Skip to main content

Bingung Pilih Laptop atau PC buat kerja? Cobain HP!

Olah gambar: anabutarbutar.com

Sejalan dengan kondisi yang masih mengkhawatirkan, beberapa perusahaan terus menerapkan work from home (WFH) untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Memang sih, kerja dari rumah bikin kita lebih aman dan terhindar dari penularan virus corona, namun, ternyata ada satu yang jadi bahan pikiran. Gadget!

Bagaimana bisa kerja kalau fasilitas penunjang kerja yang utama aja ngga ada?

Biasanya kalau kerja di kantor, mostly sih karyawan pada pakai PC ya. Beberapa karyawan pakai laptop juga. Tapi kalau lagi WFH begini, masa PC nya dibawa ke rumah karyawan? Kan ngga mungkin.

Tapi kalau mau beliin setiap karyawan satu laptop dalam kondisi yang keuangan juga lagi susah-susahnya untuk naik kembali, kasihan juga perusahaannya.

Kalau karyawan dapat fasilitas berupa laptop dari kantor sih, tentu kerjaan juga terbantu. Tapiii, kalau ngga dapet, gimana? Iya kalau sebelumnya sudah punya laptop pribadi, kalau belum? Mau ngga mau ya memang harus beli dan sediain sendiri ya.

Jangan merasa terpaksa, memiliki gadget pribadi juga banyak manfaatnya.

Bagi kamu yang punya budget dan belum punya laptop atau PC pribadi, sebetulnya memiliki gadget ini bermanfaat sekali, lho.

Kamu bisa lebih eksplore dalam berkarya dan mencoba hal-hal baru di dunia digital yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan.

Dunia digital, bila dilakukan pada tempatnya dan dimanfaatkan secara maksimal, banyak keuntungannya. Dari jaringan yang kian luas, hingga cuan yang tak terbatas. Jadi blogger misalnya, design graphic, voice over. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan tambahan uang.

Maksud aku, jangan sampai WFH yang bikin kamu harus beli laptop sendiri bikin kamu ngerasa sayang dan buang-buang uang. Engga kok. Sama sekali engga. Buanyak banget nanti manfaatnya.

Kalau kamu udah bisa berdamai dengan alasan beli laptop atau PC tanpa merasa terpaksa, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, better pakai laptop atau PC sih sebenarnya?

Pilih laptop? Atau PC ya?

Laptop dan PC memang punya fungsi yang sama. Ada beberapa pertimbangan sih sebetulnya pilih laptop atau PC ini. Aku bantu jabarkan ya:

PC

Oke, kita bahas dari sisi posifitnya dulu.

Dari segi harga, personal computer (PC) ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau karena kamu bisa pilih komponen secara manual seperti CPU, SSD, Motherboard, RAM sampai GPU. Selain itu, saat gaming, rendering di waktu yang bersamaan, ngga akan ngaruh ke tab lain yang sedang kamu buka.

Tapii, PC ini ngga praktis dan hanya bisa di satu tempat saja. Ya bisa sih sebenernya dimana aja, cuma kamu kudu rakit-rakit kabel lagi di tempat pindahan yang barunya. Kamu ngga bisa bawa PC ke tempat-tempat yang akan kamu kunjungin. Ujung-ujungnya, ya kamu cuma bisa kerja kalau lagi di rumah aja. Kecuali kalau PC memang mau digunakan oleh seluruh anggota keluarga yang di rumah juga ya. Itu kenapa, PC ini banyak digunakan di perusahaan.

Belum lagi, tiap kali ingin dioperasikan, kamu harus stand by listrik selama dipakai. Saat lagi kerja, jangan lupa semua kerjaan langsung disetauto save” biar kerjaan otomatis tersimpan. Ini penting kamu lakukan mengingat listrik suka padam tanpa pemberitahuan.

Tapii, kalau emang kamu mutusin beli PC, coba pertimbangin PC HP280 PRO G5 SFF - 220D3PA ini, deh.

