Skip to main content

Kratingdaeng, Dari Anti Hingga Jadi Teman Sehari-hari

Minum Kratingdaeng sebelum olahraga | Foto: Dokpri

Perkenalan yang salah dengan minuman energi

Saat SMA dulu, aku tergabung dalam organisasi Tae Kwon Do, salah satu olahraga bela diri yang tak terlalu banyak peminat di sekolah, tapi cukup menarik perhatianku. Terlihat keren dan akan sangat bermanfaat bagi seorang gadis bertubuh pendek, setidaknya untuk mempertahankan diri sendiri bila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dimanapun, kapanpun.

Setelah 1 tahun penuh latihan, sparing dengan rekan, pelatihku memberi kesempatan untuk mengikuti turnamen antar kota. Tentu, untuk mengikuti turnamen ini saja, ada latihan khusus nonstop selama hampir 5 bulan.

Olahraga ini sepintas terlihat mudah diikuti, faktanya, untuk mengikuti turnamen saja, latihannya sampai selama itu. Jelas, karena setiap kali bertarung, meski maksimal hanya 5 menit per babak, taruhannya nyawa atau sedikitnya babak belur.

Aku menyaksikan langsung bagaimana teman satu timku harus kehilangan dua gigi bagian depannya karena terkena tendangan Dwi Chagi – tendangan belakang - dari tim lawan sebelum akhirnya dia “lempar handuk” – istilah untuk menyerah di arena tarung.

Bagaimana pundak temanku biru lebam karena terkena tendangan Deol Chagi. Aku sendiri harus menikmati rasa lebam di paha sampai lebih dari satu minggu karena Dollyo Chagi yang tak bisa kuhindari.

Orang-orang bilang hanya 5 bulan untuk 5 menit buang-buang waktu, padahal 5 menit itu bisa mengubah banyak hal. Entah tambahan prestasi atau kamu yang kapok dan ngga akan main lagi saking takutnya menghadapi hal yang sama kembali.

Persiapan benar-benar dibutuhkan sebelum turun ke arena lomba. Semakin banyak persiapan, maka semakin siap pula kita bertarung.

Sehari sebelum perlombaan dimulai, setelah melakukan registrasi seluruh peserta yang ikut bertanding, Sabeum (pelatih) mengajak kami latihan. Entah sekedar berlari, stretching, atau latihan ringan.

Tujuannya banyak. Untuk mengingatkan kembali gerakan-gerakan yang telah kami latih sebelumnya, untuk sekedar mengeluarkan keringat, dan mengurangi ketegangan sebelum menghadapi perlombaan.

Sekelompok tim lawan yang berlatih tak jauh dari kami tampak meneguk minuman yang  katanya minuman energi. Khas sekali memang dari warnanya yang berwarna kuning itu.

Pelatihnya marah, mereka diminta untuk segera buang minuman tersebut kemudian dihukum push up. Katanya, minuman energi tidak diperkenankan untuk seorang atlet karena berpotensi membuat ketergantungan. Lanjut lagi, minuman ini juga dituduh sebagai doping yang membuat seorang atlet memiliki stamina berlebih dan menyalahi aturan dalam olahraga.

Aku yang kala itu masih SMA, hanya diam saja sambil manggut-manggut. Seluruh pengalaman yang terjadi dalam tournament kala itu menjadi pengalaman perdana yang kusimpan baik-baik. Termasuk tuduhan tentang minuman berenergi.

Bertahun-tahun jadi atlet, aku sama sekali tak pernah menyentuh minuman tersebut baik dalam kehidupan sehari-hari atau saat berolahraga. Semacam sebuah pantangan. Perkenalan yang salah dengan minuman energi kala itu benar-benar membuat pandangaku buruk tentang produk tersebut.

Pernah anti, kini jadi “teman” sehari-hari

Peribahasa yang menyebutkan tak kenal maka tak sayang itu ternyata betul adanya.

Pernah didoktrin yang salah tentang minuman berenergi rupanya membuatku sempat ngga peduli dengan kehadiran produk ini.

Sampai tahun 2015, atlet Rusia dihukum karena terbukti bersalah atas penyalahgunaan doping. Aku jadi keingat lagi dengan kejadian minuman energi saat turnamen pertamaku. Dan karena penasaran, aku mulai mengulik lebih jauh tentang minuman energi yang katanya ngga boleh untuk atlet itu.

Lalu sejak itu, minuman energi yang aku dulu pernah anti, kini tadi temanku sehari-hari. Mau olahraga, atau bersiap untuk kerja.

