Skip to main content

Ayo Bergerak

Foto : Risma Pandiangan

*Artikel ini disertakan dalam 30 hari lomba menulis untuk perayaan 1 tahun anabutarbutar.com

Penulis: Ester Hutabarat

Berolahraga adalah aktifitas yang menyenangkan dan menyehatkan bagi tubuh, karena kegiatan olahraga mempunyai segudang manfaat yaitu dari memiliki daya tahan tubuh yang baik, terhindar dari penyakit jantung atau stroke, dapat membuat berat badan menjadi  ideal dengan diiringi pola makan yang sehat dan masih banyak manfaat yang didapat dari manfaat berolahraga. Ditengah kesibukan kita pun, jangan lupa  untuk menyempatkan untuk tetap berolahraga, agar olahraga tetap menyenangkan kita bisa mengajak sahabat atau pasangan.          

Olahraga merupakan hal yang wajib yang ku lakukan selama ini, dalam satu minggu bisa sampai empat kali aku melakukannya dan aku sendiri mempunyai kelebihan berat badan, dengan berolahraga rutin dan tentu menjaga pola makan, berat badan tubuh ku berangsur turun dengan konsinsten melakukannya. Untuk teman-teman juga yang mempunyai kelebihan berat badan, yang masih berjuang untuk tetap semangat dan konsisten, karena setiap usaha yang kita lakukan ada hasil yang baik yang kita dapatkan nantinya. Olahraga yang ku lakukan biasanya dimulai dari pukul 06:30 sampai dengan 08:00. Kegiatan ini biasanya ditemani oleh sahabat ku bernama Ria Okatviani, kebetulan kami berdua mempunyai kesamaan yang sama yaitu menyukai olahraga. Berikut olahraga yang kami lakukan dan ini juga bisa dijadikan rekomendasi untuk teman-teman yang ingin berolahraga juga.

1. Jalan Cepat

Olahraga ini adalah olahraga yang paling ringan dari beberapa olahraga yang ku lakukan,  diolahraga ini ada target yang harus di tempuh yaitu 6000 langkah. Untuk mengetahui  langkah berjalan aku menggunakan aplikasi Samsung Health yang sudah ada di handphone. Jika teman-teman bukan pengguna Samsung ,bisa langsung di download di playstore jika menggunakan android . Manfaat dari olaharaga ini adalah untuk menguatkan jantung dan otot kaki, serta bisa menurunkan berat badan dan tentunya membuat hati lebih bahagia.

2. Lompat Tali

Foto : Ria Oktaviani

Kegiatan ini juga menjadi selingan ku di setiap aku berolahraga, dengan 200 kali lompatan bisa kucapai setiap melakukannya. Olahraga ini mempunyai manfaat untuk tubuh, yaitu bisa mengatur pernafasan lebih baik, menyeimbangkan pikiran dan gerakan karena lompat tali ini mengkoordinasikan diantara keduanya, menguatkan otot kaki dan tangan, dan sirkulasi darah menjadi lancar.

3. Bersepeda

Foto : Ria Oktaviani

Sering kali untuk berolahraga di tempat ku latihan, aku menggunakan sepeda. Kira-kira jarak yang di tempuh hampir 1 kilometer,  Olahraga ini menurut ku merupakan olahraga yang banyak mengeluarkan keringat dan cukup melelahkan dari olahraga lain yang dijalani. Manfaat dari olahraga ini diantaranya dapat mengatur pernafasan lebih baik, menguatkan otot paha dan kaki, dan untuk mengatur keseimbangan tubuh.

4. Workout

Foto : Ria Oktaviani

Kegiatan olahraga yang satu ini merupakan kombinasi dari berbagai gerakan, muai dari gerakan kaki, paha, perut, lengan, dan anggota tubuh lainnya. Kegiatan ini, biasanya ku lakukan di rumah. Ada banyak contoh gerakan di akun Youtube yang bisa kita lakukan jika mau berolahraga workout.

5. Berenang

Foto : Adinda

Olahraga berenang, merupakan olahraga yang paling ku sukai diantara olahraga lainnya, kegiatan ini ku lakukan biasanya dua kali dalam sebulan. Dari semua olahraga yang disebutkan diatas olahraga berenanglah yang banyak membakar kalori. Manfaat dari olahraga berenang yaitu menyehatkan jantung dan paru-paru, menurunkan berat badan,dan membuat kita lebih rileks.


