Hypermart Online, Cara Mudah Belanja Kebutuhan Selama Lockdown

Pesanan dari Hypermart Online tiba di rumah dengan aman | Foto: Dokumen pribadi

Kian kemari, jumlah pasien Covid 19 kian bertambah. Kabar baiknya adalah jumlah pasien sembuh kini jauh lebih tinggi dibandingkan pasien meninggal. Dan jumlah pasien positif yang baru kian berkurang. Meskipun demikian, setiap orang masih diwajibkan untuk mengikuti physical distancing untuk mencegah bertambahnya pasien positif Covid 19. 

Selama pemberlakuan physical distancing ini, bayang-bayang tertular memang terus menghantui, akibatnya untuk keluar rumahpun orang berpikir ratusan kali. Termasuk untuk belanja kebutuhan sehari-hari. 

Salah satu kegiatan yang tak bisa dilepaskan selama pemberlakuan physical distancing ini adalah scroll media sosial. Dan tanpa sengaja ketemu dengan iklan bersponsornya Hypermart. Inti dari iklan tersebut adalah pemberitahuan bahwa customer Hypermart kini bisa berbelanja secara online. 

Sedikit Tentang Hypermart
Hypermart adalah jaringan hipermarket yang memiliki banyak cabang di Indonesia yang menjual berbagai produk sandang dan pangan. 

Setiap akhir bulan, biasanya kami memang ke Hypermart demi melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sebulan ke depan. Belakangan ini ngga bisa karena pemberlakuan physical distancing itu. 

Bisa sihhhh, tapi ya itu, parno tiap kali mau keluar rumah dan papasan sama orang lain. 

Orang itu sehat ngga ya?

Orang itu pake hand sanitizer ngga turun dari kendaraan tadi?

Orang itu kenapa sih ke tempat umum tapi ngga pake masker? 

Sederet pertanyaan ini selaluuu aja timbul tiap kali papasan dengan bermacam-macam orang. Dan ya, daripada malah nambahin dosa karena berpikiran negatif ke setiap orang yang dilihat, lebih baik di rumah aja dan pesan sebisanya dari e-commerce. 

Saat scroll media sosial, ketemu deh iklan yang memudahkan pelanggan untuk berbelanja produk Hypermart online dari rumah aja.

Cara Berbelanja Di Hypermart Online
Cara berbelanja di Hypermart Online cukup mudah. 

Kamu bisa langsung ke website shop Hypermart dan memilah produk yang kamu butuhkan di sana. Berdasarkan pengalamanku, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk belanja langsung di website tersebut:
  • Websitenya cukup berat sehingga loading barang yang kita cari lama sekali. Buat yang ngga sabaran, aku ngga rekomendasiin belanja lewat web ini di bulan puasa kecuali kalau kamu memang sengaja untuk uji kesabaran, ya silahkan. Tapi kalau kamu ngga bisa tahan amarah, ya jangan lewat web. Heehee
  • Suka crush bisa jadi efek dari banyaknya pelanggan yang akses juga aku kurang tau
Selain langsung di website, kamu juga bisa belanja online di Hypermart dengan chat ke nomor WhatsApp store Hypermart terdekat yang ada di kotamu. 

Karena kebetulan aku tinggalnya di Depok, aku coba kontak ke nomor WhatsApp salah satu cabang Hypermart terdekat dariku. Cara belanja online Hypermart ini menurutku cukup mudah, efisien dan cepat. Berikut alur belanja online di Hypermart:

Kirim pesan ke salah satu nomor WhatsApp Hypermart terdekat dengan tempat tinggalmu
Karena akun bisnis, maka tak lama kemudian kamu akan mendapatkan balasan dari admin yang berisikan ketentuan berbelanja. Adapun ketentuan yang dimaksud adalah:


  • Pemberitahuan cabang yang kamu kirimkan pesan untuk memastikan bahwa letak alamat pengiriman dan Hypermart yang kamu kirimkan pesan sudah sesuai
  • Pemberitahuan jam kerja layanan pesan antar Hypermart Online
  • Permintaan untuk share lokasi penerima barang terlebih dahulu
  • Dan ketentuan berbelanja yang mencakup minimum (Rp 150.000) dan maksimum (Rp 400.00) belanja, biaya kirim, metode pembayaran serta pemberitahuan bahwa barang pecah belah dan bermuatan berat TIDAK DIIJINKAN dalam belanja online hypermart ini. 
Bagikan Lokasimu
Sesuai arahan yang disampaikan, kamu bisa membagikan alamatmu terlebih dahulu kepada admin. Menurutku sih untuk memastikan apakah alamat yang kamu berikan memang sudah dipastikan berdekatan dengan Hypermart yang sedang kamu chat. Kan ngga lucu alamatmu di Bekasi tapi chatnya Hypermart di Depok. 

Terima Format Pesanan
Setelahnya kamu akan mendapatkan format pesanan dari admin. 