Lho, kok bisa?

Mari mengulik fakta tentang minuman berenergi agar tak melulu berburuk sangka. Secara khusus, dalam artikel ini aku akan membahas Kratingdaeng Red Bull yang kupilih untuk tetap hidup aktif dan dinamis setiap hari.

Mengenal Kratingdaeng Red Bull, kandungan nutrisinya

Kratingdaeng Red Bull adalah suplemen kesehatan di kategori minuman berenergi yang mengandung Vitamin B Kompleks, Kafein, dan Taurin. Keunggulan produk Kratingdaeng Red Bull ini yakni membantu meningkatkan konsentrasi dan kesegaran tubuh selama beraktivitas.

Dengan kandungan yang dimiliki, Kratingdaeng Red Bull diakui di seluruh dunia oleh para atlet, profesional yang aktif, mahasiswa/i, sampai traveller yang sedang dalam perjalanan panjang.

Eh, kan katanya minuman berenergi ngga boleh dikonsumsi atlet?

Berikut adalah kandungan nutrisi Kratingdaeng Red Bull secara menyeluruh:

Nutrisi Kratingdaeng Red Bull | Foto: Properti Kratingdaeng

Salah satu kandungan yang ada dalam Kratingdaeng Red Bull adalah kafein. Fungsinya dapat menambah tenaga.

Dulu, kafein pernah masuk dalam daftar doping di olahraga. Namun, sejak tahun 2004 statusnya diubah jadi bahan yang harus dimonitor.

Inget ngga, tiap kali kita ngantuk atau malas beraktivitas bisa berangsur-angsur segar ketika mengonsumsi kopi atau teh? Itu karena kopi dan teh juga mengandung kafein yang memiliki fungsi yang sama dengan kafein pada Kratingdaeng Red Bull. Kalau gitu kopi dan teh masuk kategori doping juga dong?

Heheh, ya ngga. Itulah sebabnya status kafein diubah jadi bahan yang harus dimonitor. Selama atlet mengonsumsinya masih dalam batas wajar, tidak masalah. Karena itu, kafein baru disebut sebagai doping bila kadarnya mencapai 12 mcg dalam 1 mL darah.

Nah, informasi ini disampaikan oleh Dr Michael Triangto, SpKO, dalam jumpa pers World Class Stamina World Class Quality di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Kamis (24/6/2010) dulu. Beliau ini pernah menangani tim bulu tangkis Indonesia pada tahun 1994 – 2001.

Secara garis besar, Beliau juga menyebutkan bahwa suatu zat dikategorikan sebagai doping apabila menyebabkan peningkatan stamina di luar kewajaran. Kafein bisa menghasilkan efek itu, tapi kalau hanya dengan 1-2 gelas kopi atau minuman berenergi, ya ngga cukup.

Fakta menarik kandungan kafein pada Kratingdaeng Red Bull dan pada kopi

Selama ini, minuman energi selalu dikonotasikan dengan hal-hal yang kurang baik. Padahal, bila yang dibahas lagi-lagi kandungan kafeinnya, ada satu fakta yang sangat menarik tentang kandungan kafein pada Kratingdaeng Red Bull dan pada kopi.

Kandungan kafein dalam 1 botol Kratingdaeng Red Bull adalah sebesar 50 Mg, sedangkan dalam satu cangkir kopi tubruk, terdapat terdapat 80 – 150 Mg kafein. Padahal, 12 mcg/mL saja tercapai bila mengonsumsi 6-8 cangkir kopi dalam sekali duduk. Ada yang pernah konsumsi kopi sebanyak ini sekali duduk? Kayaknya ngga mungkin, yaa.

Pun, masih sangat jauh dari batas harian kafein yang dianjurkan yakni 400 mg/hari.

Jadi kok atletnya dulu dimarahin ketika mengonsumsi minuman energi?

Bila alasannya seperti yang disampaikan Sabeum, setelah mendapatkan berbagai informasi seputar minuman energi, tentu salah. Namun aku menarik kesimpulan berbeda setelah memahami seluk beluk minuman energi ini. Bahwa, anak-anak dan remaja memang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi produk ini.

Kami yang saat itu masih berusia 16 tahun memang seharusnya tidak mengonsumsi produk minuman berenergi.

Sabeum melarang tetap untuk tujuan yang terbaik bagi kontingen, hanya saja alasan yang saat itu dilontarkan salah.

