5 Alasan Penting Mengapa Harus Ikutan Vlog dan Blog Competition Bank Indonesia

Teman baru di BI Vlog dan Blog Competition | Foto: BI

Netizen Festival atau yang akrab disebut NetiFest tahun 2020 usai sudah dilaksanakan. Netifest sendiri merupakan puncak perayaan dari Vlog dan Blog Competition yang diadakan oleh Bank Indonesia sejak November 2019 lalu.

Sebelum pelaksanaan  Vlog dan Blog Competition, Bank Indonesia telah lebih dahulu melakukan Festival Edukasi Bank Indonesia (FesKaBI) ke beberapa kota besar di Indonesia dengan menyasar anak-anak muda sebagai jembatan untuk turut melakukan sosialisasi terkait berbagai program terbaru yang diluncurkan oleh Bank Indonesia.

FesKaBI yang diadakan mengangkat tema terkati  QRIS, Quick Response Code Indonesia Standard yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. QRIS mengusung tema UNGGUL; Universal, Gampang, Untung, dan Langsung.

Pada intinya, QRIS bukanlah merupakan sebuah aplikasi yang perlu diinstal oleh konsumen. Melainkan sebuah sistem terbaru yang dihadirkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran lewat satu pintu.

Contohnya saat bertransaksi di salah satu merchant, di merchant tersebut ada beberapa QR yang disediakan oleh Penyelenggara Jasa Sistem Keuangan seperti OVO, GoPay, LinkAja dan lainnya. Dulu, konsumen harus menyesuikan ke QR yang tersedia saat melakukan pembayaran.

Maka kehadiran QRIS begitu memudahkan konsumen karena merchant dituntut untuk menghadirkan QRIS di sana. Dengan QRIS ini, konsumen cukup memiliki satu aplikasi pembayaran saja lalu scan ke QRIS maka pembayaran beres.

Meski sosialisasi gencar dilakukan, Bank Indonesia mengadakan Blog dan Vlog Competition. Hal ini dilakukan karena konten kreator muda memiliki cara yang kreatif, ringan, sederhana serta mudah untuk dipahami lewat karya-karyanya.

Pemahaman yang sulit disampaikan jadi lebih mudah untuk dicerna lewat karya.

Adapun kategori yang dihadirkan dalam kompetisi ini ada 5, yakni:
1. Blog competition
2. Vlog competition
3. Video 1 menit competition
4. Video animasi competition serta
5. Short movie competition

Seiring dengan usainya BI Nefltifest 2020, maka berikut adalah beberapa rangkuman alasan mengapa kamu harus ikutan Vlog dan Blog Competition yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia:

1. Upgrade wawasan seputar program terbaru Bank Indonesia



Dengan mengikuti kompetisi ini, konten kreator bisa lebih tau perkembangan program terbaru yang diluncurkan Bank Indonesia untuk kemudahan bertransaksi.

Tantangannya adalah, meskipun bukan blogger yang kerap menulis terkait financial atau seputar bank, kamu dituntut kreatif dengan membaca lebih banyak agar memahami konten yang akan disajikan dan datanya yang dicantumkan valid.

Jika sudah mengetahui dan memahami, kamu bisa menyebarkan informasi tersebut kepada orang orang di lingkunganmu baik secara langsung ataupun lewat tulisan. Penyebaran informasi yang akurat dan mudah dipahami ini jugalah yang menjadi target Bank Indonesia agar info terkait program terbarunya bisa sampai dengan merata ke seluruh masyarakat Indonesia.

2. Finalis rasa Sultan


Bahasa ini sebetulnya aku dapat saat workshop sih. Meski sedikit lucu, tapi memang apa yang dikatakan betul adanya.

Finalis berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Medan, sampai Ambon.

