Lagu "Dengar Alam Bernyanyi" dan Pesan Mendalam untuk Umat Manusia

Cover lagu "Dengar Alam Bernyanyi" Olah gambar: Efa Butar butar 

Semanjak dirilis, lagu Dengar Alam Bernyanyi yang dinyanyikan Laleilmanino, Sheila Dara Aisha, HIVI!, dan Chicco Jerikho ini sangat mencuri perhatian. 

Aku sendiri dengar lagu ini pertama kali setelah diperdengarkan di komunitas yang kuikuti sejak tahun lalu, #EcoBloggerSquad. Eh, sampai sekarang jadi keterusan dan jadi playlist di berbagai aktivitas. Hehe

Pasalnya, selain musiknya yang enak didengar, liriknya juga ringan dan mudah diingat. Belum lagi video clipnya yang lucu, menarik dan ramah anak. 

Bagi kamu yang sudah punya, coba saja perdengarkan lagu ini pada anak sembari menunjukkan video clipnya, mungkin lagu ini akan menjadi jembatan untuk mempererat bonding karena karikaturnya yang mencuri perhatian. Siap-siap diberondol banyak pertanyaan dari anak ya Mom. Hihih. 

Lirik lagu Dengar Alam Bernyanyi

Berikut adalah lirik lagu Dengar Alam Bernyanyi

Bila kau ada waktu
Lihat aku di sini
Indah lukisan Tuhan
Merintih ingin kau kembali
Beri cintamu lagi

Bila kaujaga aku
Kujaga kau kembali
Berhentilah mengeluh
Ingat, kau yang pegang kendali
Kau yang mampu obati
Sudikah kau kembali?

Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada
Dengar alam bernyanyi
(Ah, ha, ha)

Bila kau lelah dengan panasnya hari
Jagalah kami agar sejukmu kembali

Bersatulah, hajar selimut polusi
Ingatlah, hai, wahai kau manusia (wahai kau manusia)
Tuhan menitipkan aku
Ho, di genggam tanganmu (di genggam tanganmu)

Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada
Dengar alam bernyanyi

Dengarkanlah
Bisik mesra
Alam bernyanyi
Bawa canda dan riang tawa
Untuk dunia, oh

Gunakan telinga, hati
Cobalah dengar nyanyian kami, oh-oh-ho
Bayangkanlah hidupmu
Bila tak ada kami

Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (dengarlah alammu bernada)

Dengar alam bernyanyi
Indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (alam pun bernada)
(Alam pun bernada)

Dengar alam bernyanyi (jangan tunggu lagi, Kawan)
Jangan kau tunggu nanti (jangan tunggu lagi)
Dengar alam bernyanyi

Dengarkanlah
Dengar alam bernyanyi (dengar alam bernyanyi)
Oh, dengar kami bernyanyi

Pesan di balik lagu Dengar Alam Bernyanyi

Coba saja teliti lebih dalam lirik lagu ini, bukankah banyak pesan yang disampaikan alam pada kita? Ngga heran kalau Laleilmanino dkk berharap lagu ini memiliki nafas yang panjang.

Kita kulik satu per satu yuk. 

Ngeh ngga sih, belakangan cuaca makin tidak bisa ditebak? Sebentar panas berkepanjangan, sebentar lagi hujan tiada henti. Di pinggiran kota hujan mendera, di pusat kota eh panasnya bukan main. 

Masalahnya lagi, panas yang kita rasakan bercampur pula dengan polusi udara yang berasal dari kendaraan, akibatnya bukan hanya panas yang tak nyaman, tapi untuk mendapatkan udara yang segar saja kita sampai kesulitan. 

Dengerin deh bagian ini 

"Bila kau jaga aku,
Kujaga kau kembali
Berhentilah mengeluh
Ingat, KAU YANG PEGANG KENDALI
Kau yang MAMPU OBATI
Sudikah kau kembali?

Ahhh, pas dengar bagian ini tuh, nyes nya sampai ke ulu hati. Aku sengaja capslock beberapa bagian yang menurutku penting untuk kita garisbawahi

Gimana ngga coba? Kita ngeluh melulu kalau cuaca makin ngga ketebak jalannya, padahal, ya, kendalinya ada di kita, di manusia. Sejauh apa upaya kita untuk menjaga bumi agar cuaca sejuk yang dulu bisa kita nikmatin setiap saat bisa kita rasakan kembali?

Ada lirik lain dari lagu ini yang juga menjawab permasalahan panas yang kita rasa setiap hari.