Lalu, apa manfaat Kratingdaeng Red Bull?

Jadi, apakah Kratingdaeng Red Bull bermanfaat?

Tentu saja! Dalam setiap nutrisi yang terkandung dalam produk ini, ada banyak manfaat yang berbeda-beda pula. Berikut adalah manfaat minum Kratingdaeng Red Bull:

  • Membantu meningkatkan sistem metabolisme
  • Membantu mengubah Glukosa menjadi energi
  • Membantu meningkatkan konsentrasi dan memori
  • Membantu meningkatkan daya pikir
  • Membantu meningkatkan daya fokus, serta
  • Membantu metabolisme protein dan jaringan otoT

Mengapa Kratingdaeng Red Bull?

Tubuh manusia membutuhkan kalori setiap hari.

Laki-laki dewasa memerlukan 2.500 kalori per hari, sedangkan perempuan dewasa membutuhkan 2.000 kalori per harinya. Itupun masih bisa berbeda tergantung usia, gaya hidup serta ukuran tubuh seseorang.

Tubuh membutuhkan energi untuk terus bergerak aktif. Semakin banyak kegiatan yang kita lakukan, maka semakin tinggi pula jumlah kalori yang kita butuhkan.

Misalnya saja menghadapi kegiatan sehari-hariku saat weekdays.

Dari perjalanan menuju stasiun, antrian masuk commuter line, menghadapi macetnya jalanan ibukota, setumpuk kerjaan yang ngga ada habisnya di kantor, sampai akhirnya kembali lagi ke rumah dengan commuter line. Belum lagi di rumah harus berhadapan dengan deadline tulisan dari side job. atau sekedar nulis untuk tambahan artikel dalam blog.

Terlihat ringan ya untuk dilalui, padahal mahhh, menguras emosi dan butuh energi!

Untuk itu, selain lewat makanan bergizi yang kukonsumsi setiap hari, asupan nutrisiku yang nantinya akan diproses oleh tubuh jadi energi, juga kulengkapi dengan mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull.

Ini penting sekali jadi perhatian karena nutrisi dalam tubuh tidak bisa jadi bahan bercandaan. Asupan nutrisi yang tepat dalam tubuh dapat mempertahankan daya tahan tubuh dan metabolisme yang ada. Selain itu, bila tubuh sampai kekurangan nutrisi, maka tubuh tidak memiliki “bahan” yang bisa diolah jadi energi. Akibatnya ya, tubuh ngga bisa melakukan fungsinya dengan baik.

Tips konsumsi Kratingdaeng Red Bull

Kratingdaeng Red Bull untuk temani hari-hari | Foto: Dokpri

Memang, efek samping Kratingdaeng adalah bisa membantu meningkatkan energi secara instan, tapi tetap ada aturan konsumsi yang harus kita ketahui ya.

Jangan mentang-mentang bisa meningkatkan energi, jadi serta merta kamu ngga makan makanan bergizi dan malah minum produk ituuuuuu aja sepanjang hari. Ya salah! Heheh.

Kita semua tahu bahwa segala sesuatu yang berlebih tentu salah. Wong minum air putih terlalu banyak aja bahaya kok, karena bisa memicu terjadinya keracunan air atau overhidrasi.

Sama. Kratingdaeng Red Bull juga memiliki aturan minum yang tepat agar aman bagi tubuh.

Nah, menurut dr. Devia Irine Putri, berikut adalah tips konsumsi Kratingdaeng Red Bull yang benar:

  • Pastikan mengonsumsi minuman energi tidak lebih dari 16 ons (473 ml) per hari. Karena berat bersih Kratingdaeng Red Bull hanya 150 ml per botol, anjuran konsumsi hariannya maksimal 3 botol ya. 3 botol lho yaa, jangan lebih!
  • Sebelum mengonsumsi minuman energi, pastikan memperhatikan label gizi yang ada di produk dan ikuti petunjuk penggunaannya. Cek pula apakah produk sudah memiliki nomor BPOM dan SNI serta petunjuk yang menyebutkan apakah produk tersebut sudah lulus uji sebagai produk aman konsumsi atau belum. Label gizi ini bisa kamu temukan di botol Kratingdaeng Red Bull
  • Karena mengandung gula tambahan, pastikan Anda tidak mencampur minuman energi dengan minuman atau bahan tambahan lain yang memiliki kadar gula tinggi. Eits, tenang aja, Kratingdaeng Red Bull tanpa pemanis buatan kok. Ngga usah campur-campur lagi ke bahan lain, langsung teguk, manis dan nikmatnya udah berasa. Apalagi kalau dikonsumsi dingin-dingin.
  • Pastikan setelah minum minuman energi dan beraktivitas berat, kamu mendapatkan istirahat yang cukup, olahraga rutin, minum cukup dan makan makanan bergizi. Sama dengan yang aku sampein kan? Jangan bablas konsumsinya malah si Kratingdaeng Red Bull aja tapi ngga makan apa-apa. Hiks.
  • Untuk hasil yang optimal, minum Kratingdaeng Red Bull satu jam sebelum beraktivitas

