Skip to main content

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Liburan.

Liburan emang penting, tapi jangan sampai kehidupan setelahnya jadi genting

Saat ini liburan sudah menjadi gaya hidup. Siapa sih yang tak ingin liburan setelah menanggung banyak tanggungjawab dan beban baik di keluarga maupun di pekerjaan? Tentu tidak ada, bukan?

Liburan adalah momok penting untuk mengisi kembali semangat beraktifitas yang mulai pudar. Untuk itu, agar liburan yang sudah kamu rencanakan dari jauh-jauh hari malah berujung berantakan, kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut:

1. Destinasi dan itenerary
Misi misi, Bu Pilot siap terbang nih 🤪

Jika selama ini kamu memiliki banyak sekali list tempat yang ingin dikunjungi namun belum terealisasi, coba cek kembali list mu dan cari tahu informasi terupdate tentang list tersebut. 

Kamu bisa mencari tahu tentang estimasi biaya ke sana, tapi juga tak boleh melupakan tentang cuaca, musim, penyakit yang sedang ramai diberitakan di tempat tersebut jika ada, atau kejadian menyeramkan. Jika memang hal-hal di atas terjadi di daerah yang akan kami kunjungi, sebaiknya tahan diri dan beralihlah ke list impianmu yang lain. 

Jangan lupa juga untuk mencari tahu hal-hal manis apa yang sedang terjadi di tempat tersebut. Seperti sakura di negara Jepang, misalnya. Moment ini tentu tepat sekali untukmu dan orang tersayang untuk menghabiskan waktu bersama. 

Jika sudah menentukan daerah - baik dalam negeri atau luar negeri - yang akan dikunjungi, surveri tempat-tempat menarik di daerah tersebut lalu susunlah jadwal perjalanan selama di sana. 

Jangan lupa sesuaikan perjalananmu dengan budget yang kamu punya ya. 

2. Solo Traveler atau berpartner?
Aku team sendiri bisa berpartner bahagia

Ini juga perlu dipertimbangkan. Jika kamu pergi bersama orang orang tersayang mungkin liburanmu akan menjadi cerita yang menarik. 

Tapi jika berangkat dengan open trip dan berlibur bersama orang-orang yang sama sekali belum pernah kamu temui, ada dua kemungkinan yang terjadi; bahagia atau malapetaka.

Jika beruntung kamu malah bisa teman seru dan lucu dan bisa jadi partner travelling baru untuk trip tripmu yang berikutnya. Tapi jika lagi sial, liburan bersama orang yang tak dikenal bisa jadi malapetaka buat bayangan liburanmu yang manis. 

Jika salah satu peserta bersifat menyebalkan, tentu sulit untuk menegur karena bagaimanapun dia juga bayar, kamu juga bayar namun tak saling kenal. Biar mau negur urung dilakukan karena khawatir akan berdampak pada perjalanan yang sedang ditempuh. Hal yang sebaliknya bisa kamu tangani jika berlibur bersama orang terdekat.

3. Budget
Kendaraan di daerah tujuan juga penting untuk urusan budget

Budget punya kekuatan untuk menentukan tempat mana saja yang akan kamu kunjungi - kecuali kamu masuk pada golongan traveler nekat - 

Dengan menentukan budget perjalanan, kamu bisa membatasi tempat yang akan dikunjungi, wahana yang akan dicoba, makanan yang akan dicicipi dan oleh oleh yang ingin dibungkus rapi. Tanpa mengontrol budget, bisa-bisa seusai liburan, hidupmu hanya bergantung pada mie instan atau numpang kondangan di nikahan teman. Tidak mau kan?

4. Barang bawaan
Bawa barang secukupnya aja 

Kamu mau liburan, bukan mau pindahan. Untuk itu bawalah barang seperlunya. Tidak usah berlebihan karena bisa berpengaruh pada harga bagasi - bagi kamu yang bepergian dengan pesawat - 

Atau malah merepotkan karena harus gotong gotong barang berduaan sama teman. Barang yang terlalu banyak juga berpotensi mempermudah hilangnya barang karena lepas dari pandangan. 

Yang paling penting dari semua yang harus kamu bawa adalah data diri sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa mudah untuk diidentifikasi.

