Serunya Mengikuti Test CPNS di Kementerian Pertanian

Di ruang tunggu sebelum memasuki area registrasi | Foto: Efa Butar butar

Yuhuuu, mana nih suaranya para pejuang CPNS? Tetap semangat, terus belajar jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua sebelum test CPNS nya ya.

Kebetulan, dari sekian ratus ribu peminat CPNS, aku salah satu di dalamnya. Heheh. Aku ambil Kementerian Pertanian dengan jabatan sesuai bidang yang dulu kuambil saat kuliah.

Dan sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kementan dalam websitenya, untuk wilayah DKI Jakarta, ujian dilaksanakan di gedung Auditorium Kementerian Pertanian tanggal 11-14 Februari 2020 menyusul lokasi lain yang sudah lebih dahulu melaksanakan ujian.

Dan hari ini, Rabu 12 Februari 2020 adalah jadwalku dan ratusan peserta lainnya untuk ujian. Tulisan ini kubuat setelah mengambil tas dan keluar dari ruangan ujian.

Dan sebagai peserta yang telah menyelesaikan tanggungjawabnya, lega ya tentu saja. Aku sudah melaksanakan tanggung jawabku untuk melakukan yang terbaik dalam test ini dan selebihnya, aku menunggu informasi lanjutan apakah nilai yang kubawa pulang ini bisa mengantarkanku untuk menduduki satu kursi di Kementerian Pertanian seperti yang aku dan keluargaku harapkan.

Berhubung aku sudah selesai ujian dan masih banyak teman teman yang belum, ijinkan aku berbagi sedikit cerita dan pengalaman sebelum, saat dan sesudah menjalani test ini yang mungkin akan sangat bermanfaat juga buat teman-teman sekalian.

Datang Tepat Waktu
Namanya ujian, sebisa mungkin persiapkan pakaian untuk dikenakan besok. Siapkan pula Kartu ujian asli dan KTP asli, segera masukkan ke dalam tasmu.


Tidak perlu membawa ijazah, kartu keluarga atau dokumen lain. Sejak awal, di pengumuman pun panitia sudah menyampaikan bahwa yang perlu dibawa oleh peserta hanya kartu ujian dan KTP asli (2 hal ini jangan sampai ketinggalan ya)

Untuk itu, jika ada pihak lain yang memintamu untuk membawa berkas lain, jangan ragu untuk mengabaikan. Karena saat persiapan memasuki ruang ujian pun, dokumen tersebut memang TIDAK DIBUTUHKAN.


Datanglah tepat waktu, yakni 90 menit sebelum test dimulai seperti yang diminta oleh panitia.

Fungsinya banyak, kamu bisa lebih tenang dan tidak panik karena terlambat, nikmati juga pemandangan bagaimana kamu dan peserta lain bersiap untuk ujian dengan wajah-wajah antara excited juga panik. Hehhe. Lucu!

Alur
1. Lihat no.urut
Tiba di Kementerian Pertanian, segeralah menuju ruang Auditorium. Tanyakan pada petugas keamanan jika tidak tahu. Tapi jika kamu jeli, sebetulnya sudah ada petunjuk di area kementerian pertanian untuk menuju gedung tersebut.

Peserta melihat nomor urut | Foto: Efa Butar butar

Akan ada petugas yang membantumu di sana. Hal yang pertama yang disampaikan adalah agar kamu melihat nomor urutmu di data yang telah ditempelkan. Silahkan lihat sendiri nomor urutmu sesuai jadwal sesi masing-masing.

Ini juga salah satu manfaat datang cepat. Kamu bisa cari tahu nomor urutmu dengan tenang. Buat yang baru dateng saat peserta lain sudah di dalam, dianjurkan untuk melihat nomor urutnya saat registrasi.

Tuliskan nomor urut tersebut di bagian atas kanan kartu ujian.

Seluruh peserta per sesi akan dikumpulkan di ruang tunggu. Selanjutnya petugas atau pembicara akan memberikan arahan akan hal apa yang perlu kamu perhatikan dan lakukan.