Intel Core i3 dengan memory HDD 1TB dan RAM 4GB ini sangat membantu kamu khusus buat kerja atau pekerjaan ringan. Tapi kalau buat produksi video-video animasi atau 3D, ini bukan rekomendasi yang tepat yaa. Better beli kelas di atasnya.

Di bagian depan PC terdapat 3-in-1 SD card reader, ada 1 headphone/microphone combo,4 USB 3.1. Sudah tersedia bluetooth 4.2 WW juga, dapet USB wired keyboard and mouse. Daya 180 watt, dan yang paling penting sih garansi 3 tahun di tempat.

Kayak yang aku bilang sebelumnya, karena Core i3 ini ngga bisa dibawa kerja berat, kalau memang sejak awal PC akan digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti gaming atau belajar produksi video atau jadi youtuber, kamu bisa lho, pertimbangin HP 200 G4.

Kalau type yang ini emang sedikit pricy. Sekitar IDR 13jt an, tapi worth to buy sih. Selain dia udah Core i5, RAM juga lebih tinggi yakni 8Gb, penyimpanan sama-sama 1Tb, dan yang jelas, kamu bakal bebas eksplore hal-hal baru di dunia digital yang kamu pelajarin. 

Oh, satu lagi. PC ini juga siap diinstal Windows 11, lho!

Laptop

Laptop beda lagi. Gadget yang ini jauh lebih praktis, bantu kamu juga lebih produktif karena bisa kerja kapanpun dan dimanapun. Selain itu, dengan baterainya, kamu juga ngga perlu khawatir listrik padam saat bekerja karena laptop akan tetap berfungsi selama baterainya masih ada. Kelemahan laptop ya itu, harganya relatif mahal.

Salah satu jenis laptop kantoran yang bisa kamu pertimbangkan adalah HP 240 G8.

Laptop HP 240 G8 ini harganya cukup terjangkau, tapi dibekali spesifikasi yang cukup oke untuk ukuran kelasnya.

Desainnya simpel dengan ukuran layar 14 inch. Sudah HD juga atau 1366 kali 768 pixsel dengan narrow bezel  atau bingkai yang terdapat di bagian samping layar laptop. Selanjutnya LCD laptop ini juga sudah difasilitasi teknologi anti glare atau anti silau, sehingga kalaupun saat kerja kamu kena cahaya yang terang banget, atau kerja di bawah sinar matahari, kamu masih bisa lihat tampilan kerjaan di layar dengan sangat jelas.

Touchpad nya punya sensitifitas yang cukup tinggi, jadi kita juga terbantu kerja lebih mudah lagi. Touchpad ini juga berfungsi untuk  zoom layar sampai scroll link. Multifungsi ya?!

Ah ya, ada lagi dan ini yang paling penting sih menurutku. Bobot atau berat laptop cuma 1,47 Kg. Tergolong ringan bila ingin dibawa bepergian.

Laptop ini dilengkapi prossesor Intel Core i3 dual Core generasi icelike atau Intel Core generasi ke 10. Kecepatan standardnya 1,2 GHz dan turbo bosnya bisa mencapai 3,4 Ghz.

Selanjutnya kita bahas kapasitas simpan HP 240 G8 ini. RAM laptop ini berkapasitas 4Gb yang masih bisa diupgrade hingga 32Gb. Sedangkan memori internalnya berkapasitas 256 Gb. Kamu juga masih bisa menambahkan kartu SD untuk menambah memori.

Fitur lainnya adalah speaker stereo dan michrophone digital yang terintegrasi, sedangkan kameranya yang terdapat di bagian atas LCD sudah memiliki resolusi 720p atau HD. Kamera ini juga akan sangat membantumu saat harus menghadiri zoom meeting atau sekedar swafoto saat butuh mengisi data online yang membutuhkan foto terbaru.

Di samping body laptop, masih ada port untuk dua USB type A, 1 USB type C, registered jack hp dan microphone.

Baterainya jenis baterai tanam HP Long life 3-cell yang bisa bertahan 41 wh Li-ion. Laptop ini juga juga didukung bluetooth ip5 untuk berbagai file tanpa harus pakai kabel data USB. Dan yang paling penting, laptop yang sangat mudah dikoneksikan ke jaringan internet ini juga diberi garansi selama 1 tahun oleh HP.

