8 Keunggulan Belanja Di Zalora Indonesia

Ilustrasi Zalora | Sumber foto: Tangkap layar beranda Zalora Indonesia

Ada yang suka belanja di Zalora?

Aaaaa... Kita sama! Buatku, selain marketplace, Zalora juga jadi tempat cari inspirasi pakaian sehari-hari baik untuk hangout bareng teman, atau untuk pakaian ngantor Senin-Jumat.

Biar lebih seru, yuk, racunin pembaca lain biar pada tahu betapa serunya belanja di aplikasi yang logonya didominasi putih hitam ini.

Pernah ngga sih ngeliat produk di market place yang harganya murah banget, tapi fotonya terlihat cakeppppp banget. Eh, pas dateng, produknya jelek ngga karu-karuan.

Kecewa, marah, kesel, kapok kan ya? Mau balikin lagi, si seller ngga mau nerima. Ngga dibalikin, produknya ngga bisa dipakai. Kalau dipakaipun bikin percaya diri malah turun.

Well, ngga semua marketplace memang menyediakan fitur chat yang memungkinkan pengguna aplikasi bisa berkomunikasi langsung dengan penjual. Salah satunya si Zalora ini.

Lho, jadi gimana dong kalau mau tau size yang kita butuh masih ready atau ngga?

Nah, udah mulai penasaran kan? Yuk, mulai bahas keunggulan belanja di Zalora Indonesia

1. Update produk

Untuk menjawab pertanyaan tentang size yang kamu butuhkan tersedia atau ngga, cukup lihat di pilihan ukuran. Zalora umumnya pakai ukuran UK, US, EU, dan Internasional. Tapi tenang aja, tetap ada ukuran dalam CM nya juga. Jadi kamu ngga perlu bingung mau pilih ukuran berdasarkan penomoran UK, US, EU atau internasional. Cukup ketahui ukuran kaki atau lingkar badanmu dalam cm, voila! Kamu tahu deh mau ambil ukuran yang mana.

Beberapa kali belanja di Zalora Indonesia, ketika produk yang aku pesan habis, produknya ngga akan bisa diklik lagi. Sementara kalau masih tersedia, foto produk yang baru saja kita pesan akan mengarah ke halaman produk. Jadi update produk di marketplace yang satu ini emang cepat dan aktual.

Kamu juga bisa lihat berapa jumlah stock produk per ukuran yang ingin kamu beli.

2. Original

Pernah dengar istilah ada harga ada rupa?

Ini juga berlaku di Zalora. Perdana “masuk” ke marketplace ini dari marketplace lain yang nawarin harga sepatu Nike cuma IDR 200K, agak shock memang. Wkwkkw.

Kaget sama harganya yang IDR 1Jt sampai 2jt an. Tapi ya itu, produk yang dijual di Zalora asli semua. Original. Kita mau beli barang semahal apapun, ngga akan ngerasa sayang ngeluarin uang, ngga akan ngerasa kecewa dan barangnya juga akan tahan sampai beberapa tahun ke depan.

Oh iya, mau bahas juga sekalian. Orang bilang ngapain sih harus beli barang original? Bayar mahal-mahal, padahal yang kw super (istilah untuk barang palsu) juga ada.

Padahal ya, kalau bicara sampai ke belakang-belakang, setiap benda yang kita “konsumsi” termasuk produk fashion yang kita beli, itu juga punya andil ke kesehatan dan keberlangsungan bumi tempat tinggal kita, lho.

Semakin palsu suatu barang, maka akan semakin cepat juga masa pakai barang tersebut. Semakin cepat masa pakainya, maka semakin cepat juga barang tersebut kita buang.

Buangnya kemana?

Okeee, ke tong sampah, tapi tau ngga, dampak akhirnya ya balik ke bumi lagi sih. Yang lingkungan kotor lah, yang banjirlah, yang jadi ngundang penyakitlah. Dampaknya banyak.

