Skip to main content

Soul in a Box: Katering Aman, Perut Nyaman, Kantong Ngga Kekeringan

 

Contoh menu sehat Soul in a Box | Sumber foto: Properti Soul in a Box

Katering dan kasus keracunan makanan

Februari 2020, sejumlah karyawan di Bekasi mengalami keracunan makanan usai konsumsi makanan dari sebuah katering. Penyidik kemudian memeriksa pemilik perusahaan katering tersebut lalu kasus akan lanjut ditangani oleh Polres Metropolitan Bekasi.

Oktober 2021, puluhan siswa SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengalami keracunan makanan nasi kotak berisi lauk mie dan telur yang diberikan pihak sekolah. Dari pemeriksaan yang dilakukan, dugaan keracunan berasal dari makanan katering yang dimakan para siswa. Berdasarkan pendalaman kasus, makanan yang disantap para siswa berasal dari tiga katering yang berbeda.

Dilansir dari Antaranews, Guru Besar Kimia Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Santoso menyebutkan bahwa kasus keracunanan paling banyak berasal dari makanan utama, disusul jamur dan kemudia mie.

Masih menurut Prof. Dr. Santoso, 45% kasus keracunan makanan sering terjadi pada karyawan perusahaan, 25% pada sekolah dan 20% pada masyakarat umum. Sedangkan korban yang menderita terjadi pada 75% orang dewasa dan sisanya terjadi pada anak-anak.

Pentingnya katering dalam kehidupan sehari-hari

Meski banyak kasus keracunan makanan yang bersumber dari katering, tak bisa dipungkiri, katering memegang peranan yang sangat tinggi untuk membantu efisiensi dan mobilitas hidup banyak orang. Mulai dari masyarakat urban hingga warga di perkampungan.

Jangan salah, meski identik dengan gotong royong, di acara-acara tertentu, sekarang, masyarakat kampung juga banyak yang memutuskan untuk memesan makanan dari katering.

Katering sebetulnya menawarkan sejumlah manfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Efisiensi waktu untuk pekerja kantoran yang ingin memaksimalkan waktu istirahatnya untuk menyantap makanan favorite. Ini tentu sangat membantu dibandingkan bila harus lebih dulu antri ke kantin untuk pesan makanan atau menunggu ojek online mengantarkan pesanan makanannya
  • Bagi mereka yang akan melakukan suatu acara, baik arisan hingga acara nikahan, katering juga sangat membantu menyediakan makanan bagi tamu undangan saat tuan rumah sibuk melakukan serangkaian persiapan
  • Oh atau bagi orangtua yang tak sempat masak di pagi hari karena semuanya harus bekerja, sarapan anak tentu yang utama. Dan katering sangat berjasa untuk menyelesaikannya.

Kalau mau dilist kontribusi katering dalam kehidupan sehari-hari, rasanya ngga akan ada habisnya. Karena memang sepenting itulah sebetulnya kehadiran katering di tengah-tengah kita.

Kiat jitu memilih katering aman dan terpercaya

Namun, meski menawarkan banyak sekali bantuan, kasus di atas membuat kita lebih waspada saat memilih katering langganan yang tepat.

Jangan sampai, tawaran ini itu yang menggiurkan malah berujung bikin keracunan dan takut pesan makanan di lain hari.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin memutuskan mempermudah diri dengan mengandalkan katering makanan, ada kiat-kiat jitu yang bisa kamu lakukan agar jangan sampai salah pilih katering:

Halal

Ini yang paling utama dan yang terutama.

Populasi Muslim di dunia ada sebanyak 1,6 milyar atau setara 25% dari total populasi penduduk dunia sehingga sehalalan produk maupun jasa menjadi sangat penting.

Tapi aku mau luruskan terlebih dahulu, terlepas dari bahan utamanya, makanan halal tak hanya diperuntukkan bagi umat Islam, agama lainpun sebetulnya penting untuk mengetahui terlebih dahulu apakah makanan tersebut halal atau tidak.

