Alasan Takut Ke Dokter Gigi dan Pertemuan dengan Dental Legends Indonesia


Drama Scalling Gigi
Sebetulnya rencana untuk scalling gigi ini sudah aku rencanakan dari 2 bulan lalu. Baca-baca berbagai testimoni lagi, ragu-ragu lagi.

Ragu-ragunya receh banget. Cuma karena baca di cerita temen-temen blogger rasanya ngilu, sakit, dan berdarah. Aku takut, parno, akhirnya ragu lagi.

Sebetulnya bukan masalah ketakutan ini doang, ada beberapa alasan takut ke Dokter Gigi:
  • Doktrin bahwa Dokter Gigi adalah salah satu makhluk terseram di muka bumi
  • Biaya yang mahal
  • Males sendirian
  • Kerjaan kantor yang ngga ada habisnya
  • Lokasi klinik dari rumah atau kantor lumayan jauh
Meski demikian, tetep sih, keinginan untuk membersihkan karang gigi itu tetap hadir. Soalnya aku ngerasa kondisi karang di mulutku sudah sangat bikin tak nyaman. Selain merusak estetika gigi, gigi berkarang juga bikin ngga percaya diri untuk ketawa lepas, serta jadi salah satu faktor pemicu bau mulut. 

Jadi coba perhatiin temanmu, kalau ada yang ketawanya ditutup tutupin atau malu malu buat ketawa lebar, jangan jangan plak gigi nya tebel. Hahaha

Aku coba meyakinkan diri bahwa urusan scalling ini ngga bakal seseram yang ada di pikiranku.  Hahaha. Sampe sebegitunya ya ampun. 

Akhirnya akhir bulan 9 kemarin, aku coba atur appointment dengan salah satu dental di daerah Depok. Aku udah sesuaiin jadwal dengan Dokternya 2 Minggu dari komunikasi itu. Eh, dua hari sebelum appoinment tiba, aku remind lagi. Dan diundur sepihak karena dokternya sedang ada seminar. 

Tuh kan, giliran aku udah mantepin hati dan ngelawan takut, eh, Dokternya yang ngga bisa. Sempet kepikiran, apa emang si plak gigi ini seengga rela itu ninggalin gigi gue? Kok kayaknya semesta menunda-nunda keinginan untuk scalling?

Oh iya, sebelum atur appoinment di dental Depok, aku juga udah coba komunikasi sama dental lain yang katanya banyak dipake artis. Iklan di IG juga gencar banget, di testimoni juga banyak yang bilang respon cs sangat ramah dan cepat. 

Aku wa tuh malem, wa lagi besoknya. Ga dibales euy. Hahaha. Dalam hati bingung, ini testimoni bayaran semua apa ya? Wkwkwk. 

Karena ngga dibales, aku dm di IG. Masih coba berpikiran positif, barangkali admin wa lagi sibuk.

Aku report kalau wa aku udah 2 hari ngga dibales. Pertama sih dibales, aku bahkan diminta untuk melengkapi form dari mereka.

Aku isi dong, eh habis itu dikacangin lagi gue. 

Berjarak beberapa jam, ditanya lagi sudah ada respon dari CS WA atau belum. Ogah banget ya ampun ngeladeninnya. Kan aku customer ya, sama-sama butuh kok. Mereka butuh aku untuk income, dan aku butuh mereka untuk kesehatan gigiku.

Memutuskan Treament Gigi ke Dental Legends Indonesia

Area tunggu berhadapan dengan area receptionist

Tau kan kalau kita cari salah satu topik di Instagram, pasti di feed yang muncul adalah hal-hal seputar pencarian.

Nah, satu waktu, aku nyari dental gigi yang dekat dengan rumah di Depok atau dekat kantor di Jakarta Selatan.

Muncullah si Dental Legend Indonesia ini. Aku coba kirim wa dan ya, gayung bersambut. Pesanku langsung dibalas, mereka langsung kasih penawaran harga promo dan hari itu juga aku memutuskan ke sana karena kebetulan lokasinya juga tak begitu jauh dari kantor.

Di WA, harga promo yang dikirimkan itu 199.000 untuk grade 2 dari harga normal 500.000 Aku tulis grade 2 aja ya, soalnya setelah pengecekan, kondisi gigiku ada di grade itu.

Begitu ngobrol sama Dokternya, eh ternyata 299.000 kecolongan gue 100.000. Tapi ya sudah, terbayar karena kebetulan Dokternya juga ramah dan baik kasih penjelasannya. Semoga ke depan kejadian begini ngga terulang lagi. Kebayang ngga kalau gue pegang duit pas-pasan?