Penutup

Sebelum menutup artikel ini, aku juga akan bantu luruskan konotasi yang kurang baik tentang efek samping minuman energi.

Kratingdaeng Red Bull memang memiliki banyak manfaatProduk ini juga jadi andalanku untuk lebih cepat melek dan kembali segar saat lagi capek-capeknya bekerja.

Tapi apakah Kratingdaeng Red Bull bahaya?

Sebelum menilai, pertama, kita harus tahu dulu product knowledge Kratingdaeng Red Bull ini. Dan yang kedua, kembali lagi tentang batasan konsumsi. Menurutku, setiap produk pangan akan berbahaya bagi semua orang bila dikonsumsi secara berlebihan. Semakin bijak kita mengonsumsi produk ini, maka semakin banyak manfaat yang kita dapat.

Setelah ini, semoga semakin banyak pembaca yang tercerahkan tentang minuman berenergi yaa. Kratingdaeng Red Bull dan minuman berenergi lain boleh dan aman kok dikonsumsi tapi harus tetap ada batasannya.

Dann, buat kamu yang ingin menikmati kesegaran Kratingdaeng Red Bull untuk tetap hidup aktif dan dinamis setiap hari, Kratingdaeng Red Bull tersedia dalam kemasan botol biru, Kratingdaeng Super di botol gold, dan kemasan kaleng.

Kamu juga bisa dapetin produk ini dengan mudah di Minimarket, Supermarket dan E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.

 

Sumber-sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3653568/konsumsi-energy-drink-untuk-bantu-hidup-aktif-dan-dinamis

https://www.kratingdaeng.co.id/category/media/

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1385623/kapan-minuman-berenergi-dikategorikan-doping

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/apakah-minum-terlalu-banyak-air-bisa-berbahaya/

Comments

  1. Kalau aku pas masih SMP - SMK ikut ekstrakulikuler PRAMUKA karena wajib ikut.

    Ternyata banyak juga ya manfaat minum KRATINGDAENG. Aku belum pernah minum KRATINGDAENG nih, kak. Tapi kakakku lumayan sering minum KRATINGDAENG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain minum Ka, satu jam sebelum beraktivitas. Tapi jangan minum sampe berlebihan yaaa :)

      Delete
  2. aku punya pengalaman yang hampir mirip mba tentang minuman berenergi dan efeknya terhadap penggunaan, namun semakin mengerti terutama setelah membaca product knowledge-nya juga dan benar yah mba sebenarnya minuman apapun bila dikonsumsi secara berlebihan tidak ada manfaatnya bahkan air putih sekalipun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya kannn. Kasian produknya sebenernya banyak manfaat tapi karena banyak yang ga paham jadi pada ngindarin produk itu.

      Delete
    2. bener mba, bisa juga karena suges dari pengalaman orang2 sekitar kita yg terlebih dahulu mengkonsumsi lalu berbagi cerita dan membuat produk kratingdaeng terlihat kurang manfaatnya

      Delete
  3. Dulu aku sangka kratingdeng itu minuman buat cowok aja tapi sekarang baru tahu bisa buat cw juga ya. Ternyata Kratingdaeng Red Bull ini banyak nutrisinya ya mba. Cocok berarti buat kita beraktivitas seharian. Biar semangat dan tetap seger ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaaa. Ternyata cewe cowo bisa. Diminum satu jam sebelum beraktivitas tapi jangan sampai berlebihan

      Delete
  4. Menurutku cewek keren banget nih kalau bisa menguasai salah satu beladiri. Padahal dibalek itu harus lebam-lebam dulu ya, hehehe.. Ngomong-ngomong aku juga dulu berpikiran kalo konsumsi minuman ini bakal ketergantungan dan bikin doping. Makanya blm pernah sih minum ginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoohhh, keren sih. Tapi lebam-lebam dulu. Hahaha. Yeayy, semoga artikelnya bisa meluruskan pemahaman yang salah selama ini ya, Mba 🙏