Comments

  1. Berbagai macam cara untuk berolahraga, terima kasih kepada penulis yang telah memberi saya motivasi untuk semakin sering berolahraga, saya harap kedepannya penulis semakin semangat dalam memberi bacaan dan motivasi

    ReplyDelete
  2. Bener bgt kak , apalagi pandemi seperti ini gak boleh rebahan Mulu , kita harus byk olahraga , biar gak malas olah raga coba kita ubah mainset kita olahraga itu adalah perayaan kita untuk sehat yg udah di kasih Tuhan , jadi kita sehat itu harus di rayain dengan olahraga ,, matap artikelnya kakak

    ReplyDelete
  3. Emg dr dlu cewek 1 ini hobi nya olahraga 😍 bahkan sering muterin lapangan unila sendirian aja 🙄 .
    Semangatt esterr 😍😍

    ReplyDelete
  4. Cara Yang Baik agar bisa hidup sehat. Bermanfaat dan bisa dilakuin Terimakasih kakak

    ReplyDelete
  5. Agus Prant GirsangMay 25, 2020 at 5:47 PM

    Apalagi dimasa lebaran ini. Harus lebih bnyk berolahraga,karena bnyk makan yang mengandung lemak dan minyak yg memicu kolesterol. Ayo semangat.

    ReplyDelete
  6. Olahraga itu bukan jadi beban,tapi jadi kebiasaan,sama halnya dengan makan. Boleh dicoba jenis olahraga yang disebutkan. terimakasih kakak sudah mengingatkan pentingnya berolahraga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Cerita 4 Hari 3 Malam di Hotel Aryaduta Tugu Tani.

Masih berbicara tentang Vlog dan Blog Competition yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Januari 2020 lalu. Puncak acara ini adalah BI Netifest 2020 yang diadakan di museum Bank Indonesia sekaligus pengumuman pemenang dari seluruh kategori. Cerita selengkapnya tentang keseruan keberlangsungan acara tersebut bisa kamu baca di sini:  5 Alasan Penting Mengapa Harus Ikutan Vlog dan BlogCompetition Bank Indonesia. Jika tahun 2019 lalu tempat yang disediakan oleh Bank Indonesia bagi seluruh finalis terpilihnya adalah Hotel Grand Mercure Gajah Mada, maka tahun ini Bank   Indonesia memfasilitasi Hotel Aryaduta Tugu Tani untuk tempat penginapan selama acara, salah satu hotel berbintang 5 di Jakarta. Selama 4 hari 3 malam berada di hotel ini, masing-masing punya cerita sendiri. Termasuk aku.Masing-masing punya cerita mulai dari teman baru, view kamar, pengalaman yang di dapat, fasilitas yang ditawarkan oleh hotel, hingga hal-hal menarik apa saja yang dapat dilakukan di

Serunya Mengikuti Test CPNS di Kementerian Pertanian

Di ruang tunggu sebelum memasuki area registrasi | Foto: Efa Butar butar Yuhuuu, mana nih suaranya para pejuang CPNS? Tetap semangat, terus belajar jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua sebelum test CPNS nya ya. Kebetulan, dari sekian ratus ribu peminat CPNS, aku salah satu di dalamnya. Heheh. Aku ambil Kementerian Pertanian dengan jabatan sesuai bidang yang dulu kuambil saat kuliah. Dan sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kementan dalam websitenya, untuk wilayah DKI Jakarta, ujian dilaksanakan di gedung Auditorium Kementerian Pertanian tanggal 11-14 Februari 2020 menyusul lokasi lain yang sudah lebih dahulu melaksanakan ujian. Dan hari ini, Rabu 12 Februari 2020 adalah jadwalku dan ratusan peserta lainnya untuk ujian. Tulisan ini kubuat setelah mengambil tas dan keluar dari ruangan ujian. Dan sebagai peserta yang telah menyelesaikan tanggungjawabnya, lega ya tentu saja. Aku sudah melaksanakan tanggung jawabku untuk melakukan yang terbaik dala

Tak Perlu Dibedah, Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur Tawarkan Cara Singkat untuk Penanganan Penyakit Kardiovaskular

Dokter pemateri dan MC | Foto: Dokumen Pribadi Petang tadi, usai menghadiri sebuah acara dibilangan Alam Sutera, tanpa sengaja aku bertemu dengan seorang Bapak paruh baya. Wajahnya sangat pucat dengan pergerakan sangat lambat. Saat itu kami sedang berada di kereta Commuter Line ke arah stasiun tanah abang. Bedanya, Beliau duduk, sementara saya dan penumpang lain berdiri. Sesaat sebelum turun, seorang Ibu yang berada persis di sisinya menuntun Beliau berdiri. “Tolong dikasih jalan ya Mas, Mba. Maaf, sakit jantung soalnya.” Tanpa perlu diminta, penumpang yang berdiri membentuk lorong kecil untuk Beliau berjalan tanpa halangan. Mungkin Beliau baru mendapatkan perawatan atau mungkin pasang ring jantung. Memang, tiap kali dihadapkan dengan penyakit yang terdengar sangat berbahaya ini, panik, hati-hati, ketakutan, cemas adalah sederet perasaan yang tak bisa dipisahkan. Dan itu wajar karena penderita penyakit jantung konon kapan saja bisa “lewat”. Tidak ada hati yang siap unt