Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2021

Mengajarkan Sikap Baik Sejak Dini Pada Anak Lewat Program BACA Danone X Tentang Anak

Sumber foto: Tangkap layar webinar Pernah ngga sih dengar orang tua meminta anaknya untuk membaca buku sementara sang orang tua sendiri tidak melakukan hal yang sama? Wajar kan kalau anak ikut-ikutan malas baca. Katanya, anak adalah peniru ulang orang dewasa di lingkungannya. Rumah apalagi. Fakta tentang minat membaca di Indonesia Menurut penelitian yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2019, rata-rata indeks Alibaca di Indonesia tergolong rendah yakni berada di angka 37,32%. Padahal, membaca merupakan salah satu kebutuhan yang sama pentingnya seperti menulis. Untuk mendukung literasi anak lebih tinggi, perlu ditanamkan kecintaan sejak dini. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan peran orang tua agar membiasakan anak membaca. Bukan hanya tentang perintah untuk membuka buku lalu membacanya, namun mengajak anak bersama-sama menikmati isi buku dan memberikan pemahaman tentang buku yang dibaca untuk mengoptimalkan stimulasi daya pikir d

Sebuah Catatan Penting untukmu yang Tak Suka Dengan Hutan

Ilustrasi hutan | Sumber foto: Freepik Percakapan singkat tentang hutan dan isinya Dalam satu kesempatan, aku pernah berbincang ringan dengan seorang teman yang sejak kecilnya tinggal di kota besar. Sambil menyeruput kopi favoritnya, temanku menjawab sembari bergidik “ ih, ngapain sih ke gunung? Horor tau ngelewatin hutan-hutan itu! Banyak binatangnya lagi!.” Jawaban ini merupakan respon atas tawaran untuk mendaki gunung dari seorang teman lain. Seandainya saja dia sadar, bahwa kopi yang dikonsumsinya saat itu pun merupakan salah satu hasil dari hutan. Bagi seorang yang sangat benci dengan ulat, binatang melata dan film horor, jawaban tersebut tentu tidak mengejutkan. Meski berkali-kali aku bercerita tentang keterlibatan hutan dengan masa kecilku yang asam manis, tidak sedikitpun cerita itu mengubah pendiriannya untuk menyukai hutan. Menurutku tidak masalah. Setiap orang memiliki traumanya masing-masing, memiliki ketakutannya masing-masing dan kurasa aku harus menghargai itu. S

Shinjumi Glow Matte, Pilihan Lipstik Ramah Tempat di Tas

Sumber foto: Efa Butar butar Awkward moment urusan riasan Pernah ngga ngalamin awkward moment di suatu waktu hanya karena urusan riasan? Jadi bulan lalu, aku main ke salah satu mall di Depok. Rencananya sih mau makan di sana. Begitu duduk, set, kulepas dong maskernyaaa , ngga lama kemudian seseorang mendekat, lalu “Eh, Faaa. Ya ampuuunnn, apa kabar loo?? Kangen, lama banget kita ngga ketemu!” Di dalam hati, aku mengutuki pertemuan ngga disengaja ini. “ Gue ngga kangen lo, Bambang! Sana lo, pergi!” “Oh haiiii, eh looo. Ngapain di siniii? Gila kebetulan bangett. Gue sehat, lo gimana?” Gini nih kalau hati sama mulut ngga sefrekuensi. Hati bilang apa, mulut bilang apa. Gitu deh, basa basi. Hehhee. Selanjutnya, aku sibuk dengan penyesalan karena datang tanpa riasan dan ngga perhatiin lagi apa yang dia bilang sampai dia pamit pulang dan hilang di balik pintu. Yang aku sayangkan dari pertemuan tersebut adalah, aku harus datang ke tempat ini seadanya tanpa riasan apa-apa. Cuma b