      Delete
  5. Tak kenal maka tak sayang,ah pas-lah itu dek. Ini kakak dapat pencerahan loh dari tulisanmu tentang Kratingdaeng, semula ya memang anti ya. Kebetulan memang tidak suka minuman instant. Tetapi menarik dari review ini adalah menambah energi, jujur ini dibutuhkan ya. Karena energi sering terkuras kalau terlalu sibuk. But btw memang ada ya yang nambah Kratingdaeng dengan gula lagi? rasanya kaya apa tuh,manis banget dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, puji Tuhan, Ka Dennise.

      Ada aja kali ya Ka, yang campurin. Ngga kebayang manisnya

      Delete
  6. Keren lho kak bisa ikutan Tae Kwon Do gitu. Aku dulu pernah ikut dan langsung kapok gak berani latihan lagi gegara kena tendang. Haha..
    By the way aku baru tahu fakta minuman krating daeng ini. Terimakasih pencerahannya. 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh, ada temennya. Dulu aku makin kena tendang, makin dateng buat latihan biar ngga kena tendang terus kalau sparing. Hahaha.

      Yeayy, seneng deh kalau artikelnya bergunaa 😍

      Delete
    2. Wah iya juga ya... Harusnya aku dulu juga gitu, gak boleh kapok. Jadinya gini nih. Huhu
      Ntar deh suatu saat klo latihan lagi aku minum kratingdaeng dulu biar makin berani, soalnya udah lebih berenergi haha.. Makin pede nih klo dah minum kratingdaeng yak

      Delete
  7. Pantes aja kakak Efa badan nya bugar terus, ternyata ikutan Tae Kwon do ya, mengenal minuman kratingdaeng dari suami aku, dia suka minum kalo badan-nya pegal, habis minum kratingdaeng jadi bugar kembali sehingga bisa aktivitas kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bugarnya dulu Bu, 13Kg yang lalu. Hahahah. Sekarang udah jarang latihan.

      Hooh bener-bener, Kratingdaeng emang bikin stamina dateng lagi, kerja lebih semangat lagi.

      Delete
  8. Waah baru tau soal minuman krating daeng ini, ternyata yang selama ini aku dengar belum teruji kebenarannya. Makasih banyak mb informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayyy, seneng deh kalau artikelnya bermanfaat. Sama2 mba

      Delete
  9. Kadang saya juga suka minum kratingdaeng dulu sebelum olahraga... Enak dan segar... Tapi seringnya sih lupa, heuheu... Padahal selalu nyetok di kulkas...

    ReplyDelete
  10. Jadi tau nih mbak, kafein sebagai doping itu seberapa. Untuk pemula, minum Kratingdaeng cukup sebotol aja kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, ada ukurannya disebut doping berapa. Tapi orang ngiranya selama ini Kratingdaeng doping aja tanpa paham ke takaran itu. Kasihan produknya.

      Delete
  11. Wah, aku juga anti minum minumna bernergi seperti kratingdeng. Katanya gak bagus. Ternyata salah ya, Mba. Walau mengandung kafein tapi masih dibatas wajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, bener mba. Konsumsi dibatas wajar. Segala sesuatu yang berlebihan kan memang salah. Hehe

      Delete
  12. Dulu juga suka penasaran sama Kratingdaeng ini, soalnya nggak boleh minum, katanya anak kecil nggak boleh. Pas udah gede nyobain karena penasaran, apalagi waktu itu harus begadang ngerjain project kantor, dan memang bikin ngantuk seketika hilang dan lebih semangat juga. Rasanya juga enak!

    ReplyDelete
  13. Setuju banget dengan pernyataan sebelum mendakwa lebih baik mencari faktanya dulu. Iya stigma negatif bisa diklarifikasi dengan penjelasan yang sangat details.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Ibu. Semoga artikel di atas bisa meluruskan pemahaman orang-orang yang salah selama ini terhadap produk Kratingdaeng nya

      Delete
  14. Ternyata banyak manfaat nya, dulu saya berhenti minum karena isue ini itu
    Mau minum lagi ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, semoga tercerahkan dengan artikel ini ya Ambu.

