Makanan dan Minuman yang Tepat saat Pandemi



*Artikel ini disertakan dalam 30 hari lomba menulis untuk perayaan 1 tahun anabutarbutar.com 

Penulis: Priestin Dian Prawesty

Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal, dari sistem belajar, sistem kerja, pola hidup, termasuk pola makan. Tentu memilih makanan menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan kebanyakan orang, karena makanan sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Namun, terkadang masih banyak yang bingung dengan jenis makanan yang harus dikonsumsi. Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam memilih makanan yang tepat saat Pandemi Covid-19.

1.    Makanan yang dimasak sendiri

Membeli bahan mentah dan memasak makanan sendiri di rumah, menjadi salah satu pilihan yang tepat saat Pandemi Covid-19 ini. Makanan yang dimasak sendiri tentu akan lebih sehat dan lebih terjaga kebersihannya, dengan catatan Anda memilih bahan yang sehat dan segar, serta tidak lupa mencuci buah dan sayur dengan air mengalir atau bisa juga menambahkan sabun khusus untuk mencuci buah dan sayur. Selain itu, memasak makanan sendiri di rumah akan lebih menghemat biaya. Sehat, bersih, dan hemat merupakan paduan yang sangat pas untuk saat ini. Jadi, usahakan untuk masak sendiri di rumah ya.

2.    Buah dan sayur

Memakan buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan kita. Kandungan  yang terdapat pada buah dan sayur tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak perlu buah dan sayur yang mahal dan sulit didapatkan, cukup dengan memakan buah dan sayur yang ada disekitar Anda dan tentunya pas di kantong. Upayakan tidak menjadikan mahal dan sulit didapat sebagai alasan untuk tidak makan buah dan sayur. Satu lagi yang biasanya  menjadi alasan tidak makan buah dan sayur adalah rasa. Rasa memang soal selera, tapi ada begitu banyak macam buah dan sayur yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Apalagi untuk sekarang ini kesehatan menjadi hal sangat penting, jadi Anda bisa sedikit mengesampingkan selera. Ayo hidup sehat dengan makan buah dan sayur.

3.    Makanan mengandung protein

Protein juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jadi sangat baik jika Anda mengkonsumsinya. Banyak  makanan mengandung protein yang mudah temui, seperti tahu, tempe, telur, ikan, daging, kacang-kacangan dan lainnya. Jadi, selalu masukan makanan yang mengandung protein ke dalam menu makanan Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam memilih  makanan yang tepat saat Covid-19. Namun, rasanya kurang pas jika makanan tidak didampingi minuman. Untuk itu, disini juga akan sedikit membahas minuman yang tepat saat Pandemi Covid-19.

Minuman yang sangat baik untuk sehari- hari dan memang jadi minuman utama, apalagi disaat seperti sekarang ini. Ya sudah tentu air putih yang dimaksud. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih setiap harinya, lebih baik lagi jika air putih hangat sebisa mungkin untuk sementara hindari minuman dingin. Jadi, tentu air putih menjadi salah satu minuman yang tepat saat Pandemi Covid-19.

Pilihan minuman yang tepat lainnya ada pada minuman yang mengandung rempah- rempah yang. Sebagai orang Indonesia, pasti sudah tidak asing  lagi dengan jamu yang kaya akan rempah- rempah. Saat ini Anda juga bisa meminum jamu sebagai pilihan minuman yang tepat saat Pandemi Covid-19, tak perlu memaksakan diri untuk minum jamu yang pahit jika memang Anda tidak menyukainya. Minuman jahe juga bisa jadi pilihan atau minuman rempah lain yang tidak pahit rasanya. Silahkan mencoba minuman yang kaya rempah- rempah dan rasakan perbedaannya pada tubuh Anda.

Sehat itu berharga, yuk jaga kesehatan dengan memilih makanan dan minuman yang tepat. Jangan lupa berbagi supaya semua bisa sehat.


Comments