Olahraga Menyenangkan

Bersepeda | Foto: Ester Hutabarat

*Artikel ini disertakan dalam 30 hari lomba menulis untuk perayaan 1 tahun anabutarbutar.com 

Penulis: Priestin Dian Prawesty


Memiliki tubuh yang sehat tentu diingini semua orang. Namun, melakukan hidup sehat tidak semua orang melakukannya. Ya begitulah, terkadang kita hanya mengingini hasilnya saja tanpa mau melakukan prosesnya. Padahal untuk mempunyai tubuh yang sehat, kita wajib melakukan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, tidak merokok, olahraga, dan lainnya. Dari semua itu yang biasanya terlewatkan adalah olahraga.


Beberapa hal yang biasanya dijadikan alasan tidak berolahraga, seperti sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga, badan sudah terlalu lelah beraktifitas, panas, bosan, dan hal lainnya. Walaupun sebenarnya kita bisa mengatasi semuanya itu, jika memang memiliki niat yang kuat untuk berolahraga.

Banyak manfaat yang bisa didapat jika kita rajin berolahraga, seperti tubuh yang sehat, tidak mudah lelah karena tubuh yang mudah lelah bisa jadi karena tubuh kita yang kurang bergerak, bentuk tubuh yang ideal, mempunyai banyak teman (manfaat tambahan jika rajin berolahraga ditempat umum atau mengikuti klub- klub olahraga), dan masih banyak lainnya.

Ada berbagai macam olahraga yang dapat dilakukan dalam ruangan atau luar, baik itu dilakukan sendiri atau bersama- sama dengan teman maupun pasangan. Berikut beberapa olahraga yang mudah dan tentunya menyenangkan untuk dilakukan yang bisa menjadi pilihan:

1.    Lari

Olahraga yang paling mudah dilakukan dan bisa dimana saja. Lari bisa dilakukan pagi atau sore hari di tempat- tempat khusus lari atau di lapangan dekat rumah, bisa juga menyusuri jalan- jalan dengan suasana alam yang indah (disarankan lakukan pada pagi hari saat udara masih segar), atau untuk yang ingin lari dalam ruangan, treadmill bisa menjadi solusinya.

Mengajak teman atau pasangan bisa menjadi semangat tersendiri ketika kita ingin berolahraga. Jadi, kita bisa mengajak teman atau pasangan berlari bersama, bahkan mengajak si kecil  juga menyenangkan, supaya bisa sehat semua dan hubungan semakin dekat.

2.    Bersepeda

Bersepeda juga menyehatkan dan menyenangkan, apalagi kita bersepeda di daerah yang masih asri atau bisa juga kita bersepeda di kampus tempat kita dulu menempuh pendidikan, sekalian bernostalgia kegiatan kampus dulu. Jangan lupa ajak teman- teman juga, supaya bisa sekalian reuni. Menyenangkan bukan berolahraga, bisa sehat dan menjaga hubungan pertemanan.

3.    Workout

Jika ingin berolahraga di rumah saja,  workout bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena ini bisa kita lakukan di rumah dan kapan saja. Jadi buat seseorang yang sangat sibuk, bisa disesuaikan dengan jadwal kegiatan yang lain. Masih bingung bagaimana melakukannya? Kita bisa melihat contoh- contohnya di internet.

4.    Olahraga permainan

Mendengar kata permainan, tentu sangat menyenangkan. Olahraga juga bisa menyenangkan, banyak pilihan olahraga permainan seperti futsal, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Selain menyenangkan dan menyehatkan, tentu kita juga akan menambah teman serta tetap bisa menjalin hubungan yang baik dengan teman- teman dan semakin dekat.

5.    Renang

Bagi yang menyukai olahraga air, renang bisa menjadi pilihan. Untuk yang takut kulit terbakar sinar matahari ketika renang, terutama kaum hawa, bisa datang ke kolam rena indoor yang sekarang sudah tidak sulit untuk ditemukan. Jadi, bisa tetap berolahraga tanpa khawatir kulit terbakar.

Itulah beberapa olahraga yang bisa kita pilih, jadi jangan beralasan untuk tidak berolahraga lagi ya. Berolahragalah secara teratur dan rasakan manfaatnya. Semangat berolahraga dan salam sehat.


Comments