Halal tak hanya seputar bahan yang mengandung babi atau tidak, mengandung anjing atau tidak. Halal juga memiliki urgensi penting terkait kepastian hukum, memberikan keamanan, kenyamanan dan perlindungan terhadap produk makanan, minuman, obat-obatan hingga kosmetik. Dengan begitu, tercipta keuntungan antara produsen dengan konsumen.

Aku pernah cerita di salah satu artikelku ketika makan rempeyek, biji stapler ikut masuk ke mulut dan kukunyah.

Kebayang ngga kalau bagian tajam biji stapler menusuk langit-langit mulut? Bahaya, bukan?

Hal-hal seperti ini juga masuk dalam urusan halal itu tadi. Jadi tak hanya seputar bahan semata yang harus halal, penting juga melihat faktor keamanan, kenyamanan dan kesehatan selama mengonsumsi. Pastikan calon kateringmu punya sertifikat halal, ya!

Lakukan survei terlebih dahulu.

Bila memungkinkan, datang ke alamat katering untuk melihat apakah dapur olahan bersih. Umumnya, katering berskala menengah ke atas sudah menerapkan SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure), GMP (Good Manufacturing Practice).

Untuk skala besar, katering juga biasanya telah menerapkan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Dalam implementasinya biasanya dilakukan validasi dan verifikasi oleh Badan/Lembaga pengawas keamanan pangan. 

Katering yang melakukan ketiga hal ini untuk proses olahan makanannya, umumnya sangat memperhatikan kualitas, kebersihan, dan keamanan makanan sebelum dikirimkan ke pelanggan.

Kalau hal-hal ini chekclist, kamu bisa makan dengan nyaman bahkan berlangganan dengan katering tersebut.

Cari tahu testimoni

Meski sebetulnya SSOP, GMP dan HACCP wajib diterapkan dalam industri makanan termasuk katering, faktanya masih banyak katering yang tidak menerapkan ketiga hal ini. Baik karena kurangnya edukasi, terbentur dengan biaya atau katering masih berskala menengah ke bawah. 

Kalau kateringnya masih menengah ke bawah, kamu bisa cek, apakah penyedia makanan tersebut telah mengantongi ISO 22000 (The International Organization for Standardization) dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) serta laik sehat. 

Jangan lupa juga untuk mencari testimoni seputar katering tersebut. Sebisa mungkin sih, meski testimoni pada bagus, sebaiknya tetap lakukan visit untuk melihat kebersihan lingkungan serta area kerja katering. 

Perhatikan petugas katering. Apakah platting dengan menggunakan masker, apakah petugas yang tidak mengenakan hijab menggunakan hairnet untuk menghindari jatuhnya rambut ke makanan, atau apakah tempatnya bersih?

Pastikan kamu bisa menjawab setidaknya ketiga pertanyaan tersebut.

Jangan menawar harga dengan keterlaluan dan jangan pula terlena dengan iming-iming harga miring

Sudah jadi rahasia bahwa dalam urusan jual beli, ada yang namanya tawar menawar. Bilapun harga yang diberikan padamu memberatkan, hindari menawar dengan keterlaluan atau jauh di bawah harga penawaran.

Saat menawar, kualitas bahan makanan yang kamu dapat mungkin tak sebaik harga penawaran. Tapi bila ditawarkan harga yang terlalu rendah bahkan tanpa kamu minta, sebaiknya hindari untuk menyetujui karena dikhawatirkan makanan yang disajikan bersumber dari bahan yang under quality dan membahayakan bila dikonsumsi.

Cek sebelum makan

Jadilah "polisi" kesehatan bagi dirimu sendiri

Dalam setiap pekerjaan, human error adalah hal yang tak bisa dihindarkan. Meski telah berlangganan bertahun-tahun, dan tidak pernah ada kendala dengan makanan, bukan tidak mungkin di ke depan hari terjadi sesuatu pada makanan yang bikin membahayakan.

Banyak faktor sebetulnya, pegawai baru, misalnya. Kurangnya perhatian atau fokus saat proses pengolahan, peralatan yang rusak, atau mungkin benda lain yang tanpa diketahui tak sengaja masuk ke makanan. Untuk itu, selalu cek makanan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi.

Cek setidaknya menggunakan indra penglihat, pencium dan kulit. Lihat warna, cari tahu aroma, dan tekstur makanan.

