Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi: Priestin Dian Prawesty

*Artikel ini disertakan dalam 30 hari lomba menulis untuk perayaan 1 tahun anabutarbutar.com 

Penulis: Priestin Dian Prawesty

Pandemi Covid-19 tak hanya mempengaruhi aspek kesehatan saja, aspek ekonomi juga terkena imbasnya. Banyak orang yang menerima gaji tidak penuh, mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), penurunan keuntungan pada usahanya, dan yang terparah adalah menutup usahanya. Hal ini tentu sangat berpengaruh, pendapatan yang berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Bersyukur untuk yang masih bekerja atau tetap bisa menjalankan usahanya, walaupun dengan penghasilan yang tentu berkurang. Hanya perlu pengelolaan keuangan yang harus disesuaikan dengan keadaan pendapatan, lalu bagaimana dengan yang sudah kehilangan pekerjaan atau menutup usahanya? langkah awal yang harus anda lakukan adalah berhenti mengeluh dan memulai hal- hal yang lebih bermanfaat. Berikut beberapa hal yang mungkin dapat membantu anda dalam mengelola keuangan dan cara mendapatkan uang saat Pandemi Covid-19.

1.      Membuat daftar pengeluaran wajib dalam satu bulan

Langkah ini perlu dilakukan supaya anda mengetahui jumlah uang yang harus anda keluarkan setiap bulannya. Beberapa pengeluaran wajib yang biasanya perlu anda keluarkan seperti tagihan listrik, tagihan air, biaya telepon (termasuk pulsa dan kuota), asuransi kesehatan, cicilan yang harus dibayar, dan lain sebagainya. Kemudian perhatikan pengeluaran wajib yang masih bisa ditekan, seperti tagihan listrik, tagihan air, dan biaya telpon. Anda harus bisa lebih bijak dalam penggunaan, sehingga biaya wajib bulanan anda bisa berkurang.

2.      Membatasi kunjungan ke toko-toko online

Kunjungan ke toko online dengan tujuan “hanya lihat-lihat saja” wajib anda kurangi, karena biasanya anda akan membeli barang yang terlihat menarik, walaupun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan mendesak untuk dibeli. Membatasi bukan berarti tidak sama sekali, anda masih boleh melakukannya hanya saja dengan tujuan yang berbeda, seperti mengunjungi toko online untuk  membeli kebutuhan pokok. Banyak toko online yang menawarkan harga miring dibandingkan dengan harga pada toko offline, namun anda wajib mempertimbangkan ongkos kirimnya. Bila cermat dalam belanja pada toko online,  anda bisa lebih menghemat biaya belanja kebutuhan pokok.

3.      Mulailah memasak

Membeli bahan makanan mentah dan memasaknya sendiri di rumah, pasti anda akan mendapat keuntungan. Selain pasti terjaga kebersihan dan jauh lebih sehat, tentu anda dapat mengurangi biaya konsumsi. Bagaimanapun biaya yang dikeluarkan pasti akan lebih besar jika anda membeli makanan diluar, apalagi untuk keluarga dengan jumlah anggota yang cukup banyak.

4.      Mengenali potensi diri

Tidak perlu merasa terlambat, kenalilah potensi diri anda dan mulailah mengembangkannya. Mungkin selama ini anda terlalu sibuk untuk mengenali potensi anda atau bisa jadi anda sudah merasa nyaman dengan pekerjaan anda, sehingga menganggap disitu sajalah potensi anda. Padahal mungkin anda memiliki potensi lain yang selama ini belum anda ketahui, yang dapat menghasilkan uang tambahan atau bahkan sebagai sumber penghasilan yang baru. Seperti membuat kue, menjahit, mengajar kelas online dengan materi yang dapat anda sesuaikan, dan masih banyak hal lainnya. Namun, perlu diingat semua butuh proses, jadi jangan cepat putus asa bila usaha anda hanya menghasilkan sedikit uang atau bahkan gagal. Teruslah mencoba dan berjuang.

Langkah- langkah yang sudah disebutkan hanya beberapa hal saja, masih banyak cara untuk membantu anda dalam mengelola keuangan dan mendapatkan uang saat Pandemi Covid-19. Anda hanya perlu mencoba menerima keadaan dan membuka hati serta pikiran untuk dapat menentukan langkah yang harus anda lakukan, tak lupa terus berdoa supaya Pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Bersabarlah, selalu ada jalan.


Comments

Post a Comment