Biaya Liburan Ke Pulau Tidung Tanpa Travel Agent

Biaya liburan ke Pulau Tidung tanpa travel agent | Foto: Efa Butar butar

Masih berkaitan dengan dua postingan sebelumnya yang membahas tentang liburan ke Pulau Tidung tanpa travel agent. 

Siapa sangka liburan singkat dua hari satu malam di seputaran Jakarta ini sebetulnya tidaklah butuh biaya yang mahal-mahal amat. 

Ngga percaya? Yuk, sini hitung-hitungan liburan singkat ke Pulau Tidung dengan titik keberangkatan dari Depok, Jawa Barat. 

Baca juga: Cara Menuju Pulau Tidung Tanpa Travel Agent

Biaya ke Pulau Tidung

Tiket perahu kayu menuju Pulau Tidung | Foto: Efa Butar butar

Naik commuter line dari stasiun Depok menuju stasiun Jakarta Kota adalah sekitar Rp 4.500. Bila kamu naik dari stasiun yang lebih dekat dengan Jakarta Kota, tarifnya mungkin akan lebih murah lagi. 

Selanjutnya naik ojek online dari stasiun Jakarta Kota menuju Pelabuhan Kaliadem dengan tarif sekitar Rp 30.000. Kalau mau lebih murah, kamu bisa naik taksi online dengan estimasi tarif 46.000 - 50.000 dengan jumlah penumpang 4-5 orang. 

Sebetulnya, bisa naik Transjakarta langsung ke Kaliadem. Pilihan ini jauh lebih murah sebab tarifnya rata hanya Rp 3.500 doang mau dari manapun kamu naik. 

Hanya sajaaa, aku orangnya yang males ribet gitu kalau mau pergi-pergi. Naik Transjakarta nyaman banget kok, tapi karena tempat duduknya super terbatas, dan harus transit-transit, aku memutuskan untuk naik commuter line yang bisa anter aku ke tujuan dengan sekali duduk. 

Dari Pelabuhan Kaliadem, kamu bisa membeli tiket perahu kayu menuju Pulau Tidung dengan harga Rp 77.000 per orang. 

Baca juga: Tips Aman Menumpang Kapal Kayu

Penginapan di Pulau Tidung cukup banyak, harganya juga variatif. Saat itu, penginapan yang kami pesan seharga Rp 500.000 per kamar. Fasilitas yang ditawarkan sudah termasuk 2 tempat tidur ukuran medium, 1 kamar mandi di depan dan 1 di belakang, galon, televisi, AC, makan 3 kali sehari, dan acara barbeque di malam hari bareng team. Bahan makanannya juga disediain oleh mereka. Btw, no wifi yaa.

Barbeque di malam hari | Foto: Novarty

Oh ya, aku juga mau tekankan, bahwa penginapan yang aku maksud lebih ke homestay ya, bukan hotel berbintang. Di sana ngga ada hotel sama sekali. 

Ruang depan homestay yang cukup besar, beda lagi dengan ruang di belakang | Foto: Erin

Tapi menurutku ini sangat worth it kok, bersih banget, dan petugasnya juga cekatan meriksa kebutuhan-kebutuhan tamu. 

Per kamar bisa ditinggalin sekitar 10 orang karena ukurannya yang cukup besar. Paling mungkin kudu minta tambahan bed biar tidurnya lebih nyaman. Kalau liburannya bareng-bareng teman, penginapan bisa dapetlah Rp 50.000 doang per orang. 

Ditotal-total, biaya ke Pulau Tidung:

Commuter line:         Rp 4.500O
Ojek online:         Rp 30.000
Tiket perahu kayu: Rp 77.000
Penginapan: Rp 50.000

Total:         Rp 161.500

Tapi, sebaiknya tetap sediakan biaya lebih yaa, sebab di Pulau Tidung banyak hal menarik yang dapat dilakukan dan butuh biaya untuk itu. 

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Tidung:

Main banana boat di Pulau Tidung | Foto: Erin

  1. Naik banana boat: Rp 20.000 (Ini hasil nego karena yang naik ada 10 orang bergantian. Harganya menyesuaikan jumlah pemesan di kelompok liburanmu. Semakin banyak, ya mungkin semakin mudah untuk negonya. 
  2. Snorkling: Rp 40.000 (Kami ngga coba, karena ngga ada yang fasih berenang apalagi nyelam. Hahaha)
  3. Menikmati mie instan di tepi pantai: Rp 30.000 (Mie instan, bakso, dan air mineral satu botol)

Total biaya lain-lain di Pulau Tidung:  Rp 90.000

Liburan ke Pulau Tidung, apakah ada sinyal?

Ini salah satu pertanyaan yang cukup banyak aku terima sepulang dari sana. 

Liburan ke Pulau Tidung ada sinyal ngga sih? 

Ya tergantung provider yang kamu pakai sebetulnya. Beberapa provider seperti Telkomsel aman-aman saja di sana, jaringan internetnya juga lancar banget. 

Berbeda lagi dengan Tri yang aku pakai sejak jaman kuliah. Halah! sinyalnya bablas hilang. Wehehe. 

Kamu yang memang kerjanya banyak bergelut dengan dunia digital bahkan saat liburan harus beresin kerjaan, pastikan bawa provider Telkomsel deh, kerjaan dijamin aman. 

View Pulau Tidung di pagi hari | Foto: Novarty

Tapi kalau dateng ke Pulau Tidung emang khusus "melarikan diri" dari sederet kerjaan yang bikin stress, ya justeru bagus kalau kamu bablas kehilangan sinyal. Di sana bisa fokus senang-senang, nikmatin udara pantai yang segar tanpa gangguan deadline pekerjaan. 

Well, itu dia rangkaian perjalanan ke Pulau Tidung, aktivitas yang dapat dilakukan, dan biaya ke Pulau Tidung yang mungkin bisa jadi referensi perjalanan kamu ke sana. 

Semoga bermanfaat. 

Comments