Aroma makanan segar, dipanaskan dan basi akan sangat berbeda. Makanan yang sudah mengeluarkan aroma busuk baiknya hindari dan buang saja.

Begitupun dengan tekstur makanan. Kamu akan mudah mengetahui makanan yang tak lagi layak makan dari teksturnya yang berbeda dan umumnya akan menghasilkan lendir bila dipegang.

Variatif dan enak

Menu catering juga perlu variatif, kamu yang sehari-hari aja milih beda-beda, masa mau menu makanan kateringnya itu lagi itu lagi?

Ini juga bisa jadi bahan diskusi sebelum deal dengan katering makanan. Tanyakan apakah kamu bisa request menu, atau sebaliknya, menu hanya dari pihak katering?

Yang pasti, rasanya juga harus enak yaa.

Soul in a Box, menjawab kebutuhan katering di Jakarta

Beberapa paket menu | Sumber foto: Properti Soul in a Box

Tingginya kebutuhan katering saat ini, baik untuk kebutuhan pribadi, perkantoran, urusan diet, sampai kebutuhan isolasi mandiri di tengah-tengah pandemi yang perlahan kasusnya mulai melandai ini, industri katering kian menjamur. 

Tentu kehadiran katering-katering ini disambut sangat baik oleh semua orang yang membutuhkan. Tapi lagi-lagi, sejumlah kiat di atas, penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan makanan dan kesehatan. 

Nah, bagi kamu yang ada di seputar Jakarta, boleh banget deh kenalan sama katering Soul in a Box. 

Soul in a Box merupakan sebuah usaha katering berlokasi di Jakarta Selatan di bawah naungan PT Jiwa Tekno Kultura.

Berawal dari sebuah dapur rumahan kecil berkapasitas 100 porsi, Soul in a Box kini berkembang menjadi sebuah usaha yang mampu melayani hingga 3.000 porsi setiap harinya. Angka yang cukup fantastis dari sebuah katering yang telah bergerak menemani warga Jakarta sejak 2017 silam. 

Keunggulan Soul in a Box dibandingkan catering lainnya

Menu kantoran dan harga | Sumber foto: Properti soul in a box

Kenapa Soul in a Box?

Tak hanya untuk tubuh, Menu Soul in a Box sasar hingga ke jiwa dan cinta

"Food for the body is not enough. There must be food for the soul" Begitu quote dari Dorothy Day yang dikutip oleh Soul in a Box dalam deretan menu-menunya. 

Catering Jakarta ini hadir dengan sebuah keyakinan bahwa setiap perusahaan menginginkan karyawan yang produktif dimana salah satu caranya adalah dengan memastikan bahwa karyawan bekerja dengan bahagia. Katering Soul in a Box hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan makanan yang enak dan berkualitas.

Tentu tak hanya untuk karyawan kantoran, kamu orang rumahan juga berhak untuk bahagia dan produktif dengan menu-menu makanan favorite. 

Ini bagus, maksudku, ketika banyak katering lain hadir menawarkan rasa, Soul in a Box bahkan berbicara jiwa. Tak banyak orang yang memberi perhatian pada satu hal ini

Mengantongi sertifikat halal dan higenis

Petugas katering Soul in a Box dengan sejumlah SOP, termasuk penggunaan hair net, sarung tangan dan masker saat bekerja | Sumber foto: Properti Soul in a Box

Masih ingat dengan urusan halal dan higenitas katering yang kusampaikan di atas?

Soul in a Box telah mengantongi Sertifikat Halal MUI, layak Higienis Sanitasi, ISO 22000, Laik Sehat dan CHSE yang menjadi jaminan bahwa Soul in a Box menghadirkan makanan lezat yang bersih serta berkualitas tinggi.

Katering yang mengantongi syarat-syarat ini, percaya deh, pasti berani "pamer" - yang positif, ya - dan percaya dirinya pasti akan beda karena dengan itu, mereka tak hanya menjamin makanan dan perut yang kenyang, tapi juga kualitas, keamanan dan kenyamanan selama dan setelah konsumsi. 

