Begini Prosedur Rapid Test Antigen Di RS Tentara Pematangsiantar

 Hasil rapid test antigen. Sumber foto: Efa Butar butar

Meski perjalanan dibatasi selama pandemi, Tak bisa dipungkiri, ada saja hal yang membuat seseorang harus melangkah ke luar kota terlepas suka atau tidak, nyaman atau tidak. Mengingat risiko penularan jika melakukan perjalanan selama COVID-19 sangat tinggi.

Jadi, pagi tadi aku memang melaksanakan rapid test antigen di RS Tentara Pematangsiantar ini sebagai salah satu syarat penting perjalanan via udara. Pengalaman ini pulalah yang ingin kutuang dalam blog dengan harapan banyak teman-teman yang akan terbantu lewat pengalaman ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang prosedur rapid test antigen, ada satu hal yang palingggg penting yang tak bisa kamu lupakan dan tinggalkan, yakni KTP. Jangan sampai lupa bawa KTP yaaa!

Jika KTP sudah aman di dalam dompet, dan kamu:

  • Akan melakukan perjalanan ke luar kota saat pandemi
  • Tinggal di Pematangsiantar
  • Berencana melakukan rapid test antigen ke RS Tentara Pematangsiantar,

Maka berikut adalah prosedur test antigen yang harus kamu ketahui:

1. Datang langsung ke RS Tentara Pematangsiantar

Kamu bisa datang langsung ke RS Tentara yang berdekatan dengan kebun binatang Pematangsiantar ini. Alamat lengkapnya berada di Jl. Gunung Simanuk Manuk No.6, Timbang Galung. Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar. Di RS ini, kamu bisa melaksanakan rapis test tanpa membuat janji terlebih dahulu.

Disarankan datang pagi hari untuk menghindari antrian yang mengular.

2. Menuju Ke Laboratorium

Lokasi rapid test antigen di RS Tentara Pematangsiantar. Foto: Efa Butar butar

Pergilah ke arah laboratorium lewat ruang IGD.

Jika belum pernah, tanyakan pada petugas tempat pelaksanaan rapid test. Umumnya petugas akan membantu mengarahkan calon pelaksana test tentang arah yang harus dilewati untuk tiba di laboratorium.

Agustus tahun lalu, pelaksanaan rapid test masih di laboratorium. Berbeda dengan pagi tadi, aku diarahkan ke ruang anggrek. Tak begitu jauh dari lokasi laboratorium.

Letak pelaksanaan test berada di bagian paling ujung ruang anggrek.

3. Lakukan pendaftaran dengan menyerahkan KTP

Petugas akan meminta KTP sebagai bentuk pendaftaran.

Dengan menyerahkan KTP, maka kamu sudah ada dalam antrian pelaksanaan rapid test antigen. Oh iya, jangan lupa pula untuk menyampaikan tujuan perjalanan kamu ya. Petugas pelaksana test biasanya akan tanyakan juga tujuan perjalanan kamu.

Lalu, tunggu hingga nama kamu dipanggil.

4. Menjalani test

Jika nama sudah dipanggil, silahkan mendekat ke arah petugas.

Lepaskan masker pelindung mulut dan hidung, lalu mendongaklah untuk memudahkan petugas mengambil sample dari hidung.

Saat alat test dimasukkan ke dalam hidung, rasanya akan sedikit ngilu, perih dan bikin pingin bersin. Hihihi. Tapi ditahan saja, proses pengambilan sample hanya sebentar kok. Tak sampai satu menit. Meski demikian, rapid test antigen yang hanya sebentar ini selalu berhasil bikin air mata menetes.

5. Melakukan pembayaran

Setelah sample diambil oleh petugas, segera bayar biaya rapid test sesuai harga yang disampaikan oleh petugas.

6. Mengunggu hasil test

Tunggu hasil rapid testmun keluar selama kurang lebih 15-20 menit. Sebisa mungkin, hindarilah duduk di tempat yang cukup jauh dari lokasi test. Tak jauh dari lokasi test ada ruang berbeda yang menyediakan tempat duduk. Tunggulah di sana sampai namamu kembali dipanggil dan hasil rapid diserahkan.

Oh iya, hasil rapid tidak disertai dengan amplop putih. Jika kamu merasa hasil rapid testmu perlu tersimpan rapi di dalam amplop, kamu bisa membawa amplopmu sendiri ya.

Biaya yang dibutuhkan

Biaya rapid test antigen di RS Tentara Pematangsiantar dibanderol Rp 250.000 per orang tanpa bisa ditawar.

Itu dia prosedur rapid test antigen di RS Tentara Pematangsiantar yang harus kamu ketahui. Semoga terbantu yaaaa.

Comments