Bersama Cermati, Perjalanan Pulang Kampung Tak Lagi Membebani

Lagi Mikirin Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan. Heheh | Foto: Dokumen Pribadi

Serangkaian Musibah Moda Transportasi yang Menimbulkan Trauma
Masih lekat dalam ingatan bagaimana serangkaian musibah yang menimpa moda transportasi umum di Indonesia. Beberapa kali hati ini dibuat terkejut tentang berita hilangnya pesawat, tenggelam atau terbaliknya kapal, bahkan baru baru ini terjadi kecelakaan beruntun di tol cipularang. Korbannya tak tanggung-tanggung dan tidak pilih-pilih. Laki-laki, perempuan, tua ataupun muda.

Memang, jatah hidup sudah ada yang menggariskan. Namun, serangkaian musibah yang terjadi ini sangat besar pula pengaruhnya dengan tingkat keberanian - terutama aku pribadi - saat bepergian. Sejujurnya hal-hal ini menimbulkan perasaan khawatir sekaligus trauma.

Banyak pertanyaan yang lalu lalang tiap kali ada rencana perjalanan. Apakah kendaraan yang kutumpangi ini aman-aman saja? Apakah rodanya sudah dicek? Mesinnya sudahkah diperiksa? Kira-kira pengemudi dalam kondisi sehat atau tidak? Bagaimana jika ternyata nanti di jalan terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan?

Takut? Jelas! Sebisa mungkin hal buruk yang sudah terjadi sebelumnya jangan sampai terulang kembali dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun. 

Namun lagi-lagi, tak ada yang tau tentang takdir. Kecelakaan datang tanpa permisi, tak juga memberi aba-aba. Yang tersisa adalah, bagaimana seseorang mempersiapkan rencana perjalanannya agar aman dan tidak mengkhawatirkan. Jikapun terjadi sesuatu yang tak diinginkan, sudah ada persiapan penanganannya. 

Persiapan Sebelum Memulai Perjalanan
Pada umumnya, terjadinya kecelakaan meningkat di waktu-waktu tertentu. Salah satunya adalah di saat mudik ataupun musim libur akhir tahun. Kebetulan, di musim libur akhir tahun itu jugalah aku pulang kampung. Merayakan hari Natal dan tahun baru dengan keluarga yang tinggal di Sumatera Utara. 

Berkaca dari banyaknya kecelakaan, khawatir dalam perjalanan tentu ada. Namun, dibandingkan harus terus terbebani sesuatu yang belum diketahui jawabannya, aku memilih untuk mempersiapkan diri. 

Adapun persiapan yang kumaksud adalah tentang kesehatan, mental dan financial. 

Kesehatan sebagai persiapan menaklukkan medan yang akan kulalui dan lamanya perjalanan Mental dan kekuatan hati untuk tetap tersenyum saat tetangga bertanya “kapan nikah?” Dan kesiapan keuangan untuk pulang kampung termasuk di dalamnya asuransi perjalanan dan sedikit modal untuk menyenangkan hati orang tua. 

Mengenal Asuransi Perjalanan dan Tawaran Asuransi dari Cermati
Asuransi perjalanan adalah asuransi yang dimaksud untuk menutupi biaya pengobatan, pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, kecelakaan penerbangan, dan kerugian lain yang timbul saat bepergian baik secara internasional maupun domestik. 

Di Indonesia sendiri, sudah ada begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan dalam perjalanan. Dan masing-masing berlomba memberikan penawaran terbaik dengan harga yang terjangkau. 

Saking banyaknya, kalau harus membandingkan satu per satu, rasanya akan membutuhkan banyak sekali waktu. Belum lagi jika harus mempelajari keuntungan demi keuntungan yang ditawarkan.  Selain butuh banyak waktu, tentu pilihan ini akan membuat kebingungan karena merasa semuanya sama-sama baik. 

Menghindari hal tersebut, aku mempercayakan perjalananku kepada Cermati. Sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi keuangan. 

Bicara tentang asuransi, semua orang tentu ingin yang terbaik. Dan untuk diriku sendiri yang telah memberikan waktu, pikiran dan tenaga untuk bekerja selama hampir satu tahun penuh, aku pikir sangat wajib untuk memberikan perlindungan yang maksimal dalam perjalanan yang akan kujalani. 

Dan menurutku, Cermati paham betul kegundahan hati calon pemilik asuransi yang tak ingin menghabiskan banyak waktu untuk memilih asuransi terbaik dari banyak sekali pilihan. Karena perusahaan ini telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Dengan demikian, asuransi yang dipilih oleh calon pengguna tentu adalah asuransi terbaik dari banyak pilihan yang baik.

Proses Pengajuan Asuransi Perjalanan di Cermati yang Mudah
Di zaman yang serba digital ini, perusahaan beradaptasi dengan kemudahan yang diinginkan oleh pelanggannya. Kalau bisa masalah terselesaikan tanpa harus kekantor yang bersangkutan akan lebih baik. Selain hemat biaya, metode ini juga tentu sangat menghemat waktu. Tidak heran kalau semakin disukai oleh millenial.

Cermati rupanya menangkap hal yang sama. Pengajuan asuransi perjalanan dapat terselesaikan dengan sangat mudahnya seperti yang aku rasakan saat melakukan pengajuan asuransi perjalanan untuk bulan Desember mendatang.

1. Daftarkan diri sebagai member di Cermati.com
Ini penting, agar di lain waktu ingin bertransaksi kembali, kamu tak perlu lagi memasukkan data yang sama. Tinggal login dengan menggunakan alamat email dan kata kunci yang telah didaftarkan

2. Login lalu klik asuransi perjalanan yang akan dipesan
Ilustrasi: Tangkap Layar dari website Cermati.com

Di sini kamu hanya diminta untuk melengkapi borang sesuai dengan perjalananmu. Dan kamu bisa memilih yang sekali jalan ataupun yang tahunan. Karena tidak begitu sering bepergian, aku memutuskan untuk mengambil yang sekali jalan saja. 

3. Pilih asuransi perjalanan yang tersedia dan yang menurutmu paling tepat
Ilustrasi: Tangkap Layar dari website Cermati.com

Di sini, Cermati akan memberikan beberapa pilihan asuransi perjalanan terbaik yang dapat kamu pilih. Pastikan pilihanmu sudah sesuai dengan kemampuan keuangan sehingga tidak membuatmu terbebani oleh masalah harga, jaminan produk, fitur yang ditawarkan serta syarat dan ketentuan yang telah ditetepkan oleh perusahaan asuransi tersebut kamu harus ketahui semua. Dan sebelum memutuskan memilih salah satunya, pastikan fitur dan jaminan yang ditawarkan sudah sesuai dengan yang kamu harapkan. Jika sudah yakin, klik Beli Sekarang


4. Centang Kotak Sebagai Syarat telah Sepakat
Ilustrasi: Tangkap Layar dari website Cermati.com

Kamu akan dihadapkan dengan laman seperti tampilan ini. Pastikan lagi bahwa pilihanmu sudah sesuai ya. Jika kamu memang sudah yakin, klik tanda kotak seperti tampilan di atas sebagai pertanda bahwa kamu telah menyetui syarat, ketentuan dan kebijakan privasi yang ditawarkan oleh Cermati. Lalu Klik Beli Sekarang

5. Lengkapi Data yang Diminta
Selangkah lebih dekat dengan selesainya proses pengajuan asuransi perjalanan di Cermati. 
Usai klik pada Beli Sekarang, kamu akan mendapatkan pemberitahuan lewat SMS yang dikirimkan langsung oleh Cermati yang berisi formulir yang harus dilengkapi seperti berikut ini

Ilustrasi: Tangkap Layar dari website Cermati.com
Mudah sekali bukan? Tanpa harus mengantri, tanpa harus seleksi puluhan asuransi, dan hemat biaya. 

Persiapan sebelum perjalanan rasanya tidak begitu penting dan tidak banyak orang yang memprioritaskannya. Sampai kita harus melihat terlebih dahulu hal-hal yang tidak kita inginkan malah terjadi pada orang lain. Yang berarti, hal yang sama akan selalu ada kemungkinan terjadi pada diri sendiri. 

Untuk itulah asuransi perjalanan perlu disiapkan bahkan sebelum perjalanan itu sendiri dimulai. Jika ini sudah dilengkapi, apapun yang terjadi selama di perjalanan, rasanya hati akan lebih tenang.

Satu hal lain yang paling penting adalah, Cermati juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, lho. Sehingga setiap transaksi keuangan yang kita lakukan dijamin keamanannya.


Tulisan ini diikutsertakan dalam "Cerita Merdeka Financialku bersama Cermati"

Komentar