3 Hari di Hotel Grand Mercure Harmoni, Rumah Nyaman untuk Para Pemenang

BINetifest2019 | Foto: Ana Butar butar
1 Maret 2019 lalu, bisa dikatakan hari yang cukup berarti buat diriku pribadi dan ratusan millenial lain yang gemar berkreasi. Tepat di hari itu, kami merayakan pesta warga net yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Metro TV. Acara ini disebut juga dengan BI Netizen Festival 2019 #BINetifest2019. Sebuah ajang tahunan dari Bank Indonesia yang dapat memacu adrenalin para millenial untuk bersaing sehat demi memperebutkan hadiah senilai total ratusan juta Rupiah.

Karya rupanya tak hanya milik millenial Jabodetabek, tapi dari seluruh Indonesia yang mau memberi waktu, hati dan pikiran untuk mengeksekusi ide ide kecil yang ada dalam benak menjadi sebuah karya utuh dan menarik untuk dinikmati.

Acara dimulai dari tanggal 1 hingga 3 Maret 2019, namun seluruh peserta difasilitasi tempat yang tak kalah hebat serta nyaman sejak tanggal 28 Februari 2019. Jadi seluruh peserta yang berkenan hadir bisa menikmati seluruh fasilitas yang disediakan selama 4 hari 3 malam. Tempat yang dimaksud adalah Hotel Grand Mercure Harmoni. Tempat yang tepat untuk orang-orang hebat.

Hotel Grand Mercure Harmoni, Letak yang Strategis dan Mudah Ditempuh

Dapat dicapai kurang lebih 20 menit dari stasiun Jakarta kota dengan kendaraan bermotor, Grand Mercure Harmoni terbilang mudah untuk ditemukan. Letaknya persis di pinggir jalan dan bangunannya yang megah sangat membantu bagi seluruh tamu lebih cepat menemukannya dari kejauhan.

Berada di pusat kota, Grand Mercure Harmoni juga dekat dengan berbagai tempat rekreasi yang ramah keluarga di Jakarta seperti Monas dan Kota Tua. Atau bila ingin menghabiskan waktu dengan menonton bioskop, tepat di depannya ada Mall Gajah Mada yang dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki melalui jembatan penyeberangan jalan. Jika tamu lapar dan tak ingin makan di hotel demi menghemat pengeluaran, cukup berjalan kurang lebih 100m ke sisi kiri hotel untuk menikmati McD. Atau jika lebih suka dengan kuliner di pinggir jalan, tepat di depan Mall Gajah Mada terdapat ragam pilihan makanan mulai dari cemilan hingga makanan berat yang harganya tentu jauh lebih ramah di kantong.

Grand Mercure Harmoni Menjadi Pengalaman yang Menyenangkan Bagi Mereka yang Pertama Kali Menginap di Hotel

Receptionist yang ramah | Foto: Ana Butar butar
Untuk sekelas hotel berbintang 5, tak ada yang perlu diragukan mulai dari fasilitas hingga pelayanan yang disediakan. Terbukti, selama 3 hari di sini, tentu saja dari segi tempat tinggal, seluruh peserta tidak ada satupun yang berkomentar buruk. 

Kita bicarakan mulai dari sambutan petugas keamanan yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan tas tamu dengan alat scan yang harus dilewati tamu sebelum masuk ke lobby hotel. Sambutan hangat dan senyum ramah memberikan kenyamanan dan rasa tenang termasuk bagi tamu-tamu lain yang baru pertama kali masuk hotel dan menginap di sana.

Sejujurnya aku sendiri baru kali ini melangkah bahkan menginap di hotel berbintang 5. Namun, berbekal beberapa kali menginap di hotel hotel bintang 3 lain untuk direview  di blog, kurang lebih aku memahami prosedur apa yang harus dilewati untuk bisa mencapai kamar. Mulai dari pemesanan, hingga hak untuk menikmati segala fasilitas yang tersedia.

Sebagaimana yang telah aku sampaikan di awal, peserta yang mendapatkan undangan tak hanya berasal dari satu daerah saja, tapi millenial senusantara yang memang karyanya masuk kualifikasi penilaian juri. Untuk itu, hadirnya acara ini menjadi pengalaman pertama kali bagi mereka masuk ke dalam hotel berbintang sekaligus pengalaman pertama menginjakkan kaki di Jakarta.

Penampilan yang sederhana, apa adanya, dan beberapa malah tampak tidak peduli dengan tampilan luarnya menjadi pemandangan lumrah yang terlihat di tengah-tengah peserta. Tidak ada yang bisa disalahkan, karya yang luar biasa tak hanya milik mereka yang berada.

Bagi mereka yang baru pertama kali, sangat tidak ada masalah di tempat ini. Dari petugas keamanan di depan lobby yang bertugas memeriksa tas di mesin scan, receptionist yang ramah, petugas yang ada di dalam lift berkontribusi pula memberikan arahan bagaimana menuju lantai di mana kamar terletak. Hal yang mungkin belum lumrah dialami beberapa peserta.