Pengecekan dan Fakta Tentang Gigi Rusak yang Tersembunyi
Aku diminta untuk tiduran dengan lampu diarahkan ke mulut. Sisi per sisi gigi difoto kemudian ditunjukkan padaku. Dan sejujurnya, aku geli sendiri ngeliat plaknya. Hahah.

Kebetulan gigi sebelah kiriku berlubang. Sesadarku, ya hanya itu yang berlubang. Ternyata, setelah dibersihkan, ada 3 gigi berlubang yang harus dibereskan. Walaupun dua lainnya tak separah yang terlihat.

Menurut Dokter, dua gigi berlubang lainnya terlihat normal sebelum dibersihkan dan aku melihat itu di foto gigi sebelum dibersihkan. Semacam gigi rusak yang tersembunyi. Akhirnya hari itu ada dua treament yang kujalani, scalling gigi di Dental Legends Indonesia dan tambal gigi.

Sakit Ngga Sih?
Ditanya sakit atau ngga, balik lagi ke kondisi gigi kalian masing-masing. Kondisi gigi taring kanan atasku gusinya terangkat. Ini yang membuat sedikit tidak nyaman selama proses perawatan gigi. Tiap kali terkena selalu ngilu. Dan aku ngga suka.

Selama proses scalling sebetulnya ngga sakit, sesekali ngilu iya. Itupun di bagian gigi yang plaknya cukup tebal. Geli lah pokoknya kalau diliatin mah.

Beda scalling beda pula nambel gigi. Nambal gigi sedikit berbeda karena gigi harus dibor dan dibersihkan terlebih dahulu. Sakit? Iya. Yang bikin lebih sakit lagi adalah CAPE TERNYATA NGANGA 2 JAM CUYYY. Cape. Tapi gitu-gitu, di tengah-tengah perawatan, gue masih sempet ketiduran. Hahahha

E tapi tenang aja, jika dalam proses penanganan ternyata kamu cape, kamu bisa angkat tangan kiri sebagai bentuk permintaan istirahat. Segampang itu kok

Keunggulan Dental Legends Indonesia
Berdasarkan pengalamanku perawatan gigi di sana yang ditangani oleh Drg. Amalia, berikut adalah beberapa keunggulan yang dapat kusampaikan:

  • Lobby yang nyaman dan menyenangkan
Lobby nyaman dan menyenangkan
  • Tersedia minuman kemasan bagi pasien dan teman pasien. 

  • Dokternya muda tapi profesional dan hasilnya memuaskan sih menurutku. Cantik juga btw.
  • Customer Service yang responsif dan ramah
  • Dijaga oleh petugas keamanan 

  • Terdapat banyak informasi seputar edukasi kesehatan gigi di websitenya
  • Banyak penawaran menarik
  • Metode pembayaran yang beragam
  • Konsultasi gratis
  • Reminder appoinment biar kamu ngga kelupaan
  • Dokternya memberikan edukasi perawatan gigi setelah penanganan

Mahal ngga, Sih?
Dari dua treatment yang kujalani, total yang harus kebayar sekitar Rp 1,3jt. Biaya pribadi.

Ya kalau yang ini optional ya Bu. Mahal menurut aku kan belum tentu mahal menurut kamu. Murah menurut aku kan belum tentu murah menurut kamu.

Tapi kalau masalahnya adalah gigimu udah sakit banget atau plaknya udah tebel banget karena memang udah lamaaaaaa banget ngga pernah ke Dokter Gigi, kurasa harga ini sepadan.

Terakhir, menyikat gigi itu ngga boleh terus-terusan karena akan merusak enamel gigi. Cukup pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Cara gosoknya pun tak boleh terlalu kuat tapi tidak terlalu lembut juga.

Merawat gigi adalah keharusan sejak dini, tapi banyak alasan orang-orang takut ke Dokter Gigi sehingga abai akan kesehatan gigi. Ketika sudah mengalami kerusakan parah dan terasa sangat menyakitkan, maka Dokter Gigi akan selalu menjadi alasan kuat di balik rasa takut tersebut. Tidak heran banyak orang yang mengalami trauma terhadap Dokter Gigi, terutama anak-anak.

Padahal, jika saja mau memberikan waktu dan menjadikan kontrol gigi ke Dokter Gigi adalah rutinitas, tidak perlu ada drama sakit. Dokter Gigi tak semenyeramkan itu kok. Makasih Drg. Amalia :)

Data Klinik:
Nama klinik: Dental Legends Indonesia
Alamat: Jl. Minangkabau No 44 ps. Manggis Kec Setiabudi. Jakarta Selatan
Nama Drg: Drg. Amalia
Kontak CS 0822-1133-3853
Total biaya: Kurleb Rp 1,3jt

Comments