      Delete
  15. memang sebaiknya kalau mau mengonsumsi sesuatu membaca dulu deskripsi produk, terutama bagian kandungan nutrisi dan komposisi yaa mba, agar kita tahu kecocokan produk dengan kebutuhan tubuh

    ReplyDelete
  16. Ternyata banyak ya manfaatnya , merasa berdosa sekali saya yang selalu berfikir minum minuman begini ga bagus ternyata salah besar . huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kandungan manfaatnya yang bagus buat tubuh ya kak.
      Jadinya lebih berenergi dan konsentrasi saat beraktivitas

      Delete
  17. Bila memang diperlukan, nggak ada salahnya minum minuman berenergi ya mbak
    Asalkan sesuai petunjuk konsumsi

    ReplyDelete
  18. Andalan banget di saat membutuhkan energi yang mantap untuk melakukan aktivitas tinggi baik fisik maupun konsentrasi.
    Kratingdaeng Red Bull bikin bandan seger sepanjang hari.

    ReplyDelete
  19. kombinasi kandungan Vitamin B Kompleks, Kafein, dan Taurin bisa jadi dopping energi dan semangat pas olahraga nih ya kka, berasa lebih seger juga

    ReplyDelete
  20. Malah dari kecil sudah disuguhi terus dengan Kratingdaeng, karena paman kerja di sana. Tapi nggak sampe beberapa botol sih, paling satu saja. Itu pun kalau dibutuhkan, nggak rutin setiap hari.

    ReplyDelete
  21. sekian lama ya orang salah kaprah dengan minuman berenergi, padahal Kratingdaeng Red Bull ini punya banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan kita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayapun demikian, dan berubah setelah baca tulisan Mbak Efa

      karena itu sewaktu ke minimarket saya beli

      Delete
  22. Kratingdaeng Red Bull ini ... apakah ada batasan usia bagi pengonsumsinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ada sih mba.. baiknya untuk usia produktif aja kali yaa dan tentunya sambil cek riwayat kesehatan juga barangkali ada alergi bahan2 tertentu

      Delete
  23. O...o...o...ternyata Kratingdaeng Red Bull ini manfaatnya buanyak ya. Meningkatkan metabolisme dan daya pikir. Nih penting banget Fa.Rasanya kakak harus menjadikan sahabat nih dalam beraktivitas, supaya stamina tetap ok ya

    ReplyDelete
  24. KratingDaeng Red Bull pas banget kita minum saat tubuh lagi letih supaya stamina terus terjaga dan pastinya semangat akan selalu ada untuk berolahraga

    ReplyDelete
  25. ternyata, banyak manfaatnya ya kratingdaeng ini, jujur aja belum pernah sih nyobain sama sekali, hehe.. kayanya kudu nyobain deh

    ReplyDelete
  26. Iya ya...atlet-atlet tuh gak boleh ya minum minuman energi karena berpotensi jadi kayak doping. Tapi mungkin harus lebih hati-hati memilih jenis minuman energi yang berbahan alami seperti Kratingdaeng ini yang aman dikonsumsi.

    ReplyDelete
  27. Setuju banget dong dengan peribahasa "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Ternyata ada tips-tips minum KRATINGDAENG ini ya, Mbak. Terima kasih infonya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  28. jadi inget kalau setiap perjalanan jauh papa dan kakakku selalu sedia kratindaeng biar kuat diperjalanan. aku juga pernah nyicip waktu kecil dan rasanya enak...

    ReplyDelete
  29. Kratingdaeng benar-benar minuman yg berenergi. Aku sih biasa konsumsi habis olahraga dan benar segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau habis olahraga daku belum coba.
      Pernahnya konsumsi jelang² jam rawan pas kerja haha

      Delete
  30. keren nih kakak ternyata atlet takwondo. buka les taekwondo untuk anak dong kak, kalau kita satu kota aku bisa nitip ankku nih belajar taekwondo bareng kakak, hehehe. btw aku juga pernah nyinyir sama minuman berenergi karena banyak hoax yang berkata minuman itu buruk. tapi ternyata gak juga ya. yang salah itu kalau diminum berlebihan ya. apapun juga kalo berlebihan ya gak baik.

    ReplyDelete
  31. Waktu sebelum menikah saya pun tidak pernah minum minuman seperti Kratingdaeng ini. Tapi setelah menikah, sering ikut mendaki gunung, minuman seperti Kratingdaeng ini malah jadi bekal wajib hehehe...

    ReplyDelete
  32. Aku jadi tahu nih Kratingdaeng sudah boleh dikonsumsi atlet, tapi harus diawasi ya.. Terlalu banyak juga kan ga bagus yah. Keren deh kakak bisa jadi atlet taekwondo

    ReplyDelete
  33. Jika diminum sesuai anjuran pasti manfaat dari kratingdaeng semakin terasa ya kak...