Dan seluruh finalis yang mendapatkan undangan mendapatkan berbagai fasilitas seperti:

  1. Tiket pesawat pulang pergi bagi yang ada di luar Jabodetabek
  2. Tempat penginapan di hotel berbintang 4 atau 5 selama 4 hari 3 malam
  3. Jaminan makanan selama berlangsungnya acara
  4. Lokasi workhsop yang megah 
  5. Laundry pakaian 2 potong per hari per orang secara gratis
  6. Uang saku bagi seluruh finalis
  7. Bertemu dengan banyak sekali orang penting bahkan artis
Nah lho, yakin kamu ngga tertarik?


3. Mendapatkan banyak teman baru


Yang namanya temen baru itu susah susah gampang dapetinnya.

Percaya atau tidak, BI Netifest2019 membentuk sekelompok pertemanan baru antara warga Jabodetabek dan Pekan baru dari tahun lalu yang masih terus terjaga hingga saat ini.

Dan di Netifest tahun ini, aku malah berkesempatan untuk mengenal lebih banyak lagi orang orang dengan berbagi sifat. Mulai dari yang pecicilan, pendiam, rame, sampai yang paling jujur. Semoga akan terus terjaga sampai waktu waktu berikutnya.

4. Dibekali dengan ilmu baru sesuai kategori

Kelas workshop kategori blog diisi Mas Nurulloh

Ini penting banget. Susah didapat. Sekalinya dapet gratis pula. Aku sih tertarik banget.

Jadi dari 5 kategori tersebut, masing-masing kategori akan mendapatkan wawasan terkait kategorinya yang disampaikan langsung oleh orang orang pilihan Bank Indonesia yang ekspert di bidangnya.

Untuk blog sendiri, selama dua tahun berturut turut, sesi materi atau workshop kategori Blog Competition diisi oleh Mas Nurulloh yang tak lain adalah COO Kompasiana.

Seluruh materi uang disampaikan oleh Mas Nurulloh aku yakin akan jadi modal yang penting untuk mengembangkan berbagai cerita "menarik" selama menginap di hotel. Hihihi.

5. Kebanggaan yang haqiqi

Terpilih jadi finalis dari ribuan konten yang masuk ^^

Sengaja hakikinya dibikin lebay. Heheh.

Karena begini, selama periode lomba berlangsung, ada sekitar 1.700 konten yang masuk dari ribuan konten kreator dari seluruh Indonesia.

Dan tahun ini, masing-masing kategori terdapat 35 finalis. Sehingga ada total 175 finalis dari seluruh kategori. Dan salah satunya adalah karyamu? Aku sih bangga banget ya. Aku yakin di luar sana ada banyak sekali konten kreator yang berharap bisa menikmati hal yang sama.

Buat kamu yang juga ingin merasakan dan belum terpilih, tetap semangat. Semoga tahun ini Bank Indonesia juga menghadirkan Vlog dan Blog Competition yang tak kalah menarik.

Pantau terus media sosial Bank Indonesia, dan siapkan diri untuk berkompetisi secara sehat.

Komentar

  1. Siap.
    Semoga nanti tantangan blognya bisa saya ikuti...
    Penasaran ingin mengulik lebih jauh soal BI

    BalasHapus
  2. Banyak banget yang pengen jadi finalis, tapi hanya 175 orang yang beruntung, tahun depan harus lebih gigih lagi buat dapetin tiket finalis

    BalasHapus
  3. Tahun lalu aku juga dapat undangan acara ini tapi aku nggak bisa hadir. Sayang banget sih,ada sesal juga rasanya.tapi mau bagaimana lagi pada saat itu kondisi anakku yang kedua masih bayi dan nggak ada yang gantiin jaga, akhirnya aku gagal datang deh. Lokasinya juga jauh di Jakarta sana.

    BalasHapus
  4. Waaah keren edaaa masuk nominasi finalis dan dapet banyak ilmu dalam rangkaian acara Netifest. Jadi skrg udah satu pintu lewat Qris ini yaa

    BalasHapus
  5. Finalis rasa Sultan....
    Nggak kebayang rasanya kalau aku yang jadi finalisnya, semua sudah dipersiapin dengan rapi oleh pihak penyelenggara.

