SehatQ, Cara Baru Pantau Kesehatan Keluarga dengan Mudah dan Sederhana

Kesehatan keluarga adalah prioritas utama. Foto: Dokpri

Bicara tentang kesehatan itu luas sekali. Sehat bukan hanya tentang dapat berjalan, berlari, beraktifitas seperti biasa. Sehat juga mencakup kemampuan mental untuk menghadapi suatu masalah yang timbul dalam kehidupan baik yang hadir perlahan ataupun yang muncul secara tiba-tiba seperti sebuah kecelakaan yang mengharuskan seseorang kehilangan orang tercintanya.

Sehat juga berbicara tentang kemampuan diri menerima makanan untuk diolah dalam tubuh dan menjadi energi untuk beraktifitas. Sosialisasi yang baik juga mengindikasikan kesehatan jiwa yang baik. Pada intinya, kembali lagi, sehat itu meliputi banyak hal. Jiwa dan raga.

Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam hidup manusia. Dan penerapan hidup sehat sendiri berawal dari keluarga.

Kebiasaan hidup sehat dimulai dari rutinitas keluarga yang dirasakan sejak kecil. Bagaimana orang tua beraktifitas, bagaimana orang tua berkomunikasi satu sama lain juga kepada anak-anak, bagaimana orang tua mengatur menu makan untuk pemenuhan gizi anggota keluarga, bagaimana orang tua mengajak anak untuk berolahraga, sampai bagaimana orang tua melakukan penanganan terhadap salah satu anggota keluarga yang terkena penyakit.

Sedikit Cerita Sakit Saat Remaja
Aku tidak begitu dekat dengan Bapak saat kecil. Beliau kebetulan perantau ulung namun masih terus menunjukkan perhatian kepada kami dengan caranya sendiri - lewat Mama tentu saja.

Aku duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) saat itu. Dan Bapak kembali ke rumah. Aku memang tak banyak bicara, bukan karena aku tak suka - bagaimanapun tak dekatnya aku dengan Bapak, aku tetap rindu sosok Bapak yang bisa mengajariku berbagai hal yang tak bisa kudapat dari Mama - lebih kepada kondisiku saat itu demam tinggi yang membuatku malas untuk melakukan apapun.

Berhubung aku juga orangnya keras kepala, aku memutuskan untuk menahan saja. Tak ingin merepotkan Mama apalagi Bapak yang baru saja tiba. Beliau butuh istirahat lebih. Satu lagi, sebetulnya aku takut dengan jarum suntik.

Sampai akhirnya tengah malam tiba, dan badanku tak lagi kuat untuk menahan demam yang makin tinggi. Aku tetap tak bilang apa-apa pada kedua orang tuaku, hanya saja badanku tak bisa berbohong.

Aku menggigit lidah dan badanku gemetar hebat. Mama panik, Beliau memegangku sembari memanggil Bapak. Kali itu aku selamat karena badanku berulah saat bapak ada di rumah.

Aku hanya ingat Mama memakaikan aku jaket lalu Bapak menggendongku. Kutebak, di tengah malam yang pekat itu, kami bertiga akan melintasi jalan sepi untuk ke rumah satu satunya bidan di kampung saat itu. Dan mengganggunya untuk kesembuhanku.

Usai menerima suntikan dan beberapa obat yang terbungkus dalam plastik biru, bapak menggendongku lagi. Kembali menembus malam untuk pulang ke rumah.

Ragam Jenis Penyakit 
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, penyakit adalah sesuatu yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau kelainan sistem jaringan pada organ tubuh.

Lagi-lagi, penyakit itu banyak sekali. Dari A sampai Z ada. Dari yang kerap didengar oleh awam hingga nama penyakit yang hanya dibicarakan oleh orang-orang medispun banyak.

Bagi awam, mengenali satu persatu nama penyakit ini mungkin malah akan menambah penyakit saking banyaknya. Namun tak salah juga jika ingin tau meski hanya sepintas tentang penyakit-penyakit tersebut.

Cukup mudah sebetulnya, siapapun selama terkoneksi dengan jaringan internet kini memiliki kesempatan yang sama untuk mengetahui lebih banyak tentang berbagai penyakit. Salah satu cara mudahnya adalah dengan berkunjung ke SehatQ.com

Bukan hanya itu, selain memberikan penjelasan tentang berbagai penyakit, SehatQ juga memberikan penjelasan lengkap tentang:
  1. Gejala, 
  2. Penyebab, 
  3. Diagnosa, 
  4. Pengobatan, 
  5. Pencegahan, sampai
  6. Rekomendasi waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter

Kembali tentang pentingnya kesehatan dalam keluarga.

