5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Liburan.

Liburan emang penting, tapi jangan sampai kehidupan setelahnya jadi genting

Saat ini liburan sudah menjadi gaya hidup. Siapa sih yang tak ingin liburan setelah menanggung banyak tanggungjawab dan beban baik di keluarga maupun di pekerjaan? Tentu tidak ada, bukan?

Liburan adalah momok penting untuk mengisi kembali semangat beraktifitas yang mulai pudar. Untuk itu, agar liburan yang sudah kamu rencanakan dari jauh-jauh hari malah berujung berantakan, kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut:

1. Destinasi dan itenerary
Misi misi, Bu Pilot siap terbang nih 🤪

Jika selama ini kamu memiliki banyak sekali list tempat yang ingin dikunjungi namun belum terealisasi, coba cek kembali list mu dan cari tahu informasi terupdate tentang list tersebut. 

Kamu bisa mencari tahu tentang estimasi biaya ke sana, tapi juga tak boleh melupakan tentang cuaca, musim, penyakit yang sedang ramai diberitakan di tempat tersebut jika ada, atau kejadian menyeramkan. Jika memang hal-hal di atas terjadi di daerah yang akan kami kunjungi, sebaiknya tahan diri dan beralihlah ke list impianmu yang lain. 

Jangan lupa juga untuk mencari tahu hal-hal manis apa yang sedang terjadi di tempat tersebut. Seperti sakura di negara Jepang, misalnya. Moment ini tentu tepat sekali untukmu dan orang tersayang untuk menghabiskan waktu bersama. 

Jika sudah menentukan daerah - baik dalam negeri atau luar negeri - yang akan dikunjungi, surveri tempat-tempat menarik di daerah tersebut lalu susunlah jadwal perjalanan selama di sana. 

Jangan lupa sesuaikan perjalananmu dengan budget yang kamu punya ya. 

2. Solo Traveler atau berpartner?
Aku team sendiri bisa berpartner bahagia

Ini juga perlu dipertimbangkan. Jika kamu pergi bersama orang orang tersayang mungkin liburanmu akan menjadi cerita yang menarik. 

Tapi jika berangkat dengan open trip dan berlibur bersama orang-orang yang sama sekali belum pernah kamu temui, ada dua kemungkinan yang terjadi; bahagia atau malapetaka.

Jika beruntung kamu malah bisa teman seru dan lucu dan bisa jadi partner travelling baru untuk trip tripmu yang berikutnya. Tapi jika lagi sial, liburan bersama orang yang tak dikenal bisa jadi malapetaka buat bayangan liburanmu yang manis. 

Jika salah satu peserta bersifat menyebalkan, tentu sulit untuk menegur karena bagaimanapun dia juga bayar, kamu juga bayar namun tak saling kenal. Biar mau negur urung dilakukan karena khawatir akan berdampak pada perjalanan yang sedang ditempuh. Hal yang sebaliknya bisa kamu tangani jika berlibur bersama orang terdekat.

3. Budget
Kendaraan di daerah tujuan juga penting untuk urusan budget

Budget punya kekuatan untuk menentukan tempat mana saja yang akan kamu kunjungi - kecuali kamu masuk pada golongan traveler nekat - 

Dengan menentukan budget perjalanan, kamu bisa membatasi tempat yang akan dikunjungi, wahana yang akan dicoba, makanan yang akan dicicipi dan oleh oleh yang ingin dibungkus rapi. Tanpa mengontrol budget, bisa-bisa seusai liburan, hidupmu hanya bergantung pada mie instan atau numpang kondangan di nikahan teman. Tidak mau kan?

4. Barang bawaan
Bawa barang secukupnya aja 

Kamu mau liburan, bukan mau pindahan. Untuk itu bawalah barang seperlunya. Tidak usah berlebihan karena bisa berpengaruh pada harga bagasi - bagi kamu yang bepergian dengan pesawat - 

Atau malah merepotkan karena harus gotong gotong barang berduaan sama teman. Barang yang terlalu banyak juga berpotensi mempermudah hilangnya barang karena lepas dari pandangan. 

Yang paling penting dari semua yang harus kamu bawa adalah data diri sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa mudah untuk diidentifikasi.

5. Kesehatan pribadi
Siapin obat obatan pribadi juga ya

Dari semua perhatian di atas, jangan lupa untuk cek kesehatan lebih dulu. Sekali lagi, kamu mau liburan, bukan bepergian untuk pingsan lalu malah ngerepotin orang. 

Siapkan obat-obatan pribadi untuk keperluanmu juga selama di saja. 

Komentar

  1. kalo aku poin terakhir paling penting, karena sering banget mabuk di perjalanan :')

    BalasHapus

Posting Komentar