5. Kesehatan pribadi
Siapin obat obatan pribadi juga ya

Dari semua perhatian di atas, jangan lupa untuk cek kesehatan lebih dulu. Sekali lagi, kamu mau liburan, bukan bepergian untuk pingsan lalu malah ngerepotin orang. 

Siapkan obat-obatan pribadi untuk keperluanmu juga selama di saja. 

Comments

  1. kalo aku poin terakhir paling penting, karena sering banget mabuk di perjalanan :')

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Cerita 4 Hari 3 Malam di Hotel Aryaduta Tugu Tani.

Masih berbicara tentang Vlog dan Blog Competition yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Januari 2020 lalu. Puncak acara ini adalah BI Netifest 2020 yang diadakan di museum Bank Indonesia sekaligus pengumuman pemenang dari seluruh kategori. Cerita selengkapnya tentang keseruan keberlangsungan acara tersebut bisa kamu baca di sini:  5 Alasan Penting Mengapa Harus Ikutan Vlog dan BlogCompetition Bank Indonesia. Jika tahun 2019 lalu tempat yang disediakan oleh Bank Indonesia bagi seluruh finalis terpilihnya adalah Hotel Grand Mercure Gajah Mada, maka tahun ini Bank   Indonesia memfasilitasi Hotel Aryaduta Tugu Tani untuk tempat penginapan selama acara, salah satu hotel berbintang 5 di Jakarta. Selama 4 hari 3 malam berada di hotel ini, masing-masing punya cerita sendiri. Termasuk aku.Masing-masing punya cerita mulai dari teman baru, view kamar, pengalaman yang di dapat, fasilitas yang ditawarkan oleh hotel, hingga hal-hal menarik apa saja yang dapat dilakukan di

Serunya Mengikuti Test CPNS di Kementerian Pertanian

Di ruang tunggu sebelum memasuki area registrasi | Foto: Efa Butar butar Yuhuuu, mana nih suaranya para pejuang CPNS? Tetap semangat, terus belajar jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua sebelum test CPNS nya ya. Kebetulan, dari sekian ratus ribu peminat CPNS, aku salah satu di dalamnya. Heheh. Aku ambil Kementerian Pertanian dengan jabatan sesuai bidang yang dulu kuambil saat kuliah. Dan sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kementan dalam websitenya, untuk wilayah DKI Jakarta, ujian dilaksanakan di gedung Auditorium Kementerian Pertanian tanggal 11-14 Februari 2020 menyusul lokasi lain yang sudah lebih dahulu melaksanakan ujian. Dan hari ini, Rabu 12 Februari 2020 adalah jadwalku dan ratusan peserta lainnya untuk ujian. Tulisan ini kubuat setelah mengambil tas dan keluar dari ruangan ujian. Dan sebagai peserta yang telah menyelesaikan tanggungjawabnya, lega ya tentu saja. Aku sudah melaksanakan tanggung jawabku untuk melakukan yang terbaik dala

Tak Perlu Dibedah, Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur Tawarkan Cara Singkat untuk Penanganan Penyakit Kardiovaskular

Dokter pemateri dan MC | Foto: Dokumen Pribadi Petang tadi, usai menghadiri sebuah acara dibilangan Alam Sutera, tanpa sengaja aku bertemu dengan seorang Bapak paruh baya. Wajahnya sangat pucat dengan pergerakan sangat lambat. Saat itu kami sedang berada di kereta Commuter Line ke arah stasiun tanah abang. Bedanya, Beliau duduk, sementara saya dan penumpang lain berdiri. Sesaat sebelum turun, seorang Ibu yang berada persis di sisinya menuntun Beliau berdiri. “Tolong dikasih jalan ya Mas, Mba. Maaf, sakit jantung soalnya.” Tanpa perlu diminta, penumpang yang berdiri membentuk lorong kecil untuk Beliau berjalan tanpa halangan. Mungkin Beliau baru mendapatkan perawatan atau mungkin pasang ring jantung. Memang, tiap kali dihadapkan dengan penyakit yang terdengar sangat berbahaya ini, panik, hati-hati, ketakutan, cemas adalah sederet perasaan yang tak bisa dipisahkan. Dan itu wajar karena penderita penyakit jantung konon kapan saja bisa “lewat”. Tidak ada hati yang siap unt