Perhatian untuk bumi ini juga ngga luput dari catatan Zalora kok. Buktinya, mereka juga bikin gerakan sustainability yang semuanya ditujukan untuk kesehatan bumi kita. Mulai dari tanggungjawab mereka, strateginya apa, prinsip Zalora apa, pilar keberlanjutannya bagaimana. Bahkan Zalora juga cantumin laporan berkelanjutan mereka. Kamu bisa baca laporan tersebut di webnya ya.

Tapi kan, ngga semua orang bisa beli barang original yang harganya sampai jutaan!

Gaya hidup itu harus disesuaikan dengan penghasilan. Kalau memang penghasilan tidak mencukupi, kamu bisa beli benda lain dengan fungsi sama dan kualitas yang sedikit berbeda. Tapi jangan memaksakan beli produk branded sampai harus beli yang palsu ya. Hehhe

Contoh produk lokal yang aku beli dari Zalora. Serba murah kalau tahu waktu belanja yang tepat | Sumber foto: Dokpri

UMKM Indonesia banyak kok yang produksi produk fashion dengan kualitas oke dan harga yang relatif terjangkau. Pilihan ini bisa kamu temukan di Zalora. Harus bangga dengan produk lokal, ya! Hehhe.

3. Informasi produk yang lengkap

Deskripsi produk di Zalora itu lengkap banget. Dari bahan, ukuran, cara mengukur, variasi warna, cara pencucian, stock barang tersedia per ukuran, apakah barang dikirim dari dalam atau luar negeri, estimasi waktu sampai bila kamu memesan, sampai hal yang paling kita sukai, yaitu pilihan promo yang bisa digunakan. Huhuhuyy!

Meskipun ngga bisa chat ke seller, kalau kita ngikutin prosedur pengukuran yang tepat sebelum belanja, harusnya sih ngga akan salah pilih ukuran ya.

Itupun sekarang sudah ada fitur chat otomatis tiap kali kita buka Zalora lewat website.

4. Bertabur promo

Nah ini yang paling ditunggu-tunggu kan ya kalau lagi bahas marketplace ? Hahahha.

Yap! Zalora Indonesia bertabur diskon. Promo pagi, siang, dan malam biasanya beda. Wkwkkw. Kayak lagi makan ya, 3 kali sehari.

Favoriteku itu kalau promonya 70% atau speed deals, biasanya harganya lebih terjangkau. Gampang kok nyarinya, warnanya langsung merah ngejreng di halaman utama aplikasi. Wkwkw.

Apalagi kalau udah ada tulisan “CUMA 1 JAM!”. Awadidawwww, kalau habis gajian, pasti. Pasti banget checkout. Wkwkkw.

Tapi, ngga semua. Ada beberapa produk juga yang ngga diskon sih. Pintar-pintar milih aja. Kalau bayaran nulis lancar, biasanya sih diskon ngga diskon tetep aja kubeli kalau udah suka. Hehhe. Namanya juga udah suka, yaa.

Oh ya, ada lagi. Promonya kadang bisa double gitu. Dapet potongan harga, dapet cashback juga. Lumayan buat belanja berikutnya.

5. Dari lokal hingga internasional

Ini yang aku bilang tadi. Di Zalora Indonesia banyak pilihan produk fashion dari lokal hingga brand internasional.

Ngga usah maksain brand internasional, yang lokal juga ngga kalah cakepnya! Tingga belajar mix and match pakaian aja atasan, bawahan, outer, sepatu. Tadaaa, kamu juga bisa tampil fashionable dengan murah di Zalora!

6. Dari kebutuhan anak hingga dewasa

Seingatku dulu di Zalora khusus produk fashion dewasa. Belum ada untuk anak-anak, belum ada juga face care dan body care seperti sekarang. Belum ada produk elektronik, catokan, hp, peralatan rumah tangga.

Sekarang udah ada. Kebutuhan anak juga udah bisa beli di sini. Udah lebih lengkap, meskipun belum selengkap marketplace lain tentunya.

