Dufan Blogger Day 2019, Uji Nyali Tanpa Mempermalukan Diri

Tiba di Dufan dan bersiap untuk eksplore berbagai wahana baru | Foto: Dokumen pribadi

Bicara tentang Dufan bagiku pribadi adalah persoalan keinginan yang tak pernah terpenuhi di masa kecil. Wajar saja, aku tinggalnya di Sumatera Utara sana, bukan hal yang mudah untuk menjangkau Jakarta demi sekedar bermain di wahana saja.

Itu kenapa, tiap kali mengingat Dufan keinginan yang datang adalah bermain wahana - sebanyak mungkin. Sampai letih, sampai berkeringat, tertawa, dan bahagia.

Dan itu baru terealisasi 2016 silam. Kali pertama aku ke Dufan setelah 2 dekade lebih menanti. Hehhe

Kupikir hanya aku yang berpikiran seperti itu. Ternyata banyak orang mengatakan hal yang sama. Dalam sesi perbicangan singkat - baca curhat - sesama perempuan di Dufan Blogger Day 2019 yang diadakan beberapa hari lalu, semua orang sepakat bahwa Dufan menjadi tempat penuh kenangan bahagia bagi mereka.

Cerita saat naik wahana dituntun atau ditemani sang ayah menjadi cerita yang paling mendominasi. Atau sekedar cerita jadi "si tukang jaga tas" tiap kali pergi bersama teman dan akan naik wahana. Opsinya dua: takut naik wahananya atau takut akan dimusuhin teman-temannya" Hehhe.

Banyak jenis cerita masa kecil yang berseliweran tentang Dufan. Namun intinya adalah satu. Dufan adalah dunia fantasi yang memberi kebahagiaan bagi setiap pribadi yang datang mengunjungi. Pencapaian target dari tagline: "Selamat datang di dunia fantasi. Dunia keajaiban dan kegembiraan keluarga."

Manfaat Bermain di Dufan
Sebetulnya, urusan manfaat ini penting tidak penting untuk dibahas. Tidak penting karea ya namanya ke sebuah tempat yang penuh dengan wahana permainan tentu saja tujuannya ingin bermain. Penting juga disampaikan karena banyak orang berpendapat bahwa ke Dufan itu satu aktivitas yang hanya buang-buang uang saja. Kamu sependapat ngga sih?

Manfaat lainnya adalah mempererat hubungan pertemanan | Foto: Dokumen pribadi

Aku sih engga. Untuk itu, aku harus meluruskan opini-opini tersebut. Ada beberapa manfaat bermain ke Dufan setidaknya menurut pendapatku berdasarkan pengalaman pribadi:

1. Menghilangkan perasaan jenuh dan bosan dari rutinitas sehari hari
2. Menguji adrenalin
3. Mengingat kembali betapa masa kecil itu begitu manis dan menyenangkan
4. Tempat berteriak yang tepat tanpa perlu malu-malu
5. Mengenal tempat rekreasi yang ada di sekitar

5 point ini setidaknya memberikan jawaban bahwa pendapat orang lain tentang mengahmbur-hamburkan uang itu ternyata tidak sepenuhnya tepat. Karena selepas meninggalkan Dufan, semangat dan kualitas diri terasa terisi kembali. Semacam smartphone yang baru saja diisi ulang baterainya.

Wahana Dufan
Dufan terkenal dengan berbagai wahana yang tersedia. Dari yang sangat santai sampai yang mampu menguji adrenalin level maksimal. Kata pengunjung, harga diri seorang lelaki bisa menjadi taruhan saat bermain wahana esktrim di tempat ini. Hehhe.

Adapun wahana yang tersedia di Dufan antara lain:
1. Ice Age
2. Ontang Anting
3. Alap-alap
4. Arung jeram
5. Karavel
6. Baku toki
7. Gajah Bledug
8. Pontang-pontang
9. Kicir-kicir
10. Turangga Rangga
11. Halilintar
12. Poci-poci
13. Galaktika,
14. Rajawali
15. Rumah Miring
16. Burung Tempur
17. Dream Playground
18. Istana Boneka
19. Ombang - ombang
20. Hello Kitty Adventure
21. Kora-kora
22. Bianglala
23. Kontiki
24. Rumah jahil
25. Tornado
26. Niagara Gara
27. Histeria
28. Color of Kingdom
29. My Mysterious Land