Orang bijak mengatakan jauh lebih baik mencegah daripada mengobati.

Dalam berbagai Artikel Kesehatan yang terdapat pada SehatQ.com, seseorang bisa mencari tau hal-hal apa yang harus dihindari agar terhindar dari penyakit tertentu.

Aku pernah mengalami hal yang tak menyenangkan saat remaja dulu. Saat aku sakit sampai tak sadarkan diri untung saat itu ada Bapak di sana.

Aku tak lagi menggantungkan urusan kesehatanku pada kedua orangtuaku, sebaliknya, kesehatan mereka berdua adalah tanggungjawab kami bertiga anak-anaknya.

Rasanya tak ingin mendengar orang tua sakit. Belum siap lahir dan batin jika sesuatu hal yang tak diinginkan terjadi pada keduanya sementara aku berada di kejauhan.

Untuk itu, aku punya alasan yang kuat terus terusan memantau kondisi terkini orangtua lewat telepon. Menanyakan perasaannya jikalau ada perasaan perasaan tak enak di bagian tubuh tertentu.

Dengan cara yang sedemikian rupa, aku berupaya agar orangtu membuka diri tentang kondisi kesehatan keduanya tanpa merasa membebaniku. Untunglah orangtua juga bersifat kooperatif sehingga lebih memudahkan pengecekan berkala.

Lalu bagaimana aku melakukan pengecekan kesehatan keluarga yang kumaksud?

Memberi perhatian pada kesehatan keluarga berarti harus mengoptimalkan terlebih dahulu kesehatan pribadi agar dapat memberikan perhatian kepada kesehatan-kesehatan orang lain.

Meski tak sering, sekarang aku beberapa kali berkonsultasi pada dokter lewat SehatQ.com untuk menjawab berbagai rasa penasaran tentang kesehatan.

Sebetulnya, ada banyak alasan kenapa aku memutuskan untuk memercayakan kesehatan keluargaku pada SehatQ:

1. Mudah diakses. Bisa lewat website SehatQ.com atau bisa menginstal aplikasinya
2. Ukuran aplikasi kecil hanya sebesar 8,2 MB
3. Terdapat banyak sekali pilihan Dokter dengan beragam spesialisasi dan di beragam lokasi
4. Konsultasi dengan dokter bersifat anonim sehingga keamanan data diri terjamin dan aku bisa melepaskan semua yang kurasa tanpa perlu malu dan khawatir karena nama tidak akan tampil atau terekspos ke publik
5. Sangat membantu untuk mencari tau diagnosa dan penanganan. Tapi perlu digarisbawahi, jika sudah dalam keadaan penyakit berat, sebaiknya bawa pasien langsung ke rumah sakit dan tidak berfokus pada diagnosa dan penanganan yang diberikan dokter lewat diskusi
6. Jika sudah dalam keadaan darurat, kamu bisa melakukan booking langsung dokter yang kamu percayakan sekaligus mendaftarkan diri di rumah sakit yang ingin dituju
7. Di SehatQ, ada banyak sekali pengguna yang berkenan untuk berbagi tentang penyakit yang dideritanya. Sadar atau tidak, membaca beberapa cerita dari mereka memberikan pemahaman tersendiri bagaimana nikmatnya sehat itu. Dan mengajarkan diri agar hal hal yang terjadi pada mereka bisa terhindar dari diri sendiri.
8. Di aplikasi SehatQ, tersedia pula banyak sekali promo yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi sedikit biaya
9. Yang paling penting adalah adanya beragam informasi penting dan akurat yang dibagikan oleh SehatQ lewat artikel-artikel kesehatan yang dirangkum dengan bahasa sederhana sehingga lebih mudah diterima dan dipahami oleh umum. Hal yang sama juga akan didapatkan ketika berkonsultasi dengan dokter, pengguna bisa dengan mudah memahami penjelasan dokter karena penjelasannya yang singkat, padat, jelas dan ringan.
10. Adanya fitur "Tambah Keluarga" untuk memudahkan kontrol kesehatan anggota keluarga yang dapat didaftarkan dalam satu akun.

Dengan berbagai kemudahan tersebut, mengontrol kesehatan orangtua kini dapat dilakukan dengan mudah.

Komentar