Harga yang bersahabat

Sebetulnya kalau urusan harga fleksibel ya. Menyesuaikan. Bagi seseorang mungkin mahal, bisa jadi bagi orang lain harga ini sangat terjangkau. 

Tapi untukku pribadi, harga ini cukup terjangkau. 

  • Untuk personal, harga Paket Lauk dan Paket Reguler hanya dibanderol dari harga Rp 40.000 saja
  • Katering kantor harganya bahkan lebih terjangkau. Ada yang start from Rp 35.000, Rp 40.000 ada juga yang Rp 45.000
  • Menu untuk pasien yang tengah isolasi mandiri lebih variatif dan sedikit mahal karena menunya yang jauh lebih lengkap. Meski begitu, ada juga yang dihargai dari Rp 30.000 saja. Bila ingin lebih lengkap menu seharga Rp 90.000 per pax nya
  • Menu diet dihitung dengan biaya per minggu. Diet memang ngga mudah, banyak orang beranggapan bahwa diet itu ngga makan. Padahal ini persepsi yang salah. Justeru diet itu kudu makan, tapi memang porsi dan hitungan kalori masuk dan keluarnya harus disesuaikan.  Paket diet di Soul in a Box dibanderol dengan harga Rp 665.000 per minggu atau 1.330.000 per 2 minggu.
Ah ya, ngga usah khawatir, bebas biaya kirim kok untuk wilayah Jakarta. 

Dipercaya perusahaan-perusahaan besar di Jakarta

Testimoni dan Client | Sumber foto: Properti Soul in a box

Testimoni juga dibutuhkan dalam membuat sebuah keputusan untuk memilih, terutama yang berkaitan dengan makanan. 

Soul in a Box telah dipercaya puluhan perusahaan besar di Jakarta sebagai pemasok makanan baik itu untuk karyawan, maupun untuk event-event di kantoran. 

Menu Variatif

Menu adalah perhatian lain dalam memilih makanan. 

Seseorang yang sedang berada di dalam restoran dengan banyak pilihan, bisa menghabiskan 3-5 menit bahkan lebih untuk memilih menu saja. 

Di waktu yang akan datang, umumnya, konsumen akan memilih menu yang berbeda agar mencicipi semua menu yang ditawarkan di restoran itu. 

Dan kabar baiknya Soul in a Box juga menerapkan hal yang sama. 

Catering makanan ini juga telah menghadirkan chef handal yang menguasai menu Nusantara, Oriental, Jepang, hingga Western sehingga dapat menyajikan menu yang lebih variatif setiap harinya. 

Lezat dan bergizi tinggi

Saat ini, mereka yang sedang menjalani program diet, jauh lebih teredukasi. Mengganti pola hidup lebih sehat dengan olahraga, beraktivitas dan menjaga pola makan menjadi lebih sehat dan bergizi. 

Kamu yang sedang mencari catering diet, bisa pula mempertimbangkan Soul in a Box, lho. Rasanya yang lezat tidak akan mengganggu proses dietmu meski seluruh makanan dilahap sampai habis karena menu juga disajikan dengan hitugan kalori. 

Karena menu telah dirancang khusus agar berat badan kamu turun 4-6 kg selama program 14 hari, menu-menu diet ini mempunyai rata-rata kalori sebesar 500 kalori. 

Belum lagi menu khusus untuk warga yang isoman yang telah disesuaikan menu dan cara masaknya agar dapat membuat daya tahan tubuh meningkat lagi. Paket ini dilengkapi dengan berbagai multivitamin, susu, madu dan snack sehat selama 14 hari lamanya. 

Terbiasa dengan konsumen yang ingin diet dan pulih dari Covid-19, memang menu yang ditawarkan oleh catering Jakarta ini tak hanya lezat tapi juga bergizi tinggi. 

Semoga setelah ini ngga bingung lagi ya milih katering langganan. Heheh. 