    Mulai dari akomodasi,penginapan,dll.
    Tentu bertemu dengan teman baru dari berbagai daerah.
    Bisa saling berbagi ilmu, dan tentu ini menjadi penyemangat buat next bisa menjadi salah satu finalis.
    Mengingat pesertanya terbatas

    BalasHapus
  6. benerrrr kebanggan yang haqqq. tulis dong ini udah ke 3 kalinya fa hihihihi

    BalasHapus
  7. Waaaaaahhhh keren banget mba bisa ada disitu.

    Semoga tahun depan ada acara begini lagi biar bisa ikutan..

    BalasHapus
  8. Ini acaranya rutin diadakan setiap tahun, ya? Keren sih ini. Meskipun belum jadi pemenang. Tetapi, seluruh finalis dijamu dengan sangat baik dan mendapatkan banyak ilmu

    BalasHapus
  9. Waaahh selamat mbakkk jadi salah satu finalis yang terpilih. Keren to the max!

    Apalagi dengan serangkaian pengalaman yang sarat ilmu selama acara berlangsung, pasti memorable bangettt ya mbaaa

    BalasHapus
  10. wahh, aku baru tau nih ada kompetisi ini. Bener juga dengan ikutan kompetisini ini, kita bisa menambah wawasan baru. Karena pasti kita akan mencari materi yang akan dibuat :)

    BalasHapus
  11. eh ketemu teman2 jawa timur ya? andai saya bisa datang, pasti kita bersua juga ya kak. sayang saya berhalangan hadir. saya jg finalis tp video 1 menit

    BalasHapus
  12. Membaca tulisan ini, jujur aku iri melihat difasilitasi dan dibekali dengan banyak ilmu. Jadi memotivasi aku buat ikutan lomba BI yang tahun ini, info-info ya mbak kalau ada info lombanya :)

    BalasHapus
  13. Mau iri tapi kok rasanya ga pantes ya, karena aku hanyalah remahan rengginang. Haha. Harus upgrade diri lagi nih, pengen banget tahun depan diundang jadi finalis ke acara ini. Btw, selamat ya Mbak, bisa jadi finalis. Salut deh.

    BalasHapus
  14. Wah acaranya seru dan keren yac, saya pun iri ga diajak sama BI 🤣, akh aku jadi semangat neh buat ngeblog lagi...

    BalasHapus
  15. Wah seru nih lombanya, gak sekadar saingan dapatin hadiah tapi juga dapat ilmu juga plus wawasan dan networking baru ya mbak :D

    BalasHapus
  16. bermanfaat sekali ya bun acaranya, ada narasumber yang kompeten di bidangnya

    BalasHapus
  17. Aku nggak tau ada lkmba ini mbak.. haha emang tahun lalu ga begitu aktif ngeblog karena fokus ama anak2. Semoga tahun ini bisa ikutan aamiin..

    BalasHapus
  18. Keren banget, kak...
    Sukses terus menulis dan membuat karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

    BalasHapus
  19. Selamat ya mbak...
    Pasti senang bisa kopdaran sama sesama blogger...

    Pun bisa menambah ilmu bloggingnya

    BalasHapus
  20. Kemarin salah pilih kategori, harusnya ikutan lomba blog :( jadinya ga bisa ikut seru-seruan di BI Netifest deh..
    Tahun ini mesti lebih serius lagi, siapa tau bisa jadi salah satu juara

    BalasHapus
  21. finalis rasa sultan, aw aw aw, jadi kangen hari-hari itu lagi (kangen makan enak kasur empuk ala sultan lagi, wkwk). semoga next netifest kita bisa kumpul lagi ya mba... btw potoku terpampang di barisan depan rupanya, wkwkwk.

    BalasHapus
  22. Wah, seru ya kegiatannya, pengen ikut ah acara berikutnya. Mudah-mudahan bisa ikut jejaknya mbak...

    BalasHapus

Posting Komentar