2. Masuk ke Ruang Tunggu
Selanjutnya peserta yang sudah dikumpulkan di ruang tunggu diminta untuk memasuki ruang registrasi.

Akan ada petugas yang melakukan pengecekan terhadap tasmu di pintu masuk.

3. Registrasi
Tahapan selanjutnya adalah menandatangani form di bagian registrasi.

4. Penitipan tas
Seluruh peserta akan diarahkan untuk menitipkan tas. Kamu akan mendapatkan kartu loker untuk kamu tunjukkan nanti saat pengambilan tas

5. Absensi
Peserta juga akan diminta untuk menandatangi dan mengisi absensi sebanyak 2 kali. Termasuk pin yang akan kamu dapatkan saat proses registrasi.

6. Cap Stempel sebagai Peserta Ujian
Lalu, seluruh peserta akan menyerahkan satu lembar ujian kepada panitia lainnya. Kartu tersebut akan diberi stempel begitupun dengan tanganmu sebagai petunjuk bahwa kamu adalah peserta ujian.

7. Pemeriksaan Badan
Akan ada dua petugas berdiri persis di sebelah panitia yang mencantumkan cap stempel di tanganmu. Fungsinya adalah melakukan pengecekan badan untuk memastikan tidak adanya kecurangan, atau benda lain yang dibawa oleh peserta saat ujian.

Sudah dengarkan kalau ada peserta ujian CPNS di Bandung yang kedapatan membawa jimat saat tes? Intinya adalah, pengecekan ini berfungsi untuk keamanan seluruh peserta ujian.

Tenang saja. Petugas perempuan untuk peserta perempuan dan petugas laki laki untuk peserta laki laki kok. Jadi aman.

8. Masuk ke ruang tunggu
Peserta yang sudah diperiksa akan diarahkan memasuki ruang tunggu. Di sini, peserta akan mendapatkan arahan lewat video yang diputar terkait banyak hal. Mulai dari pemahaman seputar wawasan kebangsaan, intelegensi umum dan karakteristik pribadi.

Lewat video tersebut, kamu juga akan mendapatkan informasi tentang Passing grade atau nilai ambang batas masing-masing kategori tes dan jumlah waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal soal tersebut. Termasuk juga informasi hal apa yang harus kamu lakukan jika terjadi kendala saat ujian berlangsung. Huuu, baca ini aja rasanya udah makin deg degan ya?

9. Masuk dalam ruang ujian
Sebelum memasuki ujian, panitia akan membagikan selembar kertas untuk coretan saat ujian. Di masing-masing meja peserta juga sudah disediakan pensil. Jadi ya, TIDAK PERLU membawa alat tulis ya.

Di sini, aku cuma mau bilang.
Selamat bertarung, semoga Tuhan Allah dan semesta berkenan atas setiap jerih payahmu.

Oh iya, tidak ada foto untuk melengkapi penjelasan alur ini ya karena saat memasuki area registrasi, hp sudah harus masuk tas dan ikut disimpan di loker.

Tips
Selain datang tepat waktu, ada sedikit tips nih buat teman teman.

Disarankan untuk minim penggunaan perhiasan 

Seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya, bahwa yang dibutuhkan hanya kartu ujian dan KTP asli, maka seluruh benda lain HARUS dimasukkan ke dalam tas dan ikut disimpan ke loker.

Untuk itu, tidak perlu menggunakan banyak perhiasan karena akan merepotkan. Perhiasan yang kumaksud termasuk juga jam tangan. Oh iya, jaket juga harus masuk tas lho ya.

Sarapan 
Sarapan lah dari rumah agar kamu bisa konsentrasi dalam menjalani ujian.

Kenakan Pakaian yang Nyaman
Gunakan pakaian yang nyaman dan ikuti aturan yang diminta. Kemeja putih, celana atau rok hitam dan sepatu hitam. Jangan kenakan sandal ya!

