Menjaga Hubungan dengan Kerabat di Tengah Pandemi


*Artikel ini disertakan dalam 30 hari lomba menulis untuk perayaan 1 tahun anabutarbutar.com 

Penulis: Priestin Dian Prawesty

Istilah stay at home pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda, ya istilah ini adalah salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran Virus Covid-19. 

Sudah lebih dari sebulan sekolah- sekolah menerapkan sistem belajar dari rumah, sebagian besar perusahaan sudah menerapkan sistem bekerja dari rumah, begitu juga dengan tempat ibadah yang menganjurkan untuk ibadah di rumah. Selain itu, aktivitas di luar rumah lainnya juga sudah sangat dibatasi. 

Banyak tempat rekreasi ditutup, berbagai pusat perbelanjaan membatasi jam operasional, tempat- tempat pelayanan umum juga sudah membatasi jumlah pelayanan atau membuka pelayanan online. Semua aktivitas sebisa mungkin dilakukan di rumah.

Jika banyak tempat umum membatasi jam operasional bahkan ditutup, tentu kegiatan yang biasanya dilakukan juga untuk sementara dibatasi atau bahkan untuk sementara waktu tak bisa dilakukan. Seperti untuk sekedar kumpul bersama kerabat di tempat- tempat umum, itu sudah tidak diperbolehkan. Namun, apakah dengan demikian hubungan Anda dengan para kerabat akan putus? Jawabannya bisa ya atau tidak, itu semua tergantung bagaimana cara Anda mengatasinya. Berikut beberapa pilihan yang mungkin bisa Anda coba lakukan untuk menjaga hubungan dengan kerabat saat Pandemi Covid-19 ini.

1.      Mulailah telepon kerabat Anda

Menelpon kerabat mungkin jarang atau bahkan tidak pernah Anda lakukan, apalagi kerabat tersebut Anda temui hampir setiap hari. Anda akan lebih memilih berkomunikasi secara langsung dibandingkan menelponnya. Namun, pada kondisi seperti saat ini, dimana semua aktivitas sebisa mungkin dilakukan di rumah, tentu banyak kerabat yang biasanya Anda temui hampir setiap hari menjadi sangat jarang bertemu. 

Untuk itu perlu perubahan cara berkomunikasi. Jika Anda biasa berkomunikasi secara langsung, mulailah berkomunikasi via telepon atau video call, Anda tak perlu bingung untuk topik yang akan dibahas. 

Anda bisa mulai dengan menanyakan kondisi kesehatan dan  lingkungannya terkait Pandemi Covid-19 atau saling menyemangati. Anda juga bisa saling bertukar cerita tentang kegiatan yang dilakukan, dan masih banyak hal lain yang bisa dibahas. Langkah pentingnya adalah memulainya, jika Anda tidak memulainya akan percuma sekalipun Anda memiliki bahkan menyiapkan topik pembahasan yang menarik. Jadi, mulailah telepon kerabat Anda.

2.      Memulai chat dengan kerabat

Jika Anda masih merasa ragu untuk menelpon, memulai chat dengan kerabat anda, bisa jadi pilihan lain yang dapat  Anda lakukan. Untuk topik pembahasannya dapat menggunakan hal yang sama seperti topik pembahasan menelpon di atas atau topik lain yang bisa disesuaikan.

3.      Menjadi peserta grup yang aktif

Anda bisa memberikan semangat melalui kata- kata atau video yang bisa Anda kirim ke grup, bisa juga Anda menjadi pelopor pengadaan donasi atau kegiatan lain yang bermanfaat. Grup yang biasanya hening dan seperti mati akan menjadi hidup. Jika biasanya grup sepi karena kesibukan masing- masing, apalagi grup- grup angkatan atau alumni. 

Dengan begini, tidak hanya dengan kerabat yang biasa Anda temui hampir setiap hari, Anda juga bisa menjaga hubungan dengan kerabat yang sudah lama Anda tidak temui. Jadi, mulailah menjadi peserta grup yang aktif.

4.      Menjadi pengguna aktif  positif di media sosial

Media sosial pasti sangat bermanfaat dan efektif untuk sekarang ini, dengan media sosial Anda bisa mengetahui kegiatan orang lain dan begitu juga sebaliknya atau saling memberikan komentar.  Jadi, mulai aktif di media sosial juga bisa menjadi salah satu pilihan. Namun, sebisa mungkin Anda berbagi dan memberi komentar yang positif, sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain. Tetap harus bijak menggunakan media sosial.

Itulah beberapa pilihan yang mungkin bisa Anda coba lakukan untuk menjaga hubungan dengan kerabat saat Pandemi Covid-19 ini. Walau dirumah saja, hubungan dengan kerabat tak boleh putus. 

Yuk jaga kesehatan dan tetap jaga hubungan baik dengan kerabat.


Comments