"Bila kau lelah dengan panasnya hari
Jagalah kami, agar sejukmu kembali..."

Pesan lainnya adalah, untuk menjaga bumi, kita ngga bisa sendiri. 

Di luar sana, banyak komunitas yang bergerak melakukan sejumlah upaya untuk menjaga lingkungan, katakan saja melakukan ajakan gerakan menanam pohon pada sekelompok orang, berkunjung ke daerah pesisir untuk membersihkan sampah yang ada di sana, kampanye untuk stop penggunaan plastik sekali pakai, dan kampanye-kampanye lain yang bertujuan untuk menjaga bumi.

Tapi upaya tersebut akan sia-sia belaka bila mereka hanya bergerak sendiri. Butuh gerakan yang lebih luas dan masif agar kita bisa merasakan dampaknya. 

Itu kenapa, lagu ini juga bilang

"Bersatulah, hajar selimut polusi"

Pertanyaannya, sudahkah kamu berkontribusi untuk menjaga bumi satu-satunya tempat yang bisa kita tinggali ini?

Upaya-upaya sederhana untuk jaga bumi kita

Upaya-upaya jaga bumi | Olah gambar: Efa Butar butar

Mungkin sebagian kita khawatir, apakah memang menjaga bumi harus terjun langsung ke lapangan? Jadi warrior yang panas-panasan di pinggiran pantai untuk bersih-bersih, atau pegang-pegang tanah untuk menanam pohon?

Kalau bisa dan ada waktu untuk itu, bisa banget lho. Tapi kalau memang disibukkan dengan segudang pekerjaan, kamu tetap bisa berkontribusi untuk jaga bumi dengan sejumlah cara sebagai berikut:

  1. Menghindari penggunaan plastik sekali pakai
  2. Bawa dan selalu gunakan botol minum
  3. Mengurangi penggunaan listrik
  4. Menggunakan transportasi umum saat bepergian
  5. Menghapus surat elektronik yang tidak diperlukan secara rutin
  6. Mengurangi penggunaan tisu
  7. Gunakan produk-produk yang eco friendly
  8. Mendengarkan dan berbagi lagu "Dengar Alam Bernanyi" sebanyak-banyaknya

Menikmati lagu sembari menjaga alam

Ya, menikmati lagu Dengar Alam Bernyanyi dan membagikannya pada orang-orang terdekat tak hanya memberikan ketenangan bagi kamu yang suka musik, ini juga menjadi satu satunya cara paling mudah untuk menjaga bumi.

Sebab, dengan mendengarkan lagu ini, sama telah berkontribusi untuk menjaga bumi, karena sebagian royalti dari lagu akan disumbangkan untuk konservasi dan restorasi hutan adat di Kalimantan. 

Gampang banget kan? Yuk, nikmatin terus lagunya untuk jaga hutan adat di Kalimantan. 

Comments

  1. Menikmati lagu sambil jaga bumi memang suatu kenikmatan yang luar biasa. Semoga setiaip orang bisa nikmati lagu dan berkontribusi untuk sumbangkan konservasi dan restorasi hutan.

    ReplyDelete
  2. auto nyari di YouTube dan dengerin sambil baca baca tulisannnya Mbak Efa
    Saya sering gemes pada mereka yang abai pada kerusakan lingkungan
    dan gak mau iku berkolaborasi menyelamatkan lingkungan

    ReplyDelete
  3. Memang panas yang berkepanjangan ini merupakan dampak perubahan iklim secara global. Kita bisa menguranginya dengan mulai memperbaiki perilaku kita sehari-hari terhadap lingkungan alam.

    Lagu Dengar Alam Bernyanyi ini mengandung banyak pesan yang indah sekali untuk semua orang.

    ReplyDelete
  4. aku langsung cek ke Youtube buat dengar musiknya emang easy listening ya.. liriknya banyak pesan-pesan yang positif buat semua orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm...benar mba, kita enggak bisa prediksi kemarau ini kapan berakhirnya atau apakah ini benar-benar musim kemarau. Akibat pemanasan global, beberapa tempat masih turun hujan meski sudah memasuki kemarau. Malah beberapa Minggu lalu ada daerah yg kena banjir. Lagu ini sepertinya perlu kudengar berulang-ulang nih

      Delete
  5. Upaya yang bagus dari tiap individu, tapi akan lebih terlihat hasilnya jika korporasi atau perusahaan besar dan pemerintah yang bergerak mengupayakan kelestarian alam

    ReplyDelete
  6. Jaga bumi memang gak bisa sendiri, karena kan yang mengambil manfaatnya banyak orang... Jadi hayuk bersama lestarikan tempat tinggal ini dengan kerja bareng

    ReplyDelete
  7. Lagu tentang menjaga alam yang enak dan populer agakbjarang . Bagus juga ada lagu ini yang bisa memotivasi Kita mencintai alam kan

    ReplyDelete
  8. Lagu 'Dengar Alam Bernyanyi' termasuk salah satu my fav song saat ini. Selalu suka sama Diskoria dan kolaborasinya. Apalagi lagu yang sekarang ini punya pesan yang dalam tentang pentingnya menjaga lingkungan.

