Enam Langkah Mudah Posting Foto Lewat Instagram Web

Fitur posting foto lewat Instagram Web | Foto: Tangkap layar profile pribadi lewat Instagram Web

Baru ngeh dong, kalau sekarang bisa posting foto lewat Instagram Web. Hiaaa, senengnya!

Aku ngga tau kapan fitur ini resmi diluncurkan, yang jelas aku baru tau sore ini. Wkwkkw. Sebetulnya fitur ini udah lama banget aku tunggu-tunggu. Karena beberapa alasan:

  1. Dulu, selama WFO, waktu dominan habis di depan laptop atau komputer. Di jam-jam kosong, tentu ada keinginan untuk buka media sosial, salah satunya Instagram. Dari dulu sih Instagram Web ini sudah bisa diakses, tapi ya, fitur yang tersedia baru sekedar like, komen dan share seingatku. Jadi sewaktu-waktu ada konten yang menarik untuk dipost, ya harus ngambil HP dulu mau ngga mau. Dan publish lewat aplikasi. Dan menurutku, dari sisi sebagai pengguna, ini ngga efisien karena toh sama-sama pegang gadget. Ngga tau kalau dari pertimbangannya Mark dkk. Heheh
  2. Ngga dua kali kerja. Maksudnya begini, kadang temen berbagi foto liburan lewat WA, eh, kebetulan tuh kita juga lagi login di WA Web. Ya udah gitu, bisa tinggal download fotonya, terus posting tanpa harus download-download lagi di HP. 
  3. Kayaknya ini juga lebih efisien untuk pelaku UMKM yang ingin lebih bebas memilih dan mudah membagikan produk jualannya. 
Akhirnya sekarang terwujud. Thank you, Mark!

Tanpa berlama-lama, kuy cari tahu gimana cara posting foto lewat Instagram Web:

1. Buka websitenya di sini

2. Klik icon "+" untuk memasukkan foto yang akan kamu bagikan
Fitur posting foto lewat Instagram Web | Foto: Tangkap layar profile pribadi lewat Instagram Web

3. Pilih foto atau video dari komputer kamu, lalu sesuaikan ukuran yang kamu ingin bagikan. 

Tampilan memilih foto atau video yang akan diposting di IG Web | Foto: Tangkap Layar IG Web

Di bagian ini, kamu juga bisa memotong ukuran atau menyesuaikannya sesuai ukuran yang telah disediakan oleh Instagram. Ada empat ukuran yaitu original, 1:1, 4:5 dan 16:9. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Di sini, kamu juga bisa melakukan editing berupa zoom in dan zoom out foto. Butuh posting beberapa foto? Tenang, Instagram Web juga menyediakan fitur carousel untuk menjawab kebutuhanmu. 
Penyesuaian ukuran foto, zoom in, zoom out, carousel di IG Web | Foto: Foto: Tangkap Layar IG Web

4. Bila dirasa sudah sesuai, tinggal klik Next

5. Di tahap berikutnya, kamu akan disajikan dengan pilihan filter Instagram. Eh, bisa diadjust juga, lho, tampilan fotonya!

Pilihan filter dan adjustment di IG Web | Foto: Tangkap Layar IG Web

6. Di tahap terakhir ini, kamu tinggal masukin caption. Tersedia juga fitur Lokasi, Accessibility atau Teks alternatif yang menjelaskan foto Anda untuk orang dengan gangguan penglihatan. Teks alternatif akan dibuat secara otomatis untuk foto Anda atau Anda dapat memilih untuk menulisnya sendiri. Terdapat pula fitur Advanced settings yang bisa kamu manfaatkan untuk mengaktifkan atau mematikan kolom komentar. 

Caption, tag people, add location di IG Web | Foto: Tangkap Layar IG Web

Jadi dehhh!

Hasil postingan di IG Web | Foto: Tangkap Layar IG Web

Tapi ada kekurangannya. Buat kamu yang menggunakan Instagram dan langsung menyambungkannya dengan Facebook, postingan yang dilakukan lewat IGWeb ini ngga akan masuk di postingan Facebook, ya. 

itu dia, 6 langkah mudah posting foto lewat IG Web. Mudahkan? Ngga beda-beda amat sih sama cara posting foto dengan di aplikasi, cuma bedanya ini di Instagram Web aja. 

Selamat mencobaaa!

Comments