Salah satu wahana Dufan adalah Hello Kitty Adventure. Ini manis sekali tampilannya | Foto: Dokumen pribadi

Selain itu, tepat dengan dilaksanakannya Dufan Blogger Day 2019, Dufan memperkenalkan kawasan baru yang diberi nama Dunia Kartun dengan beberapa tambahan wahana seperti:
1. Baling-baling
2. Turbo drop yang dapat dinaiki oleh anak yang penasaran dengan wahana orang dewasa namun belum diijinkan untuk menaikinya.
3. Zig zag atau Bom bom Car
4. Paralayang
5. New Ontang anting
6. Kolibri

Salah satu wahana baru Dufan | Foto: Dokumen pribadi

Sekitar 30 an lebih wahana yang begitu menarik di dalamnya, dan masih akan terus bertambah untuk memberikan pengalaman menyenangkan kepada setiap orang di semua golongan umur. Rasanya sepadanlah dengan nominal yang dikeluarkan.

Harga Tiket
Pada umumnya, di moment-moment tertentu, Dufan memberikan harga khusus kepada setiap pengunjung. Untuk mendapatkan harga miring tersebut, kamu boleh, lho, stalking instagram Dufan atau berkunjung langsung ke website resmi mereka.  Satu lagi, tiket juga bisa dipesan lewat Travel Agent Online, lho.

Untuk harga reguler Senin - Jumat harga tiket dibaderol Rp 200.000
Harga tiket regular Sabtu, Minggu dan libur sebesar Rp 295.000
Sedangkan harga untuk yang premium di hari Senin - Jumat adalah Rp 450.000
Dan harga premium di akhir pekan dan hari libur adalah Rp 550.000

Untuk kamu yang tidak menyukai antrian panjang di beberapa wahana paling ekstrim, silahkan untuk mengambil pilihan fasttrack. Dengan membeli tambahan fastrack, pengunjung berhak untuk maju ke barisan paling depan di jalur fastrack dan tidak perlu mengikuri antrian yang telah mengular panjang sampai bosan menunggu. Seru kan? Biaya tambahannya hanya Rp 200.000 kok per orang.

Merajut Pengalaman Menyenangkan Di Dufan
Saat mendapatkan undangan di Dufan Blogger Day 2019, aku berpikir keras, wahana apa kira-kira yang akan kucoba di sana tanpa mempermalukan diriku sendiri. Dan aku tidak bisa menjawabnya.

Sampai tiba saatnya aku berada di lokasi kawasan baru yaitu Dunia Kartun, aku bertemu dengan wahana yang disebut Baling-baling.

Wahana Baling-baling Dufan. Anyway aku lagi ada di posisi paling atas tuh. Heheh | Foto: Dokumen Pribadi

Sesuai namanya, wahana tersebut benar-benar berputar mirip baling-baling. 360 derajat. Satu sisi takut, di sisi lain aku begitu tertantang. Agak malu juga kalau tidak ikutan naik sementara yang lain nyobain. Jadilah aku menelan bulat-bulat yang namanya harga diri dan ikut berbaris menunggu antrian mencoba wahana tersebut.

Baru saja landasan atau lantai wahana terpisah, aku tidak bisa mengontrol rasa khawatirku. Jeritanku mulai tertahan. Malu dikeluarin tapi malu. Masa belum apa-apa udah teriak, sih? Hahaha

Tidak tahan dengan ayunana Baling-baling, aku berteriak. Kencang, melengking dan panjang sekali. Memanggil Mama dengan sekuat tenaga yang kubisa. Hahahaha. Aku sama sekali tak peduli dengan harga diri di puncak ketinggian itu.

Ini tampilan Baling-baling setelah mengayun beberapa kali | Foto: Dokumen pribadi

Debar-debar wahana baru ini masih terus saja terbayang. Seram tapi menyenangkan di saat yang bersamaan.

Meski dari kejauhan terlihat menakutkan, Semua wahana di Dufan telah memegang sertifikat aman untuk dinaiki oleh pengunjung. Jadi tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang seperti yang kamu bayangkan. Itu cuma bayangan yang muncul karena kekhawatiran saja kok. Dufan aman untuk dinikmati.

Menjerit sepuasnya tanpa takut malu | Video: Dokumen pribadi

Komentar