    ReplyDelete
  34. ternyata masih lebih besar kafein di kopi ya mba daripada di kratingdaeng, suami nih suka minum ini kalau lagi capek pulang kerja

    ReplyDelete
  35. Sekarang saya jadi paham tentang doping nih, Mbak. Ternyata minuman Kratideng punya manfaat juga, btw ikut bela diri kayak tae kwon do gitu kayaknya seru juga nih.

    ReplyDelete
  36. Mbak Efa ternyata atlet taekwondo, toh? Wahh mantep, ya mbak. Saya ngebayangin latihannya aja loh mbak nggak berani, hehe.

    Btw kalau saya memang nggak suka minuman berenergi sih mbak, karena khawatir bermasalah dengan ginjal.
    Tapi ulasan mbak ada benarnya, jika terbiasa mengkonsumsi ada baiknya tetap dibatasi. Karena makanan atau minuman apapun akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

    ReplyDelete
  37. Jadi bikin mood booster berolahraga ya si Kratindaeng ini Dek.
    Kan lihat kamu berolahraga aku jadi ingat berolahraga terkahir kapan ya.

    ReplyDelete
  38. Dewi enggak ngira banget bisa benar-benar bisa jadi teman sehari hari. Ternyata aman juga ya dikonsumsi, Dewi juga sebelumnya juga anti skrg jadi lebih paham kandungannya.

    ReplyDelete
  39. Kalau lihat bahan dan manfaatnya, aku jadi pengen konsumsi pas malam biar nggak ngantuk pas kerja. Soalnya kerjaa nulis ni selain butuh mata yang nggak ngantuk, juga butuh konsentrasi. Gegara baca ini, jadi ngerti deh kalau Kratingdaeng ternyata nggak sekeras seperti minuman doping yang dulu sering diomongin. Ternyata mitos banget ya!

    ReplyDelete
  40. KLO tahu cara pemakaiannya dan membaca bahan bahannya, minuman berenergi juga bisa jadi teman sehari hari ya mbak

    ReplyDelete
  41. Adik laki-lakiku suka juga minum ini sejak SMP, aku pribadi enggak minum Kratingdaeng, mungkin benar, karna aku belum mengenalnya eh lebih tepatnya belum mencicipnya.

    Setelah membaca tulisan ini, ada keinginan untuk mencoba aku.

    ReplyDelete
  42. Wah ternyata banyak juga ya kandungan baik Kratingdaeng Red Bull untuk jaga kesehatan tubuh terutama membantu agar tetap fokus dan konsentrasi, meskipun pemakaiannya harus sesuai anjuran yang tertera pada kemasan.

    ReplyDelete
  43. Aku malah dulu dikenalin sama para ortu tuh kalau kratingdaeng itu cuma buat orangtua aja. Makanya sama anti juga minuman itu padahal kalau liat mereka minum aduh ngeces banget, ter-glek2. Dan kandungannya ternyata bagus banget ya untuk energi dalam tubuh

    ReplyDelete
  44. Kalau butuh tambahan tenaga, kratingdaeng ini bisa jadi piilhan. Apalagiini aman juga untuk dikonsumsi ya mba. Kandungan gulanya juga kalau dibaca ya masih aman

    ReplyDelete
  45. KLO belum tahu khasiatnya, memang banyak orang yg anti dgn minuman berenergi ya mbak
    Tapi setelah tahu, ya akhirnya jadi teman sehari-hari deh

    ReplyDelete
  46. Sehat sekali mba efa. Rajin olahraga dan minum minuman berenergi yaa.. Minuman ini tuh meleganda bgt di tmptku, bnyk yg pake jg bapak2 tapu

    ReplyDelete
  47. Toss
    Aku juga pernah anti karena takut efeknya kemana mana
    Ternyata setelah dikonsumsi baru deh ngerasain manfaatnya
    Asal sesuai aturan...

    ReplyDelete
  48. Minum kratindeng terasa khasiatnya langsung berenergi gitu

    ReplyDelete
  49. Ternyata ada cafeinnya juga ya, pernah sih waktu itu nyoba punya paman, emang langsung nyesss sih pas aku minum waktu itu

    ReplyDelete
  50. Suamiku kalau lagi banyak kerjaan, suka minum ini. Jadi tetap berenergi ngurusin kerjaan.