Itu dia perbedaan laptop dan PC yang bisa kamu gunakan untuk bekerja. Yang jelas, entah itu laptop entah itu PC, pakainya, HP yang bisa kamu beli di Meora Prima Solusindo aja!

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Cerita 4 Hari 3 Malam di Hotel Aryaduta Tugu Tani.

Masih berbicara tentang Vlog dan Blog Competition yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Januari 2020 lalu. Puncak acara ini adalah BI Netifest 2020 yang diadakan di museum Bank Indonesia sekaligus pengumuman pemenang dari seluruh kategori. Cerita selengkapnya tentang keseruan keberlangsungan acara tersebut bisa kamu baca di sini:  5 Alasan Penting Mengapa Harus Ikutan Vlog dan BlogCompetition Bank Indonesia. Jika tahun 2019 lalu tempat yang disediakan oleh Bank Indonesia bagi seluruh finalis terpilihnya adalah Hotel Grand Mercure Gajah Mada, maka tahun ini Bank   Indonesia memfasilitasi Hotel Aryaduta Tugu Tani untuk tempat penginapan selama acara, salah satu hotel berbintang 5 di Jakarta. Selama 4 hari 3 malam berada di hotel ini, masing-masing punya cerita sendiri. Termasuk aku.Masing-masing punya cerita mulai dari teman baru, view kamar, pengalaman yang di dapat, fasilitas yang ditawarkan oleh hotel, hingga hal-hal menarik apa saja yang dapat dilakukan di

Serunya Mengikuti Test CPNS di Kementerian Pertanian

Di ruang tunggu sebelum memasuki area registrasi | Foto: Efa Butar butar Yuhuuu, mana nih suaranya para pejuang CPNS? Tetap semangat, terus belajar jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua sebelum test CPNS nya ya. Kebetulan, dari sekian ratus ribu peminat CPNS, aku salah satu di dalamnya. Heheh. Aku ambil Kementerian Pertanian dengan jabatan sesuai bidang yang dulu kuambil saat kuliah. Dan sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kementan dalam websitenya, untuk wilayah DKI Jakarta, ujian dilaksanakan di gedung Auditorium Kementerian Pertanian tanggal 11-14 Februari 2020 menyusul lokasi lain yang sudah lebih dahulu melaksanakan ujian. Dan hari ini, Rabu 12 Februari 2020 adalah jadwalku dan ratusan peserta lainnya untuk ujian. Tulisan ini kubuat setelah mengambil tas dan keluar dari ruangan ujian. Dan sebagai peserta yang telah menyelesaikan tanggungjawabnya, lega ya tentu saja. Aku sudah melaksanakan tanggung jawabku untuk melakukan yang terbaik dala

Tak Perlu Dibedah, Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur Tawarkan Cara Singkat untuk Penanganan Penyakit Kardiovaskular

Dokter pemateri dan MC | Foto: Dokumen Pribadi Petang tadi, usai menghadiri sebuah acara dibilangan Alam Sutera, tanpa sengaja aku bertemu dengan seorang Bapak paruh baya. Wajahnya sangat pucat dengan pergerakan sangat lambat. Saat itu kami sedang berada di kereta Commuter Line ke arah stasiun tanah abang. Bedanya, Beliau duduk, sementara saya dan penumpang lain berdiri. Sesaat sebelum turun, seorang Ibu yang berada persis di sisinya menuntun Beliau berdiri. “Tolong dikasih jalan ya Mas, Mba. Maaf, sakit jantung soalnya.” Tanpa perlu diminta, penumpang yang berdiri membentuk lorong kecil untuk Beliau berjalan tanpa halangan. Mungkin Beliau baru mendapatkan perawatan atau mungkin pasang ring jantung. Memang, tiap kali dihadapkan dengan penyakit yang terdengar sangat berbahaya ini, panik, hati-hati, ketakutan, cemas adalah sederet perasaan yang tak bisa dipisahkan. Dan itu wajar karena penderita penyakit jantung konon kapan saja bisa “lewat”. Tidak ada hati yang siap unt