Ke Kamar Kecil Sebelum Masuk Ruang Ujian 
Pergilah ke kamar kecil sebelum ujian dimulai. Pastikan kondisi diri aman, nyaman dan benar-benar siap mengikuti ujian ngga pake kebelet pipis atau pup. Heheh.

Kesan
Ujian CPNS kali ini menurutku cukup berkesan.


Dari setiap alur yang kurinci di atas, ada masing-masing panitia yang cekatan menangani. Ngga ada yang namanya peserta kebingungan harus kemana dan bagaimana, panitia sigap membantu dan mengarahkan.

Tersedia minuman untuk peserta. 
Seru ya, ujian mana coba yang malah kasih minuman ke peserta? Test kali ini, disediain gelas mineral untuk peserta yang membutuhkan.

Tim medis yang siaga
Ada juga tim medis yang siaga untuk kemungkinan peserta yang ambruk sebelum, saat atau sesudah ujian (selama masih dalam lingkungan kementerian pertanian ya).

Panitia yang humoris.
Untuk meminimalkan rasa tegang peserta, ada saja tingkah panitia yang membuat lucu. Lumayanlah sedikit menghibur.

Yang Dateng Sendirian, Awas Baper!
Buat kamu yang berjuang sendirian, aku berdoa agar semesta dan kerja kerasmu memberikan hasil yang menyenangkan hatimu. Jangan berkecil hati karena datang sendirian sementara peserta lain datang ditemani orang tua atau pacar.

Lokasi tunggu orang tua peserta | foto: Efa Butar butar

Tetap semangat. Ingat kalau kamu berangkat juga sudah dibungkus restu orang tua, ngga sendirian. Ingat juga mimpi yang mengantarkan kakimu menginjak kementerian pertanian di hari ujianmu, jangan sampai hal sepele seperti ini malah membuat semangatmu down yaa.

Hasil ujian langsung terlihat di layar
Begitu selesai ujian, kamu bisa lihat nilaimu sendiri di layar monitor apakah nilaimu melewati passing grade masing masing kategori ujian atau tidak.


Dan kamu lihat urutan nilaimu di monitor depan di samping ruang tunggu. Nilai ditampilkan berdasarkan server. Kamu akan tau tentang ini setelah masuk dalam ruang ujian.

Itu kenapa ujian ini juga begitu transparan dan tidak ada suap-suapan. 

Kamar mandi bersih
Walau banyak sekali peserta, ruangan yang dingin sehingga bikin lebih cepat bolak balik kamar mandi, sejauh yang kulihat kondisi kamar mandi tetap terjaga dan tidak ada meninggalkan bau sedikitpun.

Walaupun ada petugas, bersifat lah kooperatif dengan ikut menjaga kebersihan kamar mandi ya. Katanya mau jadi staff, masa urusan kamar mandi aja ngga beres? Heheh.

So far, two thumb ups buat seluruh panitia yang sudah memberikan layanan terbaik bagi seluruh peserta ujian penerus mereka. Aku cintaaaaa!

Kisi-kisi
Oh iya, ketinggalan.

Bolak balik aku bukan laman group Facebook, masih banyak saja yang minta kisi-kisi.

Nah terkait kisi-kisi, aku mau kasih sedikit bocoran nih:

Belajar, belajar, belajar dan berdoa. Hehehe. Itu kisi-kisi dariku.

Terakhir
Terakhir, terimakasih untuk diriku, untuk kekasihku  yang mau berjuang jauh jauh dari Lampung, untuk kamu yang baca blog ini dan untuk semua peserta ujian CPNS yang sudah berkenan memberikan waktu dan berjuang untuk sebuah mimpi. 

Terimakasih sudah melakukan yang terbaik. Apapun hasilnya, kamu harus ingat, bahwa yang kamu dapat adalah hasil dari kerja kerasmu sendiri.

Teruntuk kamu yang masih dan yang akan berjuang menaklukkan test ini, Tuhan menyertai.

Komentar

Posting Komentar