    ReplyDelete
  51. Para atlet perjuangannya luar biasa ya mbak, latihan sekian lama untuk pertandingan yang terbilang singkat. Keren banget sih selain melatih fisik, kesabaran dan konsistennya juga diuji ya.

    ReplyDelete
  52. Dulu kalau minum minuman berenergi semacam Kratingdaeng ini pas sebelum tanding beladiri setelahnya aku ngerasa nyesel banget karena berpikiran yang sama kalau ini doping mba. Alhamdulillah ya, ternyata enggak masuk kategori. Bisa nih kapan-kapan kalau lagi lemes banget minum Kratingdaeng

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Cerita 4 Hari 3 Malam di Hotel Aryaduta Tugu Tani.

Masih berbicara tentang Vlog dan Blog Competition yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Januari 2020 lalu. Puncak acara ini adalah BI Netifest 2020 yang diadakan di museum Bank Indonesia sekaligus pengumuman pemenang dari seluruh kategori. Cerita selengkapnya tentang keseruan keberlangsungan acara tersebut bisa kamu baca di sini:  5 Alasan Penting Mengapa Harus Ikutan Vlog dan BlogCompetition Bank Indonesia. Jika tahun 2019 lalu tempat yang disediakan oleh Bank Indonesia bagi seluruh finalis terpilihnya adalah Hotel Grand Mercure Gajah Mada, maka tahun ini Bank   Indonesia memfasilitasi Hotel Aryaduta Tugu Tani untuk tempat penginapan selama acara, salah satu hotel berbintang 5 di Jakarta. Selama 4 hari 3 malam berada di hotel ini, masing-masing punya cerita sendiri. Termasuk aku.Masing-masing punya cerita mulai dari teman baru, view kamar, pengalaman yang di dapat, fasilitas yang ditawarkan oleh hotel, hingga hal-hal menarik apa saja yang dapat dilakukan di

Serunya Mengikuti Test CPNS di Kementerian Pertanian

Di ruang tunggu sebelum memasuki area registrasi | Foto: Efa Butar butar Yuhuuu, mana nih suaranya para pejuang CPNS? Tetap semangat, terus belajar jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua sebelum test CPNS nya ya. Kebetulan, dari sekian ratus ribu peminat CPNS, aku salah satu di dalamnya. Heheh. Aku ambil Kementerian Pertanian dengan jabatan sesuai bidang yang dulu kuambil saat kuliah. Dan sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kementan dalam websitenya, untuk wilayah DKI Jakarta, ujian dilaksanakan di gedung Auditorium Kementerian Pertanian tanggal 11-14 Februari 2020 menyusul lokasi lain yang sudah lebih dahulu melaksanakan ujian. Dan hari ini, Rabu 12 Februari 2020 adalah jadwalku dan ratusan peserta lainnya untuk ujian. Tulisan ini kubuat setelah mengambil tas dan keluar dari ruangan ujian. Dan sebagai peserta yang telah menyelesaikan tanggungjawabnya, lega ya tentu saja. Aku sudah melaksanakan tanggung jawabku untuk melakukan yang terbaik dala

Tak Perlu Dibedah, Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur Tawarkan Cara Singkat untuk Penanganan Penyakit Kardiovaskular

Dokter pemateri dan MC | Foto: Dokumen Pribadi Petang tadi, usai menghadiri sebuah acara dibilangan Alam Sutera, tanpa sengaja aku bertemu dengan seorang Bapak paruh baya. Wajahnya sangat pucat dengan pergerakan sangat lambat. Saat itu kami sedang berada di kereta Commuter Line ke arah stasiun tanah abang. Bedanya, Beliau duduk, sementara saya dan penumpang lain berdiri. Sesaat sebelum turun, seorang Ibu yang berada persis di sisinya menuntun Beliau berdiri. “Tolong dikasih jalan ya Mas, Mba. Maaf, sakit jantung soalnya.” Tanpa perlu diminta, penumpang yang berdiri membentuk lorong kecil untuk Beliau berjalan tanpa halangan. Mungkin Beliau baru mendapatkan perawatan atau mungkin pasang ring jantung. Memang, tiap kali dihadapkan dengan penyakit yang terdengar sangat berbahaya ini, panik, hati-hati, ketakutan, cemas adalah sederet perasaan yang tak bisa dipisahkan. Dan itu wajar karena penderita penyakit jantung konon kapan saja bisa “lewat”. Tidak ada hati yang siap unt