Pilih Barang yang Kamu Perlukan
Balik lagi sedikit bahasan tentang website shopnya Hypermart. Meskipun websitenya super lamban, kamu bisa menjadikan website tersebut sebagai referensi mencari produk yang kamu butuhkan mulai dari ketersediaan, varian, dan ukuran produk. 

Mengapa hal tersebut diperlukan?

Pada format pesanan, kamu akan diminta untuk melengkapi produk yang kamu butuhkan dengan mengikuti ketentuan berikut: Merek, ukuran, type, warna, rasa dan jumlah yang dipesan

Katakanlah kamu butuh sabun mandi. Kan sabun mandi merek dan ukurannya banyak. Belum lagi ada yang padat ada yang cair. Kalau cuma dicantumkan "Sabun mandi" doang, petugas yang berkewajiban melengkapi pesananmu akan kebingungan. 

Kalau sabun mandi yang dimasukkan ke dalam box belanjamu asal dan kebetulan tidak sesuai dengan seleramu, ya repot. Bisa bisa kamu marah-marah sama petugas dan minta produk tersebut diganti. Padahal, dari awal yang salah sih sebetulnya kamu. 

Selanjutnya admin akan menghubungimu untuk melakukan konfirmasi barang yang kamu butuhkan. Termasuk jika ada produk pesananmu yang kosong. Jika semuanya sudah sesuai, admin akan mengirimimu nominal yang harus dibayarkan termasuk ongkos kirim.

Nominal yang harus dibayar | Foto: Dokumen pribadi

Bayar
Lakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang kamu pilih di awal. Aku pilih bayar pakai OVO, jadi tinggal kirim barcode ke mereka, terima notifikasi, bayar deh.

Sebelum bayar, kamu diminta untuk kirim barcode OVO dulu. Kalau bayarnya debet, mereka akan bawa mesin EDC | Foto: Tangkap layar barcode OVO

Jika transaksi sudah berhasil dilakukan, tinggal duduk manis saja di rumah dan tunggu sekitar 3-4 jam, petugas akan mengantarkan pesananmu tepat di depan pintu. 

Perhatikan merchatnya ya. Pastikan nama yang tertera adalah Hypermart | Foto: Tangkap layar bukti bayar OVO

Mudahkan?

Comments

  1. Wah sayang banget nih kalau websitenya lambat loadingnya. Kayaknya lebih asik kalau bikin aplikasi ya kayak Al*amart jadi nggak ribet chatting segala.

    ReplyDelete
  2. Enak banget cuma pesan lewat WhatsApp. Gampang dan mudah.

    Sebelum PSBB Mpo suka belanja di hypermart karena ada harga spesial kalau pakai ovo/gopay

    ReplyDelete
  3. Wah.. bisa ya belanja online di hypermart.kl gini jd enak gak perlu keluar rumah dan praktis langsung diantar ke rumah ua.

    ReplyDelete
  4. Layanan belanja Online seperti ini sangat membantu banget ya ka. Soalnya kita kuatir juga kalau harus belanja di tempat umum.
    Mau cobain juga ahhh layanannya :)

    ReplyDelete
  5. Oh iya ini sy pernah baca di mana gitu, ternyata bisa beneran. Besok coba lah biar aman

    ReplyDelete
  6. Sayang banget di Cianjur blm ada Hypermart. Sedih deh jadi masyarakat Cianjur ini, selalu terbelakang padahal lokasi strategis berada di dekat Bogor dan Bandung...

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu ada kemudahan belanja online hypermart. Padahal aku nih belanjanya selalu di hypermarket. Ntar coba online ah

    ReplyDelete
  8. Aku beberapa minggu lalu juga nyobain belanja online di Hypermart, karena kebetulan beberapa supermarket sedang full terus kepikiran ke Hypermart deh cobain. Ternyata semua barang kebutuhanku lengkap disana, soalnya setiap belanja online suka ada aja yang gak ada barang yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  9. Btw,itu tulisan maksimal belanjanya, keknya kurang angka 0 dah, hahah.

    Kalau lewat website entah memang web nya yang berat harus didukung juga dengan internet yang kuat jadi lebih asik belanjanya. Untungnya bisa pesan lewat WA jadi makin simple.

    ReplyDelete
  10. Belum pernah nyoba sih.
    Tapi klo web nya menguji kesabaran mending datang langsung aja kali ya
    Apalagi ada hypermart dekat bgt dari rumahku

    ReplyDelete
  11. Wah ini sih ngebantu banget ya mba. Hypermart dari tempatku jauh mba. Dan emang gak biasa belanja disana sih .. tapi memang baiknya supermarket minimarket memberikan service seperti ini untuk memudahkan customer ya mba

    ReplyDelete
  12. Ini dikirimnya sameday, kak?
    Aku belum pernah juga belanja online. Saat ini kami belanja ke mini-market dekat rumah.

    ReplyDelete
  13. Memang harusnya semua supermarket sudah berbenah nie menghadapi covid ini salah satunya dengan menyediakan sistem online

    ReplyDelete

Post a Comment