orang-orang tersayang, kekhawatiran akan keberlanjutan pekerjaan, kebingungan karena kondisi yang terus masih mengancam, serta sederet perasaan tidak tenang lain memang mendominasi sejak dua orang warga Depok diumumkan positif Covid-19 pada Maret tahun 2020 lalu. Ini bagi yang tinggal sendiri sepertiku. Sulit sekali rasanya membayangkan bagaimana dengan sebuah keluarga yang hidup dalam keterbatasan dengan ancaman makanan yang semakin tak aman bila orang tua tak lagi punya penghasilan, belum lagi kebutuhan anak serta stressnya yang sulit dihadapi. Soetikn