RW Hijau 16, dari Kebiasaan Hingga Jadi Kebanggaan

KBA Bhakti Jaya | Foto: SINDONews

Mereka yang berkunjung ke kota Depok dengan kendaraan pribadi, mungkin pernah merasa kesal sebab putar arah di pusat kota Belimbing ini berjarak cukup jauh satu dengan yang lain. 

Belum lagi, saat berkendara, cuaca di kota ini persis seperti Jakarta, terik dan menyengat terutama saat musim panas tiba. Meski di kiri kanan sebagian jalanan masih mudah menemukan pepohonan, tak bisa dipungkiri, terik masih begitu terasa di kota ini. 

Siapa sangka, di kota yang kerap disebut panas ini, masih ada setitik wahah bagi warga Depok. 

Berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda, RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, tepat di bibir jalan, bagi kamu yang melintas tentu akan sepakat dengan pemandangan berbeda di sana.

Terlihat lebih rindang, dan menjadi langganan ibu-ibu serta kelompok masyarakat yang cinta dengan tanaman. Di bibir jalan inilah berbagai tanaman dipamerkan untuk diperjualbelikan, dan memang banyak sekali peminatnya. Tak heran bila lokasi ini terus ramai tak peduli pagi, siang atau malam. 

Mengenal KBA Bhakti Jaya, Depok

Tak jauh dari wilayah tersebut, kamu akan menemukan pintu masuk menuju area kebanggaan warga Depok, Kampung Berseri Astra Bhakti Jaya, yang digagas ketua RW, Sumarno. 

Begitu hijaunya, RW ini sering mendapat kunjungan entah untuk membeli tanaman, mengambil gambar, belajar mengolah sampah hingga untuk kepentingan studi banding. Wajar saja bila Sumarno berharap agar RW yang dipimpinnya bisa menjadi lokasi wisata edukasi di kota Depok. 

Memiliki banyak penggiat dan perintis, lingkungan RW "hijau" 16 sebetulnya sudah berwajah serupa sejak 1980an. Estafet tugas kemudian diemban oleh Sumarno dengan mengajak warga untuk mengedepankan perilaku hijau dan bersih. 

Tak ingin hanya "hangat di awal", Sumarno menjaga komitmen RW hijau dengan sejumlah upaya, seperti mengajak warga utnuk terus menjaga kebersihan lingkungan, keindahan dan ketertiban (K-3) antarlingkungan RT. 

Ada juga kegiatan memilah sampah organik kemudian mengelolanya menjadi pupuk kompos. Aktivitas ini dipegang oleh PKK dan kelompok ibu-ibu Dasawisma. 

Bukan hal yang mudah untuk mengajak seluruh masyarakat agar terlibat dalam aksi ini, namun berkat konsistensi, Sumarno berhasil mengajak 538 KK terlibat aktif dalam upaya penghijauan RW 16. 

Sejumlah prestasi KBA Bhakti Jaya, Depok

Sinergi antar warga kemudian mengantarkan RW ini berhasil menorehkan sejumlah prestasi seperti juara dua lomba RW Hijau Lingkungan Tingkat Kota Depok 2010, juara satu Lomba RW Hijau Teduh Tingkat Kota Depok 2011, dan berhasil pula mewakili Kota Depok dalam penilaian Adipura, Kota Sehat dan Kampung Iklim. 

Rasanya tak menyombong bila lewat kebiasaan hijau yang telah dipupuk sejak puluhan tahun lalu, dan konsisten dirawat hingga kini mengantarkan RW 16 menjadi kebanggaan kota Depok, Jawa Barat. 

Tak berhenti di sana, Sumarno juga berhasil mengantarkan RW hijau berkolaborasi dengan Astra International membentuk Kampung Berseri Astra (KBA) pada tahun 2014. 

KBA sendiri merupakan sebuah program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan dalam satu lingkungan kampung. 

Gayung bersambut. Lewat KBA, RW "Hijau" kemudian mendapatkan sejumlah dukungan dari Astra yang dicek secara berkala perkembangannya. 

Sebut saja edukasi olah sampah, pelatihan guru PAUD serta memberikan sebanyak 33 beasiswa untuk anak usia sekolah hingga lulus. 

Ada pula sumbangan berupa ratusan tanaman pucuk merah dan penampung air hujan untuk menyiram tanaman, tak ketinggalan di kewirausahaan, Astra pun turut memberikan pembinaan pada UMKM. 

Tahun 2018, Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan Republik Indonesia bahkan memberikan penghargaan kategori program kampung iklim utama. Kabar baiknya, Wali Kota Depok, Mohammad Idris bahkan sudah meninjau KBA RW 16 dengan mengusung niat mencanangkan RW 16 menjadi ikon Kota Depok. 

Hingga kini peminat tanaman KBA Bhakti Jaya kerap terlihat memenuhi bibir jalan. Harapannya, KBA Bhakti Jaya lewat dorongan dari Astra, dapat menghadirkan lahan parkir yang luas bagi pelanggan dan pengunjung. 

Dengan demikian, impian KBA Bhakti Jaya sebagai pusat wisata edukasi murah meriah di Depok, bisa terlaksana dengan baik dan menjadi RW percontohan untuk berbagai daerah lain di Depok bahkan di Indonsia. Semoga. 


Sumber-sumber:

https://www.satu-indonesia.com/kampungberseriastra/

https://m.republika.co.id/berita/pjxy89438/dari-kampung-berseri-menuju-ikon-wisata-kota-depok

Comments