Sumber-sumber:

https://jabar.suara.com/read/2020/02/19/135104/usai-santap-makanan-katering-puluhan-karyawan-di-bekasi-keracunan

https://www.republika.co.id/berita/r0rqsy425/puluhan-siswa-di-tulungagung-keracunan-katering-sekolah

https://www.antaranews.com/berita/133130/katering-sumber-keracunan-makanan-terbesar

https://diploma.chemistry.uii.ac.id/kuliah-pakar-series-pentingnya-produk-halal-dan-perkembangan-sertifikasi-produk-halal-di-indonesia/

https://www.soulinabox.co.id/

Ir. Sere Saghranie Daulay,M.Si – Widyaiswara Madya Pusdiklat Industri 

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Cerita 4 Hari 3 Malam di Hotel Aryaduta Tugu Tani.

Masih berbicara tentang Vlog dan Blog Competition yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Januari 2020 lalu. Puncak acara ini adalah BI Netifest 2020 yang diadakan di museum Bank Indonesia sekaligus pengumuman pemenang dari seluruh kategori. Cerita selengkapnya tentang keseruan keberlangsungan acara tersebut bisa kamu baca di sini:  5 Alasan Penting Mengapa Harus Ikutan Vlog dan BlogCompetition Bank Indonesia. Jika tahun 2019 lalu tempat yang disediakan oleh Bank Indonesia bagi seluruh finalis terpilihnya adalah Hotel Grand Mercure Gajah Mada, maka tahun ini Bank   Indonesia memfasilitasi Hotel Aryaduta Tugu Tani untuk tempat penginapan selama acara, salah satu hotel berbintang 5 di Jakarta. Selama 4 hari 3 malam berada di hotel ini, masing-masing punya cerita sendiri. Termasuk aku.Masing-masing punya cerita mulai dari teman baru, view kamar, pengalaman yang di dapat, fasilitas yang ditawarkan oleh hotel, hingga hal-hal menarik apa saja yang dapat dilakukan di

Serunya Mengikuti Test CPNS di Kementerian Pertanian

Di ruang tunggu sebelum memasuki area registrasi | Foto: Efa Butar butar Yuhuuu, mana nih suaranya para pejuang CPNS? Tetap semangat, terus belajar jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua sebelum test CPNS nya ya. Kebetulan, dari sekian ratus ribu peminat CPNS, aku salah satu di dalamnya. Heheh. Aku ambil Kementerian Pertanian dengan jabatan sesuai bidang yang dulu kuambil saat kuliah. Dan sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kementan dalam websitenya, untuk wilayah DKI Jakarta, ujian dilaksanakan di gedung Auditorium Kementerian Pertanian tanggal 11-14 Februari 2020 menyusul lokasi lain yang sudah lebih dahulu melaksanakan ujian. Dan hari ini, Rabu 12 Februari 2020 adalah jadwalku dan ratusan peserta lainnya untuk ujian. Tulisan ini kubuat setelah mengambil tas dan keluar dari ruangan ujian. Dan sebagai peserta yang telah menyelesaikan tanggungjawabnya, lega ya tentu saja. Aku sudah melaksanakan tanggung jawabku untuk melakukan yang terbaik dala

Tak Perlu Dibedah, Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur Tawarkan Cara Singkat untuk Penanganan Penyakit Kardiovaskular

Dokter pemateri dan MC | Foto: Dokumen Pribadi Petang tadi, usai menghadiri sebuah acara dibilangan Alam Sutera, tanpa sengaja aku bertemu dengan seorang Bapak paruh baya. Wajahnya sangat pucat dengan pergerakan sangat lambat. Saat itu kami sedang berada di kereta Commuter Line ke arah stasiun tanah abang. Bedanya, Beliau duduk, sementara saya dan penumpang lain berdiri. Sesaat sebelum turun, seorang Ibu yang berada persis di sisinya menuntun Beliau berdiri. “Tolong dikasih jalan ya Mas, Mba. Maaf, sakit jantung soalnya.” Tanpa perlu diminta, penumpang yang berdiri membentuk lorong kecil untuk Beliau berjalan tanpa halangan. Mungkin Beliau baru mendapatkan perawatan atau mungkin pasang ring jantung. Memang, tiap kali dihadapkan dengan penyakit yang terdengar sangat berbahaya ini, panik, hati-hati, ketakutan, cemas adalah sederet perasaan yang tak bisa dipisahkan. Dan itu wajar karena penderita penyakit jantung konon kapan saja bisa “lewat”. Tidak ada hati yang siap unt