    ReplyDelete
  9. udah lihat video clipnya dong, bagus konsep nya pakai animasi gitu. pohonnya bisa ngomong tetiba saya jadi ingat pohon ent di film lord of the ring yang denial hutannya rusak dan terbakar akibat ulah penyihir putih. mirip banget dengan kondisi saat ini ya dimana hutan-hutan banyak yang hilang karena pembakaran dan penebangan liar. btw lagunya enak, easy listening

    ReplyDelete
  10. Biar lebih menghayati lagunya saya cuss ke YouTune Laelilmanino.
    Ngga cuma liriknya aja yang bagus, ilustrasinya juga keren.
    Jadi bisa gambarin alam yang kena polusi itu gimana. Anak-anak juga seneng ngelihatnya

    ReplyDelete
  11. Aku juga suka sekali dengan lagu ini, liriknya benar-benar cantik, terus nadanya pas jadi terngiang-ngiang terus. Kalau disetel juga sekalian ngingetin kita tentang pentingnya menjaga alam.

    ReplyDelete
  12. Well, saya sangat suka dengan lirik lagu "Dengar Alam Bernyanyi", ajakan sederhana tapi penting banget. Kita diajak dan dihimbau untuk terus jaga alam.

    ReplyDelete
  13. Lagunya bagus sekali, easy listening dan pesan dalam liriknya dapat untuk kita lebih mencintai alam dan lingkungan hidup , mestinya banyak orang nulis & mendengarkan lagu begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat! Lagu-lagu tema seperti ini memang perlu diperbanyak di antara lagu-lagu cinta antar manusia yang setiap tahun menguasai pasar.

      Delete
  14. sudah lagunya easy listening yang bawain juga artis2 terkenal ya ka. aku baru tahu kalau chico itu bisa nyanyi dikita aktris aja heheh. semoga dengan lagu ini semakin banyak orang2 yang peduli hutan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak..
      Seringnya lihat Chico dengan aktingnya yang ciamik ya.
      Tapi ternyata suaranya asik juga

      Delete
  15. Setuju banget kak kalau lagunya enak, bahkan aku gak bosen mendengarkannya pas masih kerja. Aku juga tularin ke teman-teman untuk mendengarkan lagu ini.

    ReplyDelete
  16. auto nyari di YouTube, nyari lagu Dengar Alam Bernyanyi
    ternyata lagu yang bagus dan bikin kita ingat bahwa bumi ini harus berkelanjutan
    agar anak cucu kita bisa hidup dengan nyaman

    ReplyDelete
  17. Lagu Dengar Alam bernyanyi ini punya makna yang sangat menyentuh dan mendalam ya Mbak. Setelah mendengarkn lagu ini aku malah gak pernah bosan buat dengarinnya lagi

    ReplyDelete
  18. Pada akhirnya, segala kendali ada di manusia ya. Soalnya alam tuh serasa berserah gitu sama berbagai upaya pemanfaatan yang kita lakukan selama puluhan tahun. Lagunya enak didengar dan kasih pesan mendalam.

    ReplyDelete
  19. kalo memang niat, sebenarnya cara menjaga bumi itu mudah banget yaa, bisa diimulai dari hal-hal kecil dari rumah kita sendiri

    ReplyDelete
  20. Lagunya bagus, dan ringan liriknya, jadi anak-anak bisa mengikuti dan langsung hapal lagu ini. Menjaga bumi dan alam ini penting ya.

    ReplyDelete
  21. Lirik lagunya ringan tapi mengandung makna yg luar biasa. Musiknya juga mendukung, lagunya benar2 syahdu. Makin semangat utk jaga lingkungan.

    ReplyDelete
  22. kita memang harus semakin sadar ya kalau hutan kita semakin berkurang volumenya dan melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga hutan kita agar bumi juga bisa terjaga

    ReplyDelete

Post a Comment