Bingung Cara Nonton Di Bioskop Pertama Kali? Cari Tahu Di Sini!

Foto: Efa Butar butar
Tentang Bioskop dan Sederet Alasan
Seiring dengan hadirnya bioskop baru di Pematangsiantar, aku mencoba mengajak beberapa teman lama untuk reuni di bioskop baru tersebut dan menjawab rasa penasaran seperti apa sih "wajah" bioskop yang bakal jadi andalan masyarakat Pematangsiantar ini?

Tak disangka, keberadaan kami di bioskop itu ternyata adalah cerita pertama teman-temanku. Hari itu adalah kali pertama mereka masuk ke bioskop.

Beda orang memang beda selera. Ya tidak masalah. Kalau aku dasar orangnya suka nonton, jadi di ibukota meski ngga sering beberapa kali nyisihin gaji khusus buat nonton. Beda denganku, salah satu temanku bahkan sempat berujar bahwa kegiatan kami saat itu hanya "buang-buang duit saja" sedang temanku yang lain malah bertanya "mengapa banyak sekali orang yang doyan keluar masuk bioskop?"

Menjawab pertanyaan ini, dari aku pribadi, setidaknya aku punya dua jawaban pasti:
1. Gaya hidup
2. Update perfilman lokal dan international. Biar ngga ketinggalan-ketinggalan amat. Karena aku sendiri emang doyan nonton sih. Hehehe.

Mungkin bagi yang belum pernah sama sekali, ya biar pernah. Jadi ngga penasaran lagi.

Setidaknya ini jawabanku. Beda denganku, beda pula dengan temanku yang beranggapan bahwa nonton itu hanya buang-buang waktu dan uang saja. Ngga apa-apa, toh pemahanan masing-masing orang tentang beragai aspek tidak bisa dipaksakan. Termasuk tentang nonton film di bioskop.

Kembali tentang pertama kali nonton di bioskop. Dulu aku pertama kali masuk bioskop juga ngikut doang sama teman yang ngajakin karena ngga ngerti harus apa dan bagaimana. Cuma ngeliatin sembari belajar dalam diam. Hehehe. Lambat laun, aku paham dan ternyata tidak sulit-sulit amat.

Ini dia tahapan yang harus kamu ketahui:
1. Pilih dan Tentukan Film yang Ingin Ditonton
Film yang tersedia dalam satu bioskop cukup beragam. Jadwal tayangnya juga banyak.
Untuk itu, jika kamu memutuskan untuk membeli tiket langsung pada petugas di bioskopnya, sebaiknya tentukan film yang ingin kamu tonton. Eh, jangan lupa untuk memilih film yang sesuai dengan umur yaaa.

Jika sudah memilih film, perhatikan jadwal tayang yang tersedia di layar monitor. Pilih jadwal tayang yang tepat dengan waktu kosongmu. Sehingga kamu tidak terburu-buru ke bioskop dan bisa menonton dengan tenang serta tidak terlewat sedikitpun film yang kamu tonton.

2. Beli Tiket
Pembelian tiket saat ini cukup beragam.
Bisa lewat website, aplikasi termasuk aplikasi OTA yang menyediakan fitur "hiburan" atau bisa juga langsung ke bioskop itu sendiri dan pesan di sana.

Sama-sama bakal dapat tiket sih, tapi kalau pesan secara online, kamu ngga perlu ngantri panjang-panjang untuk mendapatkan tiket. Apalagi jika film yang ingin kamu tonton sudah dinanti-nanti oleh banyak orang dan memiliki banyak peminat. Hmmm, siap-siap ngantri deh sampe pegel.

Perhatikan juga tempat duduk yang akan kamu pilih ya. Biasanya, petugas akan menunjukkan denah tempat duduk berikut dengan informasi kursi yang telah dan belum terisi.

Jika belum paham, tanyakan kepada petugas dimana letak layar. Demi kenyamanan saat menonton, sebaiknya tontonlah film sedikit ke belakang. Karena selain film terlihat dengan begitu jelas, lehermu juga tidak akan kesakitan karena kudu ngedangak selama nonton. Hahahah

Oh iya, jika kamu ingin, kamu juga bisa langsung sekaligus memesan Popcorn dan minuman untuk cemilan selama menonton. Ini bersifat optional sih. Kamu beli silahkan, ngga juga ya ngga apa-apa.

3. Tunggu Jadwal Tayang Sesuai yang Dipesan
Jika jadwal tayang film yang kamu pesan masih lama, ngga masalah kalau ingin makan atau kelilingin daerah sekitar dulu. Tapi kalau hanya berselang beberapa menit, sebaiknya tunggu di depan studio sampai jadwal menonton tiba dan studio dibuka bagi seluruh penonton.

Kalau di bioskop lain, pada umumnya ada pengeras suara yang memberikan pengumuman studio mana saja yang sudah dibuka untuk penonton. Namun saat nonton di Cinepolis Pematangsiantar kemarin, pengumuman studio telah dibuka hanya disampaikan oleh security tanpa pengeras suara. Sebaiknya duduklah tak jauh dari studio agar pengumuman bisa kamu dengarkan.

4. Masuk ke Dalam Studio

Untuk mengetahui studio, perhatikan satu angka yang paling besar yang tertera pada tiket. Angka itulah yang menunjukkan studio dimana kamu akan menghabiskan waktu untuk menonton.

Di dalam bioskop, pencahayaan tidak cukup terang. Namun masih jelas terlihat jika studio baru di buka dan film belum mulai ditayangkan. Perhatikan huruf-huruf yang tertera pada tiap barisan kursi.

Masuklah ke dalam barisa huruf yang sesuai dengan yang tertera pada tiketmu. Pada tiket di atas, penonton mendapatkan bangku ke dua di huruf B. Maka penonton tersebut harus masuk ke baris B dan duduk di bangku ke dua.

Jangan sampai salah ya. Karena sekali kamu salah tempat duduk dan film dimulai lalu pemilik kursi yang sebenarnya datang, dikhawatirkan akan menimbulkan ketidaknyamanan pada penonton lain.

5. Pastikan Jadi Penonton yang Baik
Nah, jika sudah duduk di kursi yang telah ditentukan di tiket, maka jadilah penonton yang baik.
Ikuti setiap arahan yang ditayangkan sebelum film dimulai.

Bahkan jika film telah selesai tayangpun, tetaplah menjadi penonton yang baik. Bawa pulang seluruh bungkus makananmu dan buanglah di tempat yang telah disediakan di luar studio sekalipun kamu telah melihat petugas kebersihan di sana.

6. Bagaimana jika Ingin ke Toilet Saat Film Berlangsung?
Tidak masalah. Tetap pegang tiketmu dan bawalah saat ke toilet. Ini hanya untuk jaga-jaga aja sih, soalnya aku pernah ke toilet saat di pertengahan film dan sekembalinya ke studio, ada petugas yang meminta ditunjukkan tiket. Untung aja saat itu bawa.

Pergilah ke toilet selesaikan urusanmu dan kembalilah ke studio agar film yang terlewat tidak begitu banyak. Tunjukkan kembali tiketmu jika diminta oleh petugas. Teruslah masuk ke studio jika di depan studio tidak ada lagi petugas yang berjaga.

Oh iya, di Cinepolis Pematangsiantar, pastikan kamu sudah memiliki tiket ya. Berbeda dengan bioskop lannya, di sana, pengunjung tanpa tiket tidak memiliki akses menuju toilet. Hahahha.

Comments