Formula E-Prix 2022; Dari Berbagai Keseruan hingga Teriakan Kemenangan

Pemenang Formula E Jakarta 2022 | Foto: Ariefpokto

Ajang Balap Mobil Bertenaga Listrik Perdana di Indonesia

Formula E-Prix yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) rupanya menorehkan kenangan yang manis bagi Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing usai berhasil menyelesaikan 40 lap dengan waktu 48 menit 28 detik. 

Kemudian disusul Jean-Eric Vergne dari DS Techeetah di posisi kedua dengan selisih waktu hanya 0,733 detik. Lalu, Edoardo Mortara di posisi ketiga dari Rokit Venturi Racing dengan selisih waktu 0,967. 

Baca juga: Gelaran Formula E Sukses Usung Konsep Ramah Lingkungan 

Tak hanya bagi ketiga pemenang, suksesnya penyelenggaraan Formula E 2022 pada 4 Juni 2022 lalu juga meninggalkan kesan yang menyenangkan bagi seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya di Jakarta. Pasalnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah, ajang balap mobil bertenaga listrik ini diselenggarakan di Indonesia. 

Laga ini dilangsungkan dengan konsep olahraga, teknologi, kampanye energi bersih dan hiburan. 

Serunya Nonton Formula E di Ancol Festival

Tiket Formula E Ancol Festival | Foto: Efa Butar butar

Panitia penyelenggara, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro, membagi tiket dalam 4 kelas, yakni VIP, Grandstand, Circuit Festival, dan Ancol Festival, dengan harga yang berbeda-beda pula. 

Sebetulnya, setiap jenis tiket ada keseruan masing-masing, tapi sebagai pemilik tiket Ancol Festival, berikut adalah serangkaian keseruan menonton Formula E yang aku rasakan kemarin. 

Bebas Mencoba Berbagai Wahana di Dufan

Pemilik tiket Ancol Festival memiliki kesempatan mencoba berbagai wahana di Dufan | Foto: Efa Butar butar 

Dari hasil sedikit ngobrol dengan petugas salah satu wahana, sepanjang hari kemarin, Dufan hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah memiliki tiket Ancol Festival. Semua diperlakukan serupa dan ngga ada fast track bagi pengunjung yang ingin menaiki wahana. Semua sama rata!

Pengunjung bisa mencoba semua wahana yang ada di Dufan dengan bebas sampai puas, mulai dari Ontang-Anting, Kicir-kicir, Kora-kora, Halilintar, Histeria, Bianglala, hingga Turangga-rangga, bisa kamu coba. 

Serunya lagi, antrean yang biasanya panjang membludak, hari itu cukup ramah bagi pengunjung yang tak memiliki kesabaran panjang. Hehe. 

SeaWorld

Bisa pula menikmati cantiknya dunia bawah laut di SeaWorld | Foto: Efa Butar butar

Masih berada di kawasan yang sama, pemilik tiket juga berkesempatan masuk ke SeaWorld.

Hanya dengan menunjukkan gelang Formula E, kamu akan diizinkan masuk ke dunia bawah laut dan menikmati keindahannya. Mulai dari bintang laut, hiu, ubur-ubur, bahkan piranha bisa kamu temukan di sini. 

Bagi yang suka beraktivitas di bawah terik, SeaWorld sungguh menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati waktu. Tempat ini tak hanya menunjukkan kecantikan makhluk air, tapi juga memberikan kenyamanan, tempat yang cukup tenang, dan sejuk. 

Meski berada di tempat tertutup dan terbilang jauh dari layar, pengunjung di SeaWorld juga dipastikan tidak ketinggalan puncak acara, yakni balapan Formula E, sebab petugas stand by mengingatkan pengunjung sekitar 15-20 menit sebelum acara dimulai lewat pengeras suara.  

Menikmati Senja di Pinggir Pantai

Hingga menikmati senja di pinggir pantai | Foto: Efa Butar butar

Usai race berlangsung dan pemenang telah menerima pialanya, pengunjung bisa berpindah ke area Pantai Festival. 

Seperti namanya, stage di sini memang tak jauh dari area pantai. Pengunjung bisa menikmati sore di pinggir pantai sembari melihat cantiknya matahari yang mulai tenggelam. Anak pantai mah dari awal pasti milih stage ini. Hehehe. 

Oh ya, urusan makanan, di semua stage terdapat sederet UMKM kok. Jadi sepanjang acara kemarin, enggak ada yang namanya kelaparan atau kehausan. Hehehe. 

Hadirnya Artis-artis di Panggung Festival

Nyanyi bareng artis juga bisa | Foto: Ariefpokto

Bagian ini juga jadi favoritku. 

Sepanjang hari, sejumlah artis beken Ibukota turut meramaikan acara hingga malam tiba. Sebut saja PADI, WALI,Dmassiv, Payung Teduh, DJ Una, dan KOTAK. 

Ah, ya, penampilan band KOTAK bahkan berlangsung hingga malam yang sontak berhasil mengajak seluruh pengunjung lebih maksimal merasakan keseruan rangkaian acara hiburan Formula E. 

Jadi nggak salah kan kalau disebut beli tiket Formula E sekali, dapetnya berkali-kali!

Balapan Formula E, Menegangkan tapi Seru!

Sejujurnya sejak awal Formula E digembar-gemborkan akan digelar di Jakarta, tak pernah kepikiran untuk beli tiketnya apalagi nonton secara langsung. 

Namun, ada perasaan sayang bila harus melepaskan kesempatan langka ini begitu saja. Kapan lagi kan ngeliat tayangan seperti ini dengan Jakarta sebagai panggungnya?

Jadi memang pilihan untuk beli tiket dan menikmati laga kemarin tak ada salahnya sama sekali!

10 menit Formula E berlangsung, aku bahkan belum bisa memutuskan siapa yang harus kudukung. Hhahah. 

Namun di 10 menit terakhir, suara waswas dari seluruh penonton di Taman Lumba-lumba mulai bergemuruh tatkala Evans dan Vergne saling salip dan rebutan posisi di urutan pertama. 

Wahhh, sensasi menegangkan ke penonton rupanya bisa juga kunikmati. Ini mirip sekumpulan orang yang memberi dukungan dan masing-masing saling menahan nafas untuk melihat pebalap yang didukungnya ada di posisi teratas. 

Sampai akhirnya penonton bersorak sembari memberi tepuk tangan saat Evans dinyatakan sebagai pemenang! Menyenangkan!

Lagi dong kegiatan-kegiatan begini diselenggarakan di Jakarta! Hihih. 

Comments