Tapi menurutku justru itu yang bikin Zalora spesial. Produk yang terjual memang dijual oleh seller terpercaya dengan begitu, barang yang kita beli juga terjamin keasliannya.

7. Bisa dikembalikan

Aku udah jebretin serunya belanja di Zalora kan ya, tapi ngga cuma itu. Hal lainnya yang bisa kita dapet dari marketplace ini adalah PRODUK BISA DIKEMBALIKAN!

Buat aku, ini bagussss banget. Salah satu poin menangnya Zalora dibanding marketplace lain di mataku adalah ini, bisa dikembalikan ini.

Aku masih ingat dengan jelas, pertama kali aku belanja di Zalora ini, aku beli sendal. Ingetnya kan ukuran kaki 38 ya, udah dong, aku beli 38. Eh, guede banget! Hahah

Saat itu aku belum ngerti-ngerti amat size yang ada di Zalora ini. Namanya juga belanja perdana kan ya. Heheh. Main pilih-pilih aja, eh, ternyata salah.

Untungnya, bisa dikembalikan. Untunggg aja.

Bayangin kalau udah beli mahal-mahal, eh dianggurin. Kan sayang.

8. Prosedur pengembalian yang mudah dengan pilihan pengembalian produk yang beragam

Produk Zalora memang bisa dikembalikan.

Cara pengembalian produk di Zalora ini juga sangat mudah:

  • Tinggal isi formulir pengembalian online di Zalora. Biar lebih mudah sebetulnya cek aja dari aplikasi. Lihat pesanan yang ingin kamu kembalikan, pilih “Ajukan Pengembalian”. Di bagian ini kamu bisa tentuin nih, mau dibalikin dalam bentuk uang, atau mau tuker ukuran? Nyamannya kamu aja. Kalau pilih pengembalian, tinggal pilih alasan kenapa dibalikin. Aku biasanya balikin produk karena kegedean. Hahahah. Tapi pernah juga karena barang yang aku terima sompel di bagian tutupnya. Di sana ada 7 alasan, kamu sesuaikan aja dengan kebutuhan
  • Selanjutnya, tempet sticker pengembalian produk. Sticker ini selalu disertakan dalam kemasan tiap kali kita belanja di Zalora. Udah ada lemnya juga btw, jadi ngga perlu repot-repot nyari lem kertas lagi buat tempelin alamat. Semua serba gampang!
  • Udah deh, tinggal dikirim ke gudang Zalora.

Nah, metode pengiriman ini juga ada 2:

Kalau mau drop off bisa, ekspedisinya: JNE, Pos Indonesia, Alfamart, Alfamidi, Alfatrex, Dan+Dan, serta Popbox

Lalu kalau mager alias males gerak, kamu juga bisa pilih agar paket dipick up  ke alamat kamu. Cuma, metode yang ini belum berlaku di semua daerah di Indonesia. Hanya di Jabodetabek, Kota Balikpapan, kota Bandung, kota Denpasar, kota Makassar, kota Medan, kota Pekanbaru, kota Semarang, kota Surabaya, dan kota Yogyakarta.

Tapi kalau minta pick up ada tambahan biayanya ya:

  • Jabodetabek: Rp 7.000
  • Kota Balikpapan: Rp 49.000
  • Kota Bandung: 18.000
  • Kota Denpasar: 28.000
  • Kota Makassar: 43.000
  • Kota Medan: 37.000
  • Kota Pekanbaru: 35.000
  • Kota Semarang: 18.000
  • Kota Surabaya: 19.000
  • Kota Yogyakarta: 18.000

Satu lagi, sebelum menutup artikel. Zalora ini juga jadi pilihan sekaligus penyelamat tiap Natal. Ngirim kado ke keluarga di kampung sekalipun, tetap bisa di Zalora. Dari baju Natal, tas, sepatu, dan semua urusan yang dibutuhkan saat Natal. Jadi pas pulang kampung, ngga berat-berat lagi deh isi koper. Hehhe.

Terakhir, jangan lupa ya, kalau belanja, selalu upayakan yang ori aja.

Comments