Sama sekali tidak ada pandangan meremehkan atau menertawakan di raut wajah seluruh petugas bagi peserta yang masih pertama kali dan tampak bingung untuk memasuki hotel. Hal seperti ini jika terjadi, disadari atau tidak berakibat menjatuhkan rasa percaya diri sebagian tamu dan keberaniannya mengeksplore hotel dan lingkungan di sekelilingnya.

Sebuah defenisi nyaman dan menghargai yang kadang tidak ditemukan di tempat-tempat berkelas lainnya yang kerap menganggap orang-orang dengan pakaian sederhana tidak layak disetarakan dengan orang-orang yang berpakaian glamor atau tampak ekslusive.

Alasan Staycation di Hotel Pilihan

Kalau aku pribadi sih ya, ada beberapa tujuan saat memutuskan menginap di hotel dengan menggunakan biaya sendiri:
  • Lari dan menenangkan diri dari rutinitas yang membosankan serta tak ingin diganggu.
Benar-benar ingin sendirian. Kalau sudah seperti ini, biasanya aku menggunakan waktu dengan baik untuk mencari tahu apa yang berlalu beberapa waktu ini. Apa yang terlewat dari hari-hari yang berjalan. Apa yang tidak kulakukan yang menyenangkan diriku sendiri, keluarga, terutama Tuhan. Di sini aku benar-benar merenung sembari menatap jauh ke pemandangan yang terpampang di luar. Itu mengapa, sebisa mungkin jendela kamar yang kupilih mengarah ke pemandangan yang indah atau mungkin menenangkan. Kolam renang misalnya. Taman juga boleh-boleh saja.
  • Menambah referensi tulisan
Menginap di hotel itu menyenangkan, jauh dari gangguan, serba dilayani, kamar bersih tanpa perlu ngerapiin, ada masalah tinggal panggil house keeping. Semua sangat terbantu. Ini yang menjadi salah satu alasanku memilih staycation di hotel. Aku benar-benar ingin tenang dan membujuk diri sendiri untuk kembali menghasilkan karya-karya yang luar biasa.
Pengalaman-pengalaman yang dirasakan sendiri di hotel tentu menambah ide-ide tulisan untuk menambah tulisan di blog. Pengalaman baik agar dapat menjadi referensi pembaca, atau pengalaman buruk agar pembaca tak perlu merasakan hal yang sama dengan yang aku rasakan
  • Menikmati ragam pilihan makanan yang disediakan
Ini yang paling penting. Heheh. Aku sukaaaaa sekali makan. Bukan maksudnya sedikit-sedikit makan ya. Entahlah, rasanya seru saja kalau makan beraneka ragam pilihan makanan. Apalagi kalau makanannya tak hanya sedap dipandang mata, tapi juga sedap di lidah.
Biasanya pagi sebelum ke kantor, aku harus berpikir beberapa kali "apa yang harus kumasak hari ini? Nah, kalau di hotel tinggal turun ke lobby, laporan dari kamar berapa, tadaaa, tinggal pilih nyari makanan mana yang mau disantap terlebih dahulu. Bebas yang mana saja! Enakkan? Duhhh, jadi pingin staycation lagi deh! Heheh
Ragam Fasilitas dan Serunya Menikmati Layanan dari Grand Mercure Harmoni
Kembali ke Hotel Grand Mercure!
4 hari 3 malam menginap, maka, ini dia ragam fasilitas yang aku dan semua peserta dapatkan selama di sana:
  • Lobby yang menyenangkan
Mendapatkan teman baru itu seru. Apalagi kalau teman barunya berasal dari berbagai suku dan ras dari seluruh penjuru Indonesia. Dari Aceh hingga Papua. Keren!

Lobby yang luas, sangat cocok untuk janjian antara peserta BINetifest sebelum bepergian | Foto: Ana Butar butar
Itu sebabnya, sebisa mungkin kami saling mengenal. Saat ingin keluar mengenalkan Jakarta kepada mereka, lobby hotel Grand Mercure Harmoni yang begitu luas menjadi tempat yang tepat untuk saling menunggu sebelum ke lokasi wisata yang telah direncakanan.
  • Kamar yang nyaman
Ini menjadi kunci utama saat seseorang menginap di hotel, tentu saja selain layanan dari para petugas hotel ya.

1 King bed untuk dua peserta. Uniknya pihak BI menentukan sendiri roommate untuk masing-masing peserta. Jadi, ya kalau sial, bisa saja bertemu dengan teman sekamar yang menyebalkan. Atau jika sedang beruntung, malah menambah teman.

King bed untuk masing-masing kamar peserta | Foto: Ana Butar butar
Tempat tidur rasanya tak perlu ditanya, kebetulan kami berdua yang menempatinya berpostur tidak begitu boros. Jadi lebih dari cukup untuk beristirahat yang nyaman.

Usai beraktivitas seharian, siraman air panas tentu ampuh banget untuk mengembalikan lagi mood dan membuat tubuh terasa jauh lebih segar untuk menyambut esok hari. Beruntung, kehadiran air panas menjadi perhatian pula bagi Hotel Grand Mercure Harmoni termasuk seluruh perlengkapan mandi yang dibutuhkan di sana.



  • House Keeping yang Profesional
Nah, jadi saat acara berlangsung, tanpa sengaja tombol "Jangan ganggu" aku biarin nyala. Begitu acara selesai, aku pikir bisa langsung rebahan karena kamar sudah pasti dibereskan oleh house keeping.

Begitu tiba di kamar, hilang sudah keinganku untuk rebahan. Malah maunya beres-beres tapi rasanya badan ngga sanggup. Heheh. Telepon receptionist dan tak berlangsung lama, house keeping datang dan membuat kamar tampak lebih "manusiawi" kembali. Hehe

Tak lupa juga, seluruh perlengkapan kamar yang sudah menipis, diisi kembali. Seperti ini nih:

Foto: Ana Butar butar

Foto: Ana Butar butar

Foto: Ana Butar butar

  • Laundry
Difasilitasi 2 potong pakaian per hari, tentu menjadi salah satu keringanan buat tamu kan yaa. Tiba di rumah, pakaian kotor ngga begitu jadi pr lagi. Benar-benar kebantu banget deh!

Laundry yang dihantar tepat waktu | Foto: Ana Butar butar

  • Makanan yang beragam
Nah, ini yang menjadi favorite aku dari beragam fasilitas lainnya. Hehhe.

Di hotel Grand Mercure Harmoni, saat sarapan ada begitu banyak pilihan makanan yang bikin kamu dijamin tidak akan kekurangan. Mulai dari appetizer, makanan berat, jajanan pasar, sampai dessert ada. Termasuk jamu ada lho! Eh, ada Sushi juga by the way kalau kamu suka makanan yang berasal dari Jepang ini.

Foto: Ana Butar butar

Foto: Ana Butar butar

Foto: Ana Butar butar

  • Toilet yang cantik
Tau engga, selain kebersihan, salah satu yang menarik dinikmati di toilet adalah desain serta pantulan cantik yang dapat terlihat di cermin, seperti ini maksud aku

Mirror selfie bukan sebuah keharusan di toilet, namun jika ternyata secantik ini, wajib hukumnya! | Foto: Ana Butar butar

  • Ruang diskusi yang asik dan luas
Usai pengumuman pemenang dari seluruh kategori, keesokan harinya, seluruh peserta diundang untuk mengikuti diskusi yang disebut dengan istilah "Ngopi" yakni "Ngobrol Penuh Inspirasi"

Setengah ruang diskusi tampak belakang yang begitu luas | Foto: Ana Butar butar

Lokasi diskusi begitu millenial, separuh ruangan tersebut diisi dengan bean bag full color yang menghadirkan suasana ngobrol santai tapi juga serius. Selain itu, ruangan diskusi benar-benar luas.
  • Kolam renang 
Sebenarnya kalau aku staycation di sebuah hotel, kolam berenang itu seperti bonus aja. Kalau ada ya terimakasih. Ngga ada juga ngga apa-apa.

Kolam berenang Grand Mercure Harmoni | Foto: Ana Butar butar
Nah, berhubung di Hotel Grand Mercure Harmoni terdapat sebuah kolam yang cukup nyaman untuk tinggiku, tak begitu dalam tak juga begitu dangkal. Ini waktu yang tepat untuk menyatu dengan air. Terakhir aku berenang itu tahun lalu, itu juga pertengahan tahun. Hehhe.

Kolam ini sudah buka dari jam 6.00 WIB. Jadi kalau mau nyaman berenang privat dan ngga ingin rame-rame, kamu bisa langsung ke sana pagi-pagi banget. Lumayan berenang sampai jam 7 an karena di jam tersebut, tamu-tamu akan lebih memilih sarapan dibandingkan berenang.
  • Tempat ngegym 
Tak jauh dari kolam, ada sebuah wadah yang tepat bagi para tamu yang ingin tetap mempertahankan kebugaran tubuh. Yakni Gym. Tidak terlalu ramai juga, jadi kamu bisa menikmati beraktivitas dan berkeringat sepuasnya.

Gym dan segelintir tamu yang memanfaatkan fasilitas tersebut | Foto: Ana Butar butar

  • Sky Lounge 
Ini ada tentu saja. Tapi bukan tempatku. Kalau kamu kebetulan ingin berkunjung ke sini dan ingin pula menyendiri ke Sky lounge tentu saja kamu bisa.

Sebuah hotel dengan beragam fasilitas di dalamnya yang benar-benar menawarkan kenyamanan bagi seluruh tamu. Rekomendasi hotel di Jakarta buat kamu yang ingin menikmati kesendirian tanpa gangguan namun tetap nyaman.


Nama hotel: Hotel Grand Mercure Harmoni
Tarif per malam: Rp 1.500.000
Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.36-37, RT.14/RW.1, Kb